Diam-Diam Sambangi KPK, Ini yang Dibahas Menteri BUMN Erick Thohir

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Rabu, 8 Juli 2020 18:36
Diam-Diam Sambangi KPK, Ini yang Dibahas Menteri BUMN Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir datang bersama dua wakil menteri dan Sesmen Kementerian BUMN.

Dream - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir diam-diam menyambangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu, 8 Juli 2020. Tak seperti tamu lainnya, Erick datang ke gedung KPK melalui pintu belakang.

Plt Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan Ipi Maryati Kuding mengungkapkan Erick datang beserta dua wakil menteri dan sekretaris menteri. Menurut Ipi, kedatangan mereka diterima oleh kelima pimpinan KPK dan deputi pencegahan KPK.

" Menteri BUMN beserta dua wakil menteri dan Sesmen mengunjungi KPK untuk menjelaskan secara rinci program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang terkait langsung dengan BUMN," ujar Ipi saat dikonfirmasi, Rabu 8 Juli 2020.

1 dari 3 halaman

Maryati mengatakan, dalam pertemuan yang berlangsung selama kurang lebih 1 jam 30 menit itu, Erick Thohir membahas dua hal dari enam skema pembiayaan penanganan virus corona Covid-19 yang secara langsung terkait dengan Kementerian BUMN, yaitu UMKM dan pembiayaan korporasi.

Menurut Ipi, Erick menyampaikan semua mekanisme dan desain program yang saat ini belum selesai. Namun, menteri BUMN menyampaikan progres dari masing-masing skema termasuk terkait bantuan modal kerja dan penyertaan modal negara.

" Selain itu, Menteri BUMN juga mengusulkan agar KPK dapat mengawal setiap tahapan lebih awal. Dalam hal pembuatan regulasi, misalnya Menteri BUMN menawarkan agar KPK diupdate dan diikutsertakan untuk dapat memberikan masukan," kata Ipi.

2 dari 3 halaman

Minta Masukan

Gedung KPK© Dream


Demikian juga terkait dengan desain dan mekanisme program, diharapkan KPK dapat memberikan masukan.

" Dan yang terakhir, ketika program telah diimplementasikan, KPK diharapkan akan membuat kajian," kata Ipi.

Merespons permintaan Erick Thohir, KPK menyampaikan koordinasi dengan kementerian-kementerian terkait dengan program PEN, seperti dengan Kementerian Keuangan misalnya sudah dilakukan rutin oleh KPK.

" Kehadiran Menteri BUMN hari ini, KPK memandangnya sebagai upaya untuk memperkuat koordinasi dengan kementerian terkait dalam upaya pencegahan korupsi. Selanjutnya untuk pembahasan teknis disepakati akan dilakukan pada tingkat wamen dan kedeputian pencegahan," kata Ipi.

(Sah, Sumber: Liputan6.com)

3 dari 3 halaman

Erick Thohir Target Merger 3 Bank Syariah BUMN Tahun Depan

Dream – Menteri BUMN, Erick Thohir, berencana menggabungkan bank-bank syariah milik perusahaan BUMN. Ada tiga bank yang akan masuk dalam rencana merger tersebut yaitu yaitu PT BNI Syariah, PT BRIsyariah Tbk, dan PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah).

“ Kami sedang mencoba kaji bank-bank syariah ini. Nanti semua kami coba merger-in. Insya Allah Februari tahun depan jadi satu,” kata Erick dalam sesi webinar, dikutip dari Liputan6.com, Jumat 3 Juli 2020.

Merger bank syariah diyakini akan membuka opsi-opsi pendanaan baru kepada pihak nasabah di Tanah Air.

" Namanya pendanaan macam-macam kan, ada mahal, murah, syariah, kita mesti welcome semuanya itu," kata Erick.

Potensi bank syariah di Indonesia pun besar, lantaran mayoritas penduduknya Muslim.

" Lalu kenapa saya menginginkan merger syariah, karena Indonesia yang penduduk muslim terbesar tidak punya fasilitas itu. Nah, kalau syariah di-merger ia bisa menjadi top bank yang menjadi alternatif pilihan,” kata dia.

(Sumber: Liputan6.com/Maulandy Rizky Bayu Kencana)

Beri Komentar