Lewat Sidang Isbat, Menag Umumkan Idul Fitri 2022 Jatuh Pada Senin 2 Mei

Reporter : Alfi Salima Puteri
Minggu, 1 Mei 2022 19:13
Lewat Sidang Isbat, Menag Umumkan Idul Fitri 2022 Jatuh Pada Senin 2 Mei
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan sidang isbat selalu menggunakan dua metode dalam menentukan awal Syawal 1443 Hijriah.

Dream - Pemerintah melalui Kementerian Agama resmi menetapkan Idul Fitri atau 1 Syawal 1443 Hijriah pada Senin, 2 Mei 2022. Keputusan itu diambil usai Kemenag melakukan pemantauan posisi hilal di sejumlah tempat sekaligus sidang Isbat pada sore ini.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan sidang isbat selalu menggunakan dua metode dalam menentukan awal Syawal 1443 Hijriah, yakni metode hisab dengan cara perhitungan dan metode rukyat atau melihat langsung keberadaan hilal.

" Keduanya ini adalah metode yang saling melengkapi satu sama lain. Tanpa hisab, tidak bisa merukyat dengan baik. Begitupun sebaliknya," ujar Yaqut, Minggu 1 Mei 2022.

1 dari 2 halaman

Yaqut mengatakan dari 99 titik pemantauan yang tersebar di seluruh 33 provinsi Indonesia, diketahui tim pemantau sudah ada yang melihat hilal.

" Secara mufakat hasil sidang isbat tadi, maka penetapan 1 Syawal jatuh pada Senin, 2 Mei 2022. Mudah-mudahan dari hasil sidang isbat seluruh umat Islam di Indonesia dapat merasakan Idul Fitri secara bersama," kata Yaqut.

2 dari 2 halaman

Dengan keputusan sidang isbat itu menandakan bahwa Idul Fitri akan dirayakan berbarengan di hari yang sama antara Nahdlatul Ulama (NU). Di mana NU juga menetapkan 1 Syawal pada Senin, 2 Mei 2022.

Beri Komentar