Murahnya Tiket Pergi ke 'Sepupu Bumi', Cuma Rp 400

Reporter : Sandy Mahaputra
Selasa, 4 Agustus 2015 09:15
Murahnya Tiket Pergi ke 'Sepupu Bumi', Cuma Rp 400
Planet yang dinamakan Kepler-452b ini jauhnya hanya 1.400 tahun cahaya dan kabarnya memiliki ciri-ciri ekosistem yang sama persis dengan Bumi.

Dream - Kepler, salah satu teleskop luar angkasa Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), kembali menemukan sebuah exoplanet yang mirip dengan Bumi pada awal Juli.

Planet yang dinamakan Kepler-452b ini jauhnya hanya 1.400 tahun cahaya dan kabarnya memiliki ciri-ciri ekosistem yang sama persis dengan Bumi.

Dengan ukuran 60 persen lebih besar dari Bumi, Kepler-452b dikabarkan membutuhkan waktu 385 hari untuk mengorbit bintang induknya yang juga mirip matahari.

Selain itu planet yang dijuluki sebagai 'sepupu Bumi' ini diduga memiliki gravitasi dua kali lebih kuat dari saudara mudanya.

Bahkan tingkat atmosfer planet raksasa itu sangat tebal dengan gunung berapi yang sangat aktif muncul di permukaannya.

Penemuan planet tersebut telah membuka pikiran seorang warga Tiongkok untuk menjual tiket migrasi ke Kepler-452b melalui TaoBao, sejenis eBay atau Amazon.

Tiket yang memberi kewenangan pembelinya untuk berangkat dan tinggal di Kepler-452b itu dijual murah, hanya 3 sen dolar Amerika atau sekitar Rp 400.

Namun si penjual tidak menyebutkan bagaimana pemilik tiket tersebut berangkat ke Kepler-452b. Sepertinya tiket tersebut bukan sesuatu yang serius.

Beruntung tidak banyak yang tergiur untuk membeli tiket untuk menjadi penghuni koloni Bumi pertama di Kepler-452b meski harganya sangat murah.

Mungkin mereka sudah berpikir bahwa seluruh spesies yang mencoba ke sana akan mati jika mengandalkan teknologi saat ini. Atau bahkan dengan teknologi yang maju sekali pun manusia masih belum bisa mencapai Kepler-452b.

Lagipula Kepler-452b usianya lebih tua miliaran tahun dari Bumi dan mungkin baru bisa dihuni oleh generasi manusia di masa depan.

Beri Komentar