Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Terkubur 4.800 Tahun, Jasad Ibu dan Anak Ditemukan Berpelukan

Terkubur 4.800 Tahun, Jasad Ibu dan Anak Ditemukan Berpelukan (Sumber: Emirates247.com)

Dream - Arkeolog di Taiwan memamerkan fosil manusia berusia 4.800 tahun yang terbilang unik.

Fosil milik seorang ibu yang sedang menggendong bayi dalam pelukannya, kata pejabat museum, Selasa kemarin.

Ke-48 fosil yang ditemukan di sebuah pemakaman di daerah Taichung adalah jejak awal dari aktivitas manusia di Taiwan tengah.

Dari 48 fosil itu, yang paling mencolok adalah kerangka seorang ibu muda yang kepalanya menunduk seolah sedang memandang bayi yang ada dalam pelukannya.

"Ketika digali, para arkeolog dan staf yang terlibat penggalian terkejut. Karena ada kerangka seorang ibu yang sedang menatap bayi di buaiannya," kata Chu Whei-lee, seorang kurator di Departemen Antropologi di National Museum of Natural Science, Taiwan.

Penggalian situs purbakala di Taiwan tengah ini dimulai sejak Mei 2014 lalu dan membutuhkan satu tahun untuk menyelesaikannya.

Untuk mengetahui usia fosil, yang di antaranya adalah lima anak, tim arkeolog Taiwan menggunakan penanggalan karbon.

(Ism, Sumber: emirates247.com)

Ilmuwan Heran, Mumi 1.500 Tahun Pakai Sepatu Modern

Dream - Fesyen adalah hal yang menyangkut kekinian. Tetapi, penemuan mumi kuno mengungkap apa yang menjadi tren sepatu 1.500 tahun lalu.

Para arkeolog di Mongolia mendapat temuan fesyen di kaki wanita saat mereka membuka mumi yang terbungkus kain. Mereka menemukan mumi tersebut di Pegunungan Altai, tepatnya di ketinggian 9.200 kaki di atas permukaan laut.

Mumi tersebut sejauh ini terlihat mengenakan sepatu modern. Tapi para ahli memprediksi usia mumi tersebut sekitar 1.500 tahun.

"Orang ini tidak berasal dari golongan elit, dan kami percaya ini seperti wanita, karena tidak ada busur di dalam makam," ujar Peneliti pada Museum Khovd B Sukhbaatar.

"Sekarang kami berhati-hati membuka pembungkus tubuh, dan setelah ini selesai, para ahli akan dapat menjelaskan secara rinci tentang jenis kelamin mumi," kata dia.

Sejumlah harta benda yang ditemukan di makam memberikan pengetahuan yang unik mengenai kehidupan Mongolia sekitar abad keenam Masehi. Di dalamnya terdapat pelana, tali kekang, vas tanah liat, mangkuk kayu, palung, ketel besi, sisa-sisa peralatan kuda, dan pakaian kuno.

Juga terdapat bantal, kepala domba, tas kecil yang biasa diletakkan di punggung domba, tulang kambing, dan tas kulit kecil yang dirancang untuk membawa cangkir.

"Ini merupakan fenomena yang sangat langka. Ini menunjukkan pada kita keyakinan dan ritual bangsa Turkiks," kata Sukhbaatar.

"Kami bisa lihat secara jelas kuda tersebut telah dikorbankan. Dia adalah kuda betina, berusia antara empat hingga delapan tahun," ucap dia.

"Empat mantel yang kami temukan terbuat dari katun. Satu hal yang menarik dari temuan kami adalah tidak hanya wool dari domba, tapi juga wool dari unta," terang Sukhbaatar.

"Kami dapat perkirakan tanggal pemakaman dari benda-benda yang ditemukan, termasuk juga jenis topi. Ini memberikan kita informasi pemakaman dijalankan sekitar abad keenam," kata Sukhbaatar.

Temuan ini membantu terkuaknya asal usul bangsa Turki di masa Mongolio kuno. Mereka diperkirakan tersebar di sekitar Pegunungan Altai meliputi Siberia, di Rusia, dan Mongolia, Tiongkok, serta Kazakhstan.

Sumber: mirror.co.uk

Kuburan Misterius Berusia 3.400 Tahun Dibongkar, Isinya...

Dream - Kompleks pemakaman berusia 3.400 tahun ditemukan oleh tim peneliti Swedia di situs arkeologi Gebel El Silsila di wilayah Aswan bagian selatan, Mesir. Kompleks yang terdiri dari 40 kuburan tua itu diyakini berasal dari Kekaisaran Baru Mesir.

Arkeolog dari Universitas Lund yang juga Direktur Misi Penelitian Gebel El Silsila Survey, Maria Nilsson, mengatakan, penemuan kompleks kuburan yang terletak di tenggara Kuil Sobek dan di sebelah barat laut situs Amenhotep IV di Tepi Timur, ini baru permulaan.

“Sejauh ini kami telah mendokumentasikan lebih dari 40 makam, termasuk sebuah kuil kecil di tepi sungai Nil,” ujar Nilsson, dikutip Dream dari Egyptstreet.com, Jumat 1 April 2016.

Menurut Nilsson, dari 40 kuburan yang "dibongkar" dalam penelitian itu, hanya lima yang ukurannya sangat luas. Analisa sementara menunjukkan bahwa pria, wanita, dan anak-anak pada masa itu dimakamkan di tempat yang berbeda pada situs tersebut.

Dalam kompleks pemakaman itu, terdapat potongan batu untuk pemujaan pada sebuah kamar kecil, beberapa di antaranya memiliki tangga menuju ke kamar persegi dan akses masuk utama disegel oleh batu besar.

Di dalam kuburan itu ditemukan juga sisa-sisa mumi, peti mati yang dihias, dan artefak seperti jimat, manik-manik, dan cincin segel rumit. Namun, karena kurangnya prasasti di eksterior maupun interior, identitas jasad yang dikubur di kompleks tersebut tidaklah jelas.

Kuburan Misterius Berusia 3.400 Tahun Dibongkar, Isinya...

Menurut Nasr Salama, Direktur General situs Aswan and Nubia, mengatakan tangga-tangga di dalam kompleks pemakaman itu merupakan yang pertama kali ditemukan di dalam kuburan. Karena itu, penemuan ini sangat penting.

“Banyak makam dalam kondisi buruk. Mereka mengalami erosi yang sangat parah dan rusak parah karena naiknya air yang mengandung garam tinggi,” tambah Nilsson.

Menurut dia, makam-makam ini menunjukkan jasad yang dikubur merupakan orang dengan status sosial tinggi pada masanya. Perlu diingat bahwa banyak arsitek dari Firaun yang dikubur di wilayah Thebes, meskipun banyak kuburan palsu.

“Sekali lagi, ini menunjukkan pentingnya situs ini,” tambah Nilsson. Penelitian yang dilakukan sejak 2012 ini akan dilanjutkan untuk menyelamatkan situs tersebut. 

Kapal Perang AS Hilang 95 Tahun Silam Ditemukan, Ternyata...

Dream - Setelah hilang misterius 95 tahun silam, kapal perang Angkatan Laut Amerika Serikat, USS Conestoga, akhirnya ditemukan. Kapal tersebut ternyata tenggelam di dekat Kepulauan Farallones, 50 kilometer barat San Fransisco.

Dikutip Dream dari laman ABC News, Kamis 24 Maret 2016, kapal itu raib sejak 25 Maret 1921 bersama 56 pasukan. Hilangnya kapal ini menjadi salah satu teka-teki terbesar dalam AL AS.

“Setelah hampir seabad kebingungan dan rasa kehilangan yang mendalam, hilangnya Conestoga tak lagi jadi misteri,” tutur Manson Brown, Wakil Administrator National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA).

Saat hilang, kapal ini tengah menuju ke Samoa, melalui Hawaii. Kapal itu tak pernah sampai ke Pearl Harbour, seperti jadwal yang telah ditentukan. Setelah hilang, AS melakukan pencarian besar-besaran melalui udara dan laut. Namun tetap tak ketemu.

Kapal Perang AS Hilang 95 Tahun Silam Ditemukan, Ternyata...

