NASA Mau Gratiskan Semua Hasil Riset

Reporter : Maulana Kautsar
Senin, 22 Agustus 2016 15:29
NASA Mau Gratiskan Semua Hasil Riset
Hasil penelitian itu akan tersedia di laman khusus.

Dream - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) berencana membuat semua hasil penelitian yang pernah dilakukannya dapat diakses secara gratis di Internet.

Langkah ini membuat para penggemar ilmu pengetahuan dan calon astronot bergembira. Sebab, selama ini, NASA membuat akses tersembunyi dari hasil riset yang dilakukannya.

" Di NASA, kami sedang merayakan kesempatan pada perluasan akses portofolio publikasi ilmiah dan teknis kepada dunia luar," kata Deputi Administrator NASA Dava Newman, dikutip Dream dari laman The Telegraph, Senin, 22 Agustus, 2016.

" Melalui akses terbuka dan inovasi, kami mengundang masyarakat luas untuk bergabung dalam misi menjelajahi Bumi, udara dan ruang," kata dia.

Pemerintahan Presiden Barack Obama telah meminta lembaga keilmuan untuk membuat penelitian lebih mudah diakses agar bisa meningkatkan daya tarik dan kemajuan ilmu pengetahuan.

Sejak 2013, Pusat Kebijakan Sains dan Teknologi Gedung Putih meminta sejumlah lembaga ilmu pengetahuan, termasuk NASA, untuk meningkatkan akses pada penelitian mereka.

Hasil penelitian itu nantinya akan tersedia di sebuah laman khusus. Penelitian yang didanai oleh NASA akan diunggah pada Pubspace beserta tahun publikasinya.

" Membuat penelitian kami lebih mudah diakses akan memberi dampak besar bagi penelitian kami selanjutnya," kata Kepala Ilmuwan NASA Ellen Stofan.

Rencanananya, tak hanya NASA yang akan membebaskan askes pengetahuan ke publik secara gratis. Uni Eropa pada 2020 rencananya juga akan membuka semua hasil penelitian para ilmuwannya.(Sah)

Beri Komentar