Menhub Usul Tarif Tol Gratis Selama Mudik

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 29 April 2016 10:44
Menhub Usul Tarif Tol Gratis Selama Mudik
Tujuannya, membantu kemacetan di jalan raya.

Dream - Pemerintah punya alternatif baru mengurangi kemacetan selama mudik Lebaran. Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengusulkan agar tarif tol untuk Lebaran tahun ini digratiskan.

Jonan mengaku telah mengajukan usulan agar tarif tol dihilangkan sementara saat musim mudik tersebut kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Cara ini diharapkan bisa membantu mengurangi kemacetan di jalan raya.

Usul tersebut, lanjut Jonan, disampaikan dalamrapat terbatas di Istana Kepresidenan.

" Kalau padat, dikasih free untuk mengurangi kemacetan. Daripada jalan biasa, mending jalan tol (dipakai untuk mudik)," kata dia di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta.

Meski gratis, Jonan tak menjamin arus lalu lintas mudik akan bebas macet sepenuhnya. " Kalau nggak macet, namanya, ya, bukan mudik," kata dia.

Namun, lanjut Jonan, untuk saat ini presiden belum memberikan tanggapan terhadap usulan tersebut. Mantan bos PT Kereta Api Indonesia itu pun menyerahkan usulan ini kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimoeljono.

" (Presiden) nggak komentar," kata dia.

Selain menggratiskan tarif tol, Jonan juga mengusulkan transaksi pembayaran di jalan tol diubah dari tunai menjadi non tunai. Dia bahkan menyurati Menteri PU untuk meminta Badan Penyelenggara Jalan Tol (BPJT) membuat regulasi transaksi non tunai di jalan tol.

Dengan sistem pembayaran yang lebih cepat ini, diharapkan bisa mengurai kemacetan selama Lebaran.

" Kalau surat saya ke PU, mohon BPJT membuat regulasi (agar pembayaran di jalan tol) memakai kartu, apakah debit card, kartunya diseragamkan, atau pakai sistem radar di kaca," kata dia.

Beri Komentar