Muhammadiyah Sampaikan Pesan Universal Islam ke Dunia

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Jumat, 12 Oktober 2018 17:00
Muhammadiyah Sampaikan Pesan Universal Islam ke Dunia
Ketum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, menjadi pembicara dalam forum para pemuka agama di Kazakhstan

Dream - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menyampaikan nilai-nilai universal ajaran Islam kepada dunia. Ormas Islam ini menjadi duta Indonesia dalam mensyiarkan pesan-pesan Islam pada VI Congress of The Leaders of World & Traditional Religions di Kazakhstan.

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, menjelaskan, agama tidak menentang globalisasi. Islam bahkan mengajarkan umatnya untuk senantiasa memaknai era kemajuan.

" Islam secara konsisten menyerukan pesan universal yang tidak terbatas suku tertentu dan etnis, geografi dan daerah," ujar Haedar di hadapan para hadirin kongres, berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 12 Oktober 2018.

" Islam telah menyerukan persaudaraan universal dan kerja sama antara orang-orang dari elemen penting dunia," lanjut dia.

Menurut Haedar, globalisasi mengandung dampak positif sekaligus negatif. Agama memiliki peran penting dalam menghadapi dampak yang muncul pada globalisasi.

" Agama harus tetap sebagai sumber dorongan untuk globalisasi yang akan membawa kebaikan bersama, tapi pada saat yang sama, harus berfungsi sebagai pengingat atau alarm bagi umat manusia untuk tidak terlibat dalam perbuatan yang merusak," terang Haedar.

Haedar menegaskan, globalisasi merupakan tanggung jawab seluruh umat manusia. Tanggung jawab tersebut tidak bisa hanya diserahkan kepada para pemimpin maupun pemuka agama.

" Muhammadiyah mendesak anggotanya dan Muslim di seluruh dunia untuk selalu melakukan ijtihad menghadirkan Islam yang berkemajuan, dan sesuai dengan kebutuhan modernitas saat ini, serta mencegah bencana efek samping dari globalisasi yang terjadi," kata Haedar.

Congress of The Leaders of World & Traditional Religions merupakan forum pertemuan rutin para pemuka agama dari 82 negara di seluruh dunia. Forum ini juga melibatkan sejumlah organisasi internasional seperti Aliansi Peradaban Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), OSCE, dan UNESCO.

Dalam pertemuan ini, Haedar hadir bersama Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti dan Ketua Umum PP Aisyiyah, Siti Noordjannah Djohantini. Sebagai salah satu pembicara, Haedar menyampaikan materi terkait Religion and Globalization: Challenges and Responses.

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik