Muhammadiyah: Kita Kehilangan Ulama Kharismatik

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 16 Maret 2017 16:44
Muhammadiyah: Kita Kehilangan Ulama Kharismatik
Hasyim adalah sosok yang terbuka hingga dianggap sebagai sahabat oleh Muhammadiyah.

Dream - Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyampaikan bela sungkawa atas wafatnya Mantan Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi. Muhammadiyah mengenal Hasyim sebagai sosok ulama yang terbuka dan bersahabat.

" Kita kehilangan ulama kharismatik yang hangat dan bersahabat," ujar Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir melalui keterangan tertulis diterima Dream, Kamis, 16 Maret 2017.

Haedar mengatakan Hasyim adalah tokoh yang berkarakter kuat dalam menjalankan ajaran Islam, namun tetap inklusif dan moderat.

" KH Hasyim merupakan sosok pemimpin umat dan bangsa yang memiliki prinsip kuat, tetapi inklusif," kata Haedar.

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti mengaku punya hubungan pertemanan yang dekat dengan Hasyim. Meski berbeda usia cukup jauh, Mu'ti mengenal betul sosok Hasyim yang mampu membuat lawan bicaranya merasa akrab.

" Beberapa kali saya berada dalam satu forum dengan beliau. Saya belajar banyak hal dari Kiai Hasyim. Secara pribadi, saya sangat kehilangan," kata Mu'ti.

Sementara dalam kehidupan keagamaan, Mu'ti mengenal Hasyim sebagai sosok yang moderat, terbuka, dan teguh pendirian. Hasyim begitu cinta dan membela Islam, namun tetap mampu membangun hubungan baik dengan mereka yang tidak sependapat bahkan berbeda keyakinan.

" Kiai Hasyim tidak segan menyatakan pendapat yang sesuai dengan prinsip Islam. Perbedaan bukan penghalang untuk membangun persahabatan," kata Mu'ti.(Sah)

Beri Komentar