Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Menag: Khilafah Sudah Tertolak, Mari Teguhkan Cinta pada NKRI

Menag: Khilafah Sudah Tertolak, Mari Teguhkan Cinta pada NKRI Menteri Agama Fachrul Razi

Dream - Menteri Agama Fachrul Razi menegaskan sistem politik khilafah sudah tertolak di Indonesia. Bahkan, organisasi yang menggaungkan sistem ini, Hizbut Tahrir Indonesia, juga sudah dibubarkan.

"HTI sudah dibubarkan. Sistem politik khilafah tertolak di Indonesia. Sebab, pendiri bangsa telah bersepakat untuk mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujar Fachrul melalui keterangan tertulis diterima Dream.

Pernyataan ini disampaikan Fachrul menanggapi masih adanya pihak yang mencoba menyebarkan ideologi khilafah di Indonesia.

Seperti peristiwa pada Kamis, 20 Agustus 2020, di mana sebuah lembaga pendidikan di Kecamatan Rembang, Pasuruan, Jawa Timur, didatangi sekelompok orang yang hendak bertabayyun mengenai dugaan penyebaran paham khilafah.

Fachrul menegaskan status badan hukum HTI yang tertuang dalam Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor AHU-0028.60.10.2014 sudah dicabut lewat Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor AHU-30.AH.01.08 tahun 2017. Sehingga HTI dinyatakan sebagai organisasi terlarang.

 

Fachrul kembali mengingatkan Negara Kesatuan Republik Indonesia lahir atas kesepakatan para pendiri bangsa yang sudah final. Untuk disebut Islami, sebuah negara tidak harus berbentuk kekhalifahan.

Nilai-nilai Islam, terang Fachrul, tetap berkembang luas dan kuat dalam sistem republik, kerajaan atau keamiran, termasuk yang sejak dulu berjalan di Republik Indonesia.

Lebih lanjut, Fachrul mengajak umat Islam memanfaatkan momen Tahun Baru Islam 1442H sebagai untuk meneguhkan semangat nasionalisme dan cinta Tanah Air. Sebagaimana diajarkan Rasulullah Muhammad dalam sabdanya ketika berada di perbatasan Mekah saat berangkat hijrah, diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dan Ibnu Hibban.

Alangkah baiknya kau sebagai negeri (Kota Mekah) dan betapa cintanya diriku terhadapmu. Seandainya kaumku tidak mengusirku darimu (Mekah), niscaya aku tidak akan tinggal di kota selainmu.

"Mari kuatkan semangat hijrah untuk membangun NKRI menuju Indonesia Maju," kata Fachrul.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Cerita Cak Imin Ziarah ke Makam Bung Karno Usai Dapat Petunjuk Mimpi Para Kiai

Cerita Cak Imin Ziarah ke Makam Bung Karno Usai Dapat Petunjuk Mimpi Para Kiai

Cak Imin bercerita, sejumlah kiai memintanya segera sowan Bung Karno sebagai pendiri bangsa.

Baca Selengkapnya
Terdaftar Sebagai TKN, PBNU Minta Khofifah Indar Parawansi Nonaktif dari Ketum Muslimat NU

Terdaftar Sebagai TKN, PBNU Minta Khofifah Indar Parawansi Nonaktif dari Ketum Muslimat NU

Gus Yahya imbau Khofifah nonaktif dari Ketum Muslimat NU jika resmi terdaftar TKN.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.