Cegah Varian Omicron, Indonesia Larang Masuk Pendatang dari 8 Negara Afrika

Reporter : Ahmad Baiquni
Minggu, 28 November 2021 12:44
Cegah Varian Omicron, Indonesia Larang Masuk Pendatang dari 8 Negara Afrika
Varian ini pertama kali muncul di Afrika Selatan

Dream - Pintu masuk perjalanan luar negeri resmi diperketat, menyusul kemunculan virus corona varian Omicron yang sedang melanda Afrika. Untuk sementara, kedatangan luar negeri dari Afrika dilarang.

Keputusan itu dituangkan dalam Surat Edaran Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dan mulai berlaku pada 29 November 2021. SE itu melarang kedatangan dari delapan negara di Afrika.

Keputusan tersebut diambil untuk mencegah masuknya varian B11529 yang dinamai Omicron. Varian tersebut saat ini sudah menyebar di sejumlah negara Afrika.

" Penangguhan sementara pemberian visa kunjungan dan visa tinggal terbatas bagi warga negara Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambique, Eswatini, dan Nigeria," demikian bunyi keputusan tersebut.

Penangguhan ini juga berlaku kepada orang yang baru singgah dari delapan negara tersebut. Baik WNI ataupun warga negara lain yang sempat datang ke daftar negara tersebut kemudian terbang menuju Indonesia.

 

1 dari 1 halaman

Syarat Masuk Indonesia

Pendatang baru dibolehkan masuk Indonesia juga sudah 14 hari meninggalkan delapan negara tersebut. Tetapi, aturan ini tidak berlaku bagi pendatang yang berkaitan dengan dengan KTT G20.

" Surat edaran ini berlaku pada tanggal 29 November 2021 dan akan dievaluasi lebih lanjut," bunyi edaran tersebut.

WHO menetapkan Omicron dalam daftar varian yang diwaspadai. Varian ini menunjukkan terjadinya peningkatan risiko penularan.

Varian ini dilaporkan pertama kali muncul di Afrika Selatan pada 24 November 2021. Dalam waktu relatif singkat, infeksi varian ini sudah muncul di Botswana, Belgia, Hong Kong, hingga Israel, dikutip dari Merdeka.com.

Beri Komentar