Heboh Pilot Terekam Tidur Saat Terbang

Reporter : Maulana Kautsar
Selasa, 26 Februari 2019 07:01
Heboh Pilot Terekam Tidur Saat Terbang
Dia telah bekerja selama hampir 20 tahun. Tahun lalu dia mendapat promosi menjadi pilot kepala.

Dream - Pilot China Airlines, Weng Jiaqi kedapatan tidur siang saat mengemudikan pesawat Boeing 747. Video rekaman Weng saat tidur dibuat oleh co-pilot-nya.

Insiden itu terjadi setelah pada pekan lalu maskapai mencapai kesepakatan dengan serikat pilot untuk mengakhiri pemogokan tujuh hari. Aksi mogok itu sempat memaksa pembatalan lebih dari 200 penerbangan.

Dilaporkan Today Online, yang mengutip SETN, Weng tidur dengan posisi duduk. Dia masih mengenakan seragam pilot dan headphone yang menutupi telinganya.

Di depan kemudi, kepalanya tertunduk dan matanya tertutup. Jaringan TV Taiwan, EBC pada Rabu, 20 Februari 2019 mengatakan, Weng sebetulnya merupakan pilot senior.

Dia telah bekerja selama hampir 20 tahun. Tahun lalu dia mendapat promosi menjadi pilot kepala.

Tidak jelas kapan atau di mana peristiwa tersebut terjadi. Tetapi maskapai mengkonfirmasi Weng telah mengakui perbuatannya.

Weng mendapat hukuman dari pihak maskapai. Sementara itu, co-pilotnya telah ditegur karena " perilaku yang tidak pantas" .

Weng bertugas sebagai pilot penerbangan jarak pendek, ke kota-kota semisal Hong Kong, Shanghai, Beijing, Guangzhou, Tokyo, Okinawa, dan Seoul. Selain menjadi pilot, Weng juga bertugas mengawasi pelatihan pilot junior.

1 dari 2 halaman

Kursi Pesawat Dipasang Kamera Mungil, Penumpang Dimata-matai?

Dream - Teknologi yang terpasang di pesawat terbang memang kian canggih. Berbagai fitur dipasang untuk alasan keselamatan dan kenyamanan para penumpang selama berada di udara.

Namun salah seroang pemumpang pesawat maskapai Singapore Airlines, Vitaly Kamluk, menemukan piranti kamera kecil yang terpasang di bawah layar hiburan yang terpasang di punggung kursi yang berada di depannya. Dia mengunggah temuan itu ke Twitter.

Dalam cuitannya, Vitaly bertanya peruntukan kamera kecil di layar tersebut. 

" Ada ahli yang bisa menjelaskan fungsi dari kamera ini? Apakah @SingaporeAir dapat mengklafirikasi kegunaannya?" tulis Vitaly, Rabu 20 Februari 2019.

Singapore Airlines segera merespons pertanyaan Vitaly. Maskapai asal negeri Singa itu menyebut bahwa kamera di belakang kursi penumpang itu merupakan bawaan dari produsen peralatan asli pesawat.

2 dari 2 halaman

Data Manusia Selalu Ditambang

Singapore Airlines mengatakan kamera telah dinonaktifkan dan " tidak ada rencana untuk mengembangkan fiturnya" .

Meski Singapore Airlines telah memberikan klarifikasi, ada asumsi kamera tersebut memungkinkan digunakan untuk merekam aktivitas penumpang selama di dalam pesawat.

Penulis CNet, Claire Reilly, yakin suatu saat nanti manusia akan menjadi tontonan manusia lain. " Kami adalah pemirsa yang akan dipasarkan, data yang akan ditambang," tulis Claire.

Setiap kamera kini telah tertanam di perangkat elektronik manusia. Kamera keamanan di setiap sudut jalan melacak gerakan orang dan perlahan-lahan mencatat kegiatan kita setiap saat.

Singapore Airlines tidak menanggapi permintaan komentar mengenai kamera kecil di layar hiburan pesawat ini.

Beri Komentar