Dua bulan setelah kapal itu hilang, sebuah kapal menemukan pelampung dengan tulisan “C” di pantai Meksiko. Pada Juni 1921, AL AS menyatakan Conestoga hilang tanpa jejak, dalam kondisi tidak dalam pertempuran.

Penemuan kembali kapal ini dimulai pada tahun 2009, saat NOAA menemukan bangkai kapal di kedalaman 57.6, sekitar lima kilometer tenggara Pulau Farallon. Penyelidikan kemudian dimulai sejak September 2014. Kapal itu teridentifikasi pada Oktober 2015.

Log cuaca menunjukkan saat USS Conestoga berangkat, kecepatan angin di wilayah Golden Gate San Francisco 64 kilometer perjam. Kala itu laut mengganas dengan ombak yang sangat tinggi.

Lambung kapal itu juga sobek, diyakini karena laut yang ganas. Dan banyak ahli yakin para awak kapal itu mencoba menyelamatkan diri di tengah kepungan badai ganas.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Ternyata Badak Sudah Ada Sejak 14 Juta Tahun Lalu, Fosilnya Ditemukan

Ternyata Badak Sudah Ada Sejak 14 Juta Tahun Lalu, Fosilnya Ditemukan

Temuan fosil badak ini buktikan bahwa hewan tersebut sudah ada sejak 14 juta tahun lalu!

Baca Selengkapnya
Penampakan Fosil Makhluk Tertua di Bumi, Diduga Berusia 890 Juta Tahun dan Tinggal Dalam Laut

Penampakan Fosil Makhluk Tertua di Bumi, Diduga Berusia 890 Juta Tahun dan Tinggal Dalam Laut

Ilmuwan menemukan fosil hewan ini dan menyebut sebagai makhluk pertama dan tertua di Bumi.

Baca Selengkapnya
Penemuan Fosil 72 Juta Tahun Lalu, Bukti ada Makhluk Purba yang Selamat dari Kepunahan Massal

Penemuan Fosil 72 Juta Tahun Lalu, Bukti ada Makhluk Purba yang Selamat dari Kepunahan Massal

Para ilmuwan menemukan spesies siput darat yang telah lama punah, usianya mencapai 72 juta tahun.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Di Luar Nalar! Meski Tanpa Ekor dan Separuh Badannya Hilang, Ikan Ini Tetap Hidup: Jadi Binatang Sirkus Dadakan

Di Luar Nalar! Meski Tanpa Ekor dan Separuh Badannya Hilang, Ikan Ini Tetap Hidup: Jadi Binatang Sirkus Dadakan

Ikan duri perut emas ini kehilangan separuh badan dan ekornya setelah mencoba melarikan diri dari tangki di pasar.

Baca Selengkapnya
Pria Ini  Ceraikan Istri Usai Tahu 3 Anaknya Bukan Anak Kandungnya

Pria Ini Ceraikan Istri Usai Tahu 3 Anaknya Bukan Anak Kandungnya

Seorang lelaki bercerai setelah mengetahui bahwa ketiga anak yang dimilikinya bukanlah darah dagingnya.

Baca Selengkapnya
Terancam Punah, Inilah Penampakan Ikan Kerapu Seukuran Manusia yang Huni Samudera Atlantik

Terancam Punah, Inilah Penampakan Ikan Kerapu Seukuran Manusia yang Huni Samudera Atlantik

Simak informasi menarik seputar ikan kerapu raksasa yang sering diincar oleh para penyelam ini!

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Kelakuan Tim Content Creator Kalau Kerja

NOTED KAK! Kelakuan Tim Content Creator Kalau Kerja

Tiap divisi di kantor pasti punya cara kerja yang beda? Nah begini kelakuan tim konten Dream biar dappat FYP

Baca Selengkapnya
DRESS IT! Tips Outfit Biar Terlihat Tingggi

DRESS IT! Tips Outfit Biar Terlihat Tingggi

Sahabat Dream ingin terlihat tinggi saat bepergian. Gak perlu pusing, cukup intip rekomendasi outfit yang bisa bikin kamu terlihat tinggi ini.

Baca Selengkapnya