Mantan Presiden Mesir Mohamed Morsi Meninggal Usai Pingsan di Persidangan

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Selasa, 18 Juni 2019 10:33
Mantan Presiden Mesir Mohamed Morsi Meninggal Usai Pingsan di Persidangan
Dia digulingkan oleh militer Mesir pada tahun 2013 setelah terjadi aksi protes masal terhadap sistem pemerintahannya.

Dream – Mantan Presiden Mesir, Mohamed Morsi, meninggal dunia. Menurut stasiun televisi negara Mesir, Morsi mengembuskan nafas terakhir setelah pingsan di persidangan.

Morsi merupakan mantan Presiden Mesir yang terpilih pada pemilu 2012. Pemilihan tersebut merupakan pemilu bebas pertama yang dilakukan pemerintahan Mesir menyususl penggulingan pemimpin terdahulu, Hosni Mubarak.

Morsi merupakan tokoh terkenal Ikhwanul Muslimin. Dia digulingkan oleh militer Mesir pada tahun 2013 setelah terjadi aksi protes masal terhadap sistem pemerintahannya.

Dengan adanya kasus tersebut, Ikhwanul Muslimin dilarang oleh militer Mesir dan Morsi ditangkap atas tuduhan memalsukan pendaftaran pencalonannya pada pemilu presiden 2012 .

Morsi juga dituduh melakukan kegiatan mata-mata. Atas tuduhan tersebut, mantan Presiden Morsi telah menjalani hukuman selama tujuh tahun.

Human Rights Watch menggambarkan bahwa tuduhan yang ditujukan terhadap Morsi mengandung unsur politik. Sarah Leah Whitson, Direktur Eksekutif Timur Tengah HRW, pada Senin 17 Juni 2019, melalui akun Twittern menyatakan bahwa pemenjaraan Morsi kejam dan tidak berperikemanusiaan. Sarah menambahkan bahwa Morsi tidak diperbolehkan mendapatkan kunjungan dari keluarga dan tidak diizinkan mendapatkan perawatan medis.

 

 

Mohammad Morsi, sebelumnya dalam persidangannya di pengadilan hari Senin (17/06/19) jatuh pingsan. Morsi meninggal dunia sebelum pihak pengadilan sempat membawanya ke rumah sakit.

Sumber: VOA Indonesia 

Beri Komentar
Gus Miftah Ungkap Perubahan Besar Deddy Corbuzier