Daging Kurban Kedubes RI di Azerbaijan Dibagikan ke Pengungsi

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 12 Agustus 2019 15:02
Daging Kurban Kedubes RI di Azerbaijan Dibagikan ke Pengungsi
Daging kurban didistribusikan kepada masyarakat setempat kurang mampu dan para pengungsi.

Dream - Merayakan Idul Adha 1440 H, Kedutaan Besar Indonesia untuk Azerbaijan menggelar Sholat Id. Ibadah ini dilaksanakan di Wisma Indonesia di Baku pada Minggu, 11 Agustus 2019.

Mulai pukul 07.00 waktu setempat, sejumlah WNI memadati Wisma Indonesia untuk Sholat Id. Tidak hanya itu, komunitas Malaysia di Azerbaijan juga melaksanakan sholat Id di tempat yang sama.

" Sudah menjadi tradisi selama beberapa kali perayaan Hari Besar Islam, Indonesia yang melaksanakan Sholat Id, untuk memberikan makna bahwa Indonesia merupakan rahmatan lil alamin," ujar Dubes RI untuk Azerbaijan, Husnan Bey Fananie, melalui keterangan tertulis diterima Dream, Senin 12 Agustus 2019.

 Sholat Id di Kedubes Azerbaijan

Bertindak sebagai Imam dan Sholat Id adalah para mahasiswa Indonesia yang tengah belajar di Azerbaijan. Sholat Id di Wisma Indonesia Baku juga dihadiri oleh para duta besar negara sahabat seperti Arab Saudi, Malaysia, Sudan, dan Palestina.

Usai Sholat Id, Wisma Indonesia menyembelih 11 ekor domba kurban. Hewan tersebut merupakan kurban dari para WNI di Baku.

Selesai dipotong dan dipaket, daging kurban disalurkan kepada masyarakat Azeri (Warga Negara Azerbaijan) yang kurang mampu. Juga kepada para pengungsi.

1 dari 6 halaman

Pengusaha NU Garap Bisnis dengan Azerbaijan

Dream - Pengurus Pusat Perkumpulan Pengusaha dan Profesional Nahdliyyin (P2N) akan bertolak ke Azerbaijan. Mereka akan membahas kerja sama investasi.

Pengurus P2N, Witjaksono, mengatakan, pada dua minggu lalu P2N kedatangan perusahaan kontraktor dan infrastruktur dari Azerbaijan. Pebisnis Azerbaijan itu membicarakan potensi usaha yang ada di Indonesia.

" Setelah cek sana-sini memang perusahaannya kepemilikan presiden yang sekarang di Azerbaijan," ujar Witjaksono di PBNU, Jakarta, Jumat pekan lalu.

Dalam kesempatan itu, ia mengajak 15 pengusaha berangkat ke Azerbaijan untuk membicarakan Investasi.

" Kita akan membawa maksimalkan 15 perusahaan yang capable, karena ingin ke sana langsung bikin MOU dan ada realisasi bisnis," kata dia.

2 dari 6 halaman

Sudah Dapat Kepastian dari Kedubes Indonesia di Azerbaijan

Menurut Witjaksono, sudah mendapat kepastian kunjungan P2N akan diterima di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Azerbaijan pada 10 Agustus 2019.

" Kami sudah kontak perusahaan di sana. Insyaallah diterima oleh minimal Perdana Menteri, maksimal Presiden," kata dia.

Witjaksono mengaku sudah menjalin kerja sama dengan perusahaan Azerbaijan untuk membangun pabrik pakan ternak di Cirebon, Jawa Barat.

" Kemarin sudah lihat tanah dan mereka sudah DP Rp5 miliar untuk pembelian tanah 35 hektare," kata dia.

3 dari 6 halaman

Jokowi Tiga Tahun Sholat Idul Adha di Jawa Barat, Ini Alasannya

Dream - Tiga tahun berturut-turut, Presiden Joko Widodo rupanya tak pernah sholat Idul Adha di Masjid Istiqlal. Jokowi mengisi pagi tanggal 10 Dzulhijjah di Jawa Barat.

Bahkan untuk Idul Adha tahun ini, Jokowi memilih Sholat Ied di Lapangan Astrid, Kebun Raya Bogor, Jawa Barat. Letaknya memang masih satu komplek dengan Istana Kepresidenan Bogor.

Pada 2017 lalu, Jokowi memilih Sholat Idul Adha di Lapangan Merdeka, Sukabumi. Sedangkan tahun lalu, Lapangan Tegar Beriman Cibinong, Kabupaten Bogor, dipilih Jokowi untuk Sholat Ied.

" Ya, kan memang saya tinggalnya di Jawa Barat. Jadi cari yang dekat saja biar tidak jauh-jauh," ujar Jokowi menyebut alasannya secara ringkas, dikutip dari Merdeka.com, Minggu 11 Agustus 2019.

 

4 dari 6 halaman

Kurban Sapi Ongole di Kebun Raya Bogor

Setelah Sholat Ied, Jokowi bersama Ibu Negara Iriana menyerahkan satu ekor sapi kurban ke Kebun Raya Bogor. Sapi berjenis peranakan Ongole tersebut memiliki bobot mencapai 1 ton.

Sapi tersebut diterima secara simbolis oleh Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Laksana Tri Handoko. Rencananya, sapi tersebut dipotong pada Selasa, 13 Agustus nanti untuk selanjutnya dibagikan kepada masyarakat.

Jokowi dan Iriana sempat mengelus tanduk sapi tersebut. Lalu, keduanya meninggalkan lokasi menuju Istana Bogor.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Jokowi tidak hanya berkurban di satu tempat. Selain di Kebun Raya Bogor, Jokowi juga kurban sapi di Surabaya dan Ambon. Sementara di Masjid Istiqlal, Sang Presiden berkurban sapi Limousin dengan berat mencapai 1,7 ton.

5 dari 6 halaman

Mike Tyson, Sapi Kurban Jokowi Tidur Beralas Karpet Rp2 Juta

Dream - Jelang Idul Adha 1440 H, Presiden Joko Widodo membeli beberapa sapi untuk kurban. Salah satunya adalah Mike Tyson, sapi yang dibeli dari peternak bernama Abdul Rahim dan akan dikurbankan di Sulawesi Barat.

Mike Tyson bukan sapi biasa. Hewan ini mendapat perlakuan khusus agar dagingnya berkualitas.

Di antara sekian perlakukan khusus itu adalah menjaga kualitas tidur. Agar bisa tidur nyenyak, Mike Tyson tidur di alas karpet seharga Rp2 juta.

" Karpetnya dipesan langsung dari Surabaya. Harganya Rp2 juta. Kalau tidur di atas karpet itu dia bisa lebih nyenyak," ujar anak Abdul Rahim, Farid, dikutip dari Liputan6.com.

Farid mengatakan kualitas tidur yang terjaga berdampak pada mutu daging Mike Tyson saat dikurbankan nanti. Selain itu, pakan sapi ini juga khusus dengan pola makan yang juga dijaga.

" Kita juga jaga pola makannya agar kondisinya tetap sehat, pakannya pun khusus yakni ampas tahu, rumput hijau, dan pelepah pisang," kata dia.

 

6 dari 6 halaman

Rutin Mandi Dua Kali Sehari

Si pemilik sapi juga menjamin Mike Tyson selalu dimandikan setiap hari. Bahkan seperti mandi manusia, dua kali sehari.

" Iya kita mandikan Tyson setiap pagi dan sore," kata Farid.

Jokowi membeli sapi ini beberapa hari lalu dengan harga Rp85 juta. Sapi jenis Simental ini pun dijaga ketat agar tidak dicuri.

" Sengaja kita jaga walaupun sebenarnya tidak pernah disuruh oleh Pak Presiden Jokowi. tapi kami tidak mau sesuatu yang tidak diinginkan terjadi," kata Farid.

(Sah, Sumber: Liputan6.com/Fauzan)

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone