Kemenag Akhiri Pengundian Kloter Haji

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 28 April 2016 15:16
Kemenag Akhiri Pengundian Kloter Haji
Pada tahun-tahun sebelumnya, qirah dijalankan begitu calon jemaah haji masuk daftar pemberangkatan meski belum menerima visa.

Dream - Kementerian Agama mengakhiri proses pelaksanaan qurah atau pengundian kelompok terbang (kloter) jemaah haji. Kebijakan ini baru pertama kali dilakukan untuk menghindari calon jemaah haji gagal terbang lantaran belum mendapatkan visa.

" Kita sangat belajar dari pengalaman kemarin terkait pengurusan visa. Kita sudah mengetahui apa titik kelemahan kemarin itu," ujar Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dikutip dari laman kemenag.go.id, Kamis, 28 April 2016.

Pada tahun-tahun sebelumnya, qurah dijalankan begitu calon jemaah haji masuk daftar pemberangkatan meski belum menerima visa. Ini berakibat pada sebagian calon jemaah yang gagal berangkat karena visa belum terbit.

" Belajar dari itu, formasi pengelompokan jamaah berdasarkan kloter dilakukan setelah jamaah jelas visanya, sehingga tidak ada lagi yang seharusnya berangkat bersama kloternya tapi tertinggal karena visanya belum keluar," ucap Lukman.

Seiring pemberlakukan e-hajj oleh Kerajaan Arab Saudi, proses penerbitan visa bagi calon jemaah haji harus berdasarkan paket. Dengan begitu, calon jemaah haji yang sudah menerima visa adalah calon jemaah yang sudah memiliki kejelasan terkait akomodasi selama di Mekah dan Madinah, penanggung jawab katering, serta armada trasportasi yang akan digunakan.

" Kalau ada satu saja data yang tidak lengkap, itu tidak bisa di-entry dan visa tidak keluar," kata Lukman.

Selain itu, Kemenag juga akan melakukan uji coba penggunaan gelang dilengkapi alat Global Positioning System (GPS) bagi jemaah haji lansia. Gelang ini akan memudahkan pelacakan jemaah haji apabila tersesat.

Di dalam gelang tersebut juga dilengkapi data riwayat kesehatan seorang jemaah. Data tersebut disimpan dalam chip yang ditanam di gelang itu, yang dapat memudahkan pemeriksaan medis. (Ism) 

Beri Komentar