Pelajar Korut Dieksekusi Mati karena Selundupkan Squid Game

Reporter : Ahmad Baiquni
Minggu, 28 November 2021 14:00
Pelajar Korut Dieksekusi Mati karena Selundupkan Squid Game
Korea Utara melarang masuk dan menyebarnya benda bermuatan budaya Korsel dan AS.

Dream - Seorang pelajar sekolah menengah di Korea Utara bernasib tragis. Dia dijatuhi hukuman mati lantaran menyelundupkan salinan serial Netflix Squid Game.

Kantor berita independen, RFA, mengutip seorang sumber menyatakan pelajar tersebut ditangkap aparat keamanan setelah menonton Squid Game. Sumber itu menyebut salinan Squid Game disimpan dalam flash disk kemudian diselundupkan dari China.

Akibatnya, pelajar itu terpaksa menghadapi kematian di depan regu tembak.

" Seorang pelajar membeli flash disk diganjar hukuman seumur hidup, sementara enam orang lainnya yang menonton serial itu mendapat hukuman lima tahun kerja paksa, dan guru serta administrator sekolah telah dipecat dan dikirim untuk bekerja di tambang terpencil," demikian lapor RFA.

1 dari 2 halaman

UU Kontroversial

Pada Desember 2020, Korea Utara mengesahkan Undang-undang Penghapusan Pemikiran dan Budaya Reaksioner. UU ini melarang masuk dan menyebarnya materi budaya dari luar negeri baik dalam bentuk film, drama, musik, hingga buku.

UU ini terutama bertujuan mencegah penyebaran pengaruh budaya dari Korea Selatan dan Amerika Serikat. Mereka yang kedapatan mendistribusikan atau mengonsumsi produk budaya tersebut diancam kena hukuman.

Menurut laporan yang tersebar luas, di April tahun ini seorang pria dieksekusi di depan umum karena menjual flash disk dan CD yang berisi materi Korea Selatan. Squid Game, khususnya, telah memicu kemaraham rezim Korut.

 

2 dari 2 halaman

Muncul Banyak Kekhawatiran

Situs propaganda Korut, Arirang Meari, mengecam drama populer tersebut karena menggambarkan realitas menyedihkan dari masyarakat Korea Selatan yang kejam.

Laporan RFA menunjukkan ada kecemasan publik yang besar atas nasib pelajar sekolah menengah. Selain itu, terbuka kemungkinan lebih banyak orang terlibat dalam penyelidikan.

Netflix tidak tersedia di China. Tetapi Squid Game telah dibajak secara luas di negara tersebut, dikutip dari The Star.

Beri Komentar