Pembatasan Ketat Jawa-Bali Diperpanjang Sampai 8 Februari 2021

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 21 Januari 2021 15:08
Pembatasan Ketat Jawa-Bali Diperpanjang Sampai 8 Februari 2021
Masa PPKM tahap pertama akan berakhir pada 25 Januari 2021.

Dream - Pemerintah memutuskan memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dijadwalkan berakhir pada 25 Januari 2021. Keputusan tersebut diambil dalam rapat kabinet terbatas mengevaluasi semakin tingginya kasus Covid-19.

" Berdasarkan evaluasi tersebut, Bapak Presiden meminta agar pembatasan kegiatan masyarakat ini dilanjutkan dari tanggal 26 Januari hingga 8 Februari," ujar Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, dalam konferensi pers virtual usai rapat bersama Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

Airlangga menjelaskan Menteri Dalam Negeri selanjutnya akan mengeluarkan instruksi yang diharapkan seluruh gubernur dapat mengevaluasi penanganan Covid-19 di daerahnya.

Dia juga berharap daerah dapat menaikkan tingkat kesembuhan agar di atas rata-rata nasional. Juga menekan tingkat kasus positif lebih rendah dari rata-rata nasional.

" Ini jadi parameter yang harus dievaluasi," kata dia.

Kasus Covid-19 di Indonesia dalam beberapa hari terakhir mengalami peningkatan sangat tinggi. Kasus positif pernah mencapai 14 ribu pada Sabtu, kemudian sempat turun ke level 9.000 namun melejit kembali ke level 12 ribu.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

1 dari 2 halaman

Pemerintah Bakal Perpanjang PPKM Jawa-Bali

Dream - Kasus Covid-19 dalam beberapa hari terakhir menunjukkan lonjakan sangat tinggi, sehingga pemerintah berencana memperpanjang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Jawa-Bali.

" Jawa-Bali sudah ditetapkan untuk PPKM dan angka terakhir belum menunjukkan penurunan angka positive rate yang signifikan dan akan diperpanjang, hasil rapat kabinet terbatas kemarin sore," ujar Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri, Safrizal ZA, dalam channel YouTube Livestreaming Kemendagri.

PPKM Jawa-Bali akan berakhir pada 25 Januari 2021. Menurut Safrizal, perpanjangan dilaksanakan selama dua pekan setelah tahap pertama PPKM berakhir. " Akan diperpanjang kembali dua minggu ke depan sampai dengan angka menunjukkan penurunan atau pelandaian," kata dia.

2 dari 2 halaman

Daerah Diminta Evaluasi

Safrizal meminta daerah dengan kasus positif meninggi untuk melakukan evaluasi penanganan Covid-19. Juga menjalankan upaya perbaikan.

" Kepada daerah tersebut diminta karena masih dalam kaitan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri untuk melakukan hal-hal atau melakukan perbaikan-perbaikan improve di dalam penanganan kesehatan," kata dia.

Pemerintah daerah juga diminta meningkatkan kapasitas fasilitas kesehatan. Sehingga indikator yang telah ditetapkan pemerintah sepenuhnya dapat dipenuhi.

" Seperti indikator kesembuhan dengan memperbaiki beberapa kapasitas kesehatan serta menaikkan kapasitas rumah sakit jika angka yang ditentukan sudah terlampaui," ucap Safrizal.

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar