PPKM di Luar Jawa-Bali Diperpanjang sampai 6 Desember 2021

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 22 November 2021 18:39
PPKM di Luar Jawa-Bali Diperpanjang sampai 6 Desember 2021
Banyak daerah memiliki capaian vaksinasi masih di bawah 50 persen.

Dream - Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengungkapkan pemberlakukan PPKM di luar Jawa-Bali diperpanjang. Ini mengingat kondisi pandemi di beberapa daerah mengalami kenaikan.

" Khusus di luar Jawa-Bali dilakukan perpanjangan 23 November sampai 6 Desember 2021," ujar Airlangga dalam konferensi pers usai Rapat Terbatas Evaluasi PPKM, disiarkan kanal Sekretariat Presiden.

Selama dua minggu, kata Airlangga, sejumlah daerah terpaksa dinaikkan status level PPKM. Indikator, jumlah vaksinasi yang belum mencapai 50 persen.

" Jadi terdapat 109 kabupaten kota di PPKM Level 3, kemudian 200 kabupaten kota di Level 2 dan 7 kabupaten kota di level PPKM 1," ungkap dia.

Airlangga mengungkapkan perkembangan pandemi terus menunjukkan tren positif. Salah satu indikator yang bisa dijadikan patokan yaitu turunnya kasus aktif di hampir semua wilayah di Indonesia.

" Kalau kita lihat secara keseluruhan, kasus aktif sebesar 8.126 atau 0,19 persen dari total kasus dan ini sudah turun dari puncaknya yang lalu hampir 98,58 persen,"

 

1 dari 5 halaman

Kasus harian dalam tujuh hari, kata Airlangga, tercatat rata-rata 365 kasus. Sedangkan per 21 November 2021 sebanyak 314 kasus secara nasional.

Penambahan kasus harian di luar Jawa-Bali tercatat sebanyak 99 kasus. Sementara di Jawa-Bali, kasus harian bertambah 215 kasus.

" Angka reproduktif kasus masih di bawah 1, tapi ada dalam dua pekan terakhir ada beberapa daerah yang meningkat," kata dia.

Tingkat kematian sebanyak 3,12 persen dari kasus positif. Sementara tingkat kesembuhan di 96,7 persen.

2 dari 5 halaman

Seluruh Indonesia PPKM Level 3, Perayaan Tahun Baru Dilarang

Dream - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, menyatakan sejumlah pembatasan akan kembali diberlakukan pemerintah akhir tahun nanti. Seluruh gelaran yang melibatkan banyak orang, seperti pesta peralihan tahun, akan dilarang.

" Itu kita larang, yang dibolehkan itu pesta old and new di tingkat keluarga saja," ujar Muhadjir, disiarkan Sekretariat Presiden.

Jumlah peserta pesta pergantian tahun di lingkup kecil, kata Muhadjir, juga dibatasi. Pesta boleh dilakukan maksimal dengan 10 hingga 15 orang saja.

" Tapi kalau di hotel menggelar ramai-ramai, hura-hura, tidak boleh," kata dia.

Selain itu, gelaran di ruang terbuka yang berpotensi menciptakan kerumunan seperti pesta kembang api dan pawai tahun baru juga dilarang. Terkait sedangkan terkait aturannya sedang disiapkan Kapolri.

 

3 dari 5 halaman

Mekanisme PPKM Level 3 Akhir Tahun

Sedangkan mekanisme pelaksanaan PPKM akhir tahun nanti, terang Muhadjir, akan mengikuti regulasi yang ada. Lebih tepatnya akan dituangkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri..

" Kita mengikuti PPKM yang sudah ada, karena itu regulasinya itu, pedomannya itu, seperti PPKM juga yakni nanti akan berpatokan pada surat edaran Mendagri," kata dia.

Lebih lanjut, untuk PPKM Level 3 pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 tidak akan berbeda dengan PPKM Level 3 yang sudah berjalan. Hanya saja, PPKM tersebut diterapkan sama di semua wilayah Indonesia.

" Semuanya sama, dan sedang kita seragamkan aturan-aturan yang masih belum sinkron, belum sama antara PPKM Jawa-Bali dan luar Jawa-Bali, ini sedang kita serasikan," ucap dia.

4 dari 5 halaman

Mulai 24 Desember, Seluruh Indonesia Berlaku PPKM Level 3

Dream - Untuk mengantisipasi terjadi lonjakan kasus Covid-19 dipicu libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Pemerintah menetapkan seluruh Indonesia berstatus PPKM Level 3. Ketetapan ini berlaku mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

" Selama libur Nataru, seluruh Indonesia akan diberlakukan peraturan dan ketentuan PPKM Level 3," ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, dikutip dari Kemenko PMK.

Muhadjir menyatakan ketetapan berlaku untuk seluruh daerah. Meskipun saat ini sejumlah daerah berstatus Level 1 dan 2 sehingga terjadi keseragaman.

" Sudah ada kesepakatan aturan yang berlaku di Jawa-Bali nanti diseragamkan," kata dia.

 

5 dari 5 halaman

Ketentuan PPKM Level 3

Dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri sebelumnya, terdapat sejumlah ketentuan yang bersifat pengetatan pada daerah Level 3. Seperti kapasitas pada fasilitas umum meliputi tempat ibadah, pusat perbelanjaan, restoran, dan lain sebagainya dibatasi maksimal 50 persen.

Demikian pula dengan tempat umum seperti alun-alun, taman kota, maupun lapangan ditutup. Sedangkan pusat perbelanjaan beroperasi maksimal pukul 21.00.

Pemerintah juga mengimbau masyarakat untuk tidak bepergian ke luar kota jika tidak ada keperluan darurat selama libur Nataru. Aturan perjalanan dengan seluruh moda transportasi diperketat dan mewajibkan calon penumpang sudah divaksinasi minimal dosis pertama.

Sementara PNS, TNI, Polri, dilarang mengambil cuti. Sedangkan karyawan swasta diimbau tidak liburan ke luar kota memanfaatkan momen Nataru.

Pemerintah juga bakal memperketat pengawasan penerapan protokol kesehatan di masyarakat. Juga menggenjot tracing, testing, dan treatment serta vaksinasi hingga akhir tahun.

Beri Komentar