Muncul Awan Misterius di Mars, Ilmuwan Keheranan

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 19 Juni 2019 12:00
Muncul Awan Misterius di Mars, Ilmuwan Keheranan
Awan itu tidak hanya terbentuk secara mandiri.

Dream - Mars masih menjadi onjek menarik sekaligus penuh teka-teki bagi sejumlah ilmuwan. Baru-baru ini, robot pendaratan Mars milik National Aeronautics and Space Administration (NASA) InSight dan penjelajah Curiositu mengirimkan pemandangan awan tipis.

Tetapi, awan tersebut bukan hujan yang terjadi di Mars. Sebuah tim peneliti yang dipimpin oleh Victoria Hartwick, seorang mahasiswa pascasarjana di University of Colorado Boulder, awan misterius itu terbentuk di atmosfer tengah Mars, sekitar 30 kilometer di atas tanah.

" Awan tidak hanya terbentuk secara mandiri," kata Hartwick, dilaporkan CNet, Selasa, 18 Juni 2019.

" Awan itu membutuhkan sesuatu yang bisa mereka padukan."

Hartwick menduga, rahasia kemunculan awan tersebut berasal dari " asap meteorik" . Debu es yang terbentuk ketika batuan ruang angkasa terbang ke atmosfer planet.

Beberapa ton puing luar angkasa biasanya menabrak Mars setiap hari, kata Hartwick. Saat meteor meledak, debu beterbangan.

1 dari 1 halaman

Misteri yang Menarik

Di Bumi, partikel debu muncul sebagai biji  uap air yang mengembun di sekitar untuk membentuk awan. Tindakan serupa bisa terjadi di Mars.

Para peneliti menjalankan simulasi komputer atmosfer Mars. Awan muncul dalam simulasi hanya ketika tim memasukkan meteor dalam perhitungan.

Tim menerbitkan temuannya padai Senin di jurnal Nature Geoscience.

Meneliti awan Mars dapat memberi tahu para ilmuwan lebih banyak mengenai interaksi atmosfer dengan iklimnya. Serta, memberi petunjuk tentang masa lalunya yang lebih hangat dan basah.(Sah)

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie