Menkes Afrika Selatan Positif Covid-19, Istrinya Idap Gejala Lebih Parah

Reporter : Sugiono
Rabu, 21 Oktober 2020 17:01
Menkes Afrika Selatan Positif Covid-19, Istrinya Idap Gejala Lebih Parah
Istri Menkes Afrika Selatan ini sampai harus menjalani perawatan di RS.

Dream - Menteri Kesehatan Afrika Selatan, Zweli Mkhize dan istrinya, Dr May Mkhize, dinyatakan positif Covid-19. Pasangan ini dinyatakan positif tertular virus corona setelah keduanya menjalani swab test pada hari Sabtu dan hasilnya menunjukkan adanya gejala Covid-19.

Dalam pernyataannya, Mkhize memastikan gejala Covid-19 yang dialaminya masuk dalam kategori ringan. Namun istrinya sempat mengalami batuk disertai pusing dan kelelahan.

" Mengingat gejalanya, para dokter menyarankan dia harus dirawat secara intensif," terang Mkhize dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu.

1 dari 3 halaman

Pegawai yang Pernah Kontak Diisolasi

Usai dinyatakan positif, orang-orang yang pernah kontak dengan pejabat di Afsel ini, termasuk beberapa anggota keluarga dan tim kementerian kesehatan, telah diberi peringatan.

Orang-orang yang pernah kontak dengan Mkhize dan istrinya telah disarankan untuk segera melakukan isolasi mandiri di rumah mereka dan menjalani tes.

" Saya sekarang dikarantina di rumah. Saya dan istri tetap optimis bahwa kami akan pulih sepenuhnya dari virus ini," kata Mkhize.

2 dari 3 halaman

Ingatkan Warga Patuh Protokol

Dalam kesempatan yang sama, Mkhize mendesak warga Afrika Selatan untuk terus mematuhi protokol kesehatan.

" Saya memohon agar kita semua tidak lalai memakai masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan," tambah Mkhize.

Selain itu, Mkhize juga mengatakan bahwa Afrika Selain telah membuat langkah signifikan dalam perang melawan pandemi Covid-19.

" Apa pun yang kami lakukan dan ke mana pun kami pergi, kami harus ingat bahwa tetap ada risiko gelombang kedua. Virus ini hanya menyebar melalui pergerakan dan kontak orang," katanya.

3 dari 3 halaman

Oleh karena itu, Mkhize mengatakan bahwa setiap warga memainkan perannya masing-masing. Warga harus melindungi diri mereka sendiri dan orang-orang di sekitar mereka.

Mkhize mengatakan bahwa dia akan menggunakan masa karantina untuk beristirahat dan memulihkan tenaga.

Menurutnya, tugas untuk meningkatkan layanan kesehatan negara, dan kehidupan warga pasca Covid-19, tetap menjadi prioritas utama.

Sumber: News24.com

Beri Komentar