Rumah Susun 5 Tingkat Ambruk, 100 Orang Tertimbun

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila
Selasa, 25 Agustus 2020 14:00
Rumah Susun 5 Tingkat Ambruk, 100 Orang Tertimbun
Saksi mata menyebut sedikitnya ada 100 orang yang terjebak di puing-puing rumah susun.

Dream – Kehebohan terjadi di Kawasan Mahad, distrik Raigad Maharashtra, India. Rumah susun lima lantai yang berada di lokasi tersebut hancur lebur setelah ambruk. Belum ada keterangan pasti mengenai penyebab runtuhnya rumah susun yang memuat 47 kamar itu.

Menurut laporan media setempat, setidaknya masih ada 100 orang yang terjebak di dalam puing-puing bangunan, dan baru 15 korban yang berhasil diselamatkan.

Akibat kejadian itu, banyak pihak saling berdebat terkait berapa umur bangunan. Sebagian menyebut baru berusia 6 tahun, dan sebagian lagi mengklaim usianya sudah hampir 60 tahun.

1 dari 3 halaman

Kejadian Sekitar Pukul 6 Sore

 

Rumah Susun Runtuh© Twitter @abbaszahid24

Beruntung, saat malam hari terjadinya runtuhan, banyak penghuni yang masih berada di luar rumah susun. Namun pihak berwajib memperkirakan masih ada sekitar 100 orang yang terperangkap.

" Saya yakin sekitar 100 hingga 125 orang pasti ada di dalam saat runtuh," kata Gogawale, yang hadir di lokasi tersebut.

2 dari 3 halaman

Bukan yang Pertama

Menurut saksi mata, rumah susun berlantai 5 itu mulai runtuh sekitar pukul 6 sore waktu setempat. Beberapa orang berhasil melarikan diri dan menyelamatkan diri setelah tiga lantai pertama runtuh.

Merespons laporan tersebut, tiga tim dari Pasukan Tanggap Bencana Nasional India, beserta polisi dan pemadam kebakaran segera datang ke lokasi kejadian.

Dari rekaman yang tersebar di Twitter, terihat banyak warga tampak panik dan kaget karena rumah susun yang ditinggalinya kini harus rata dengan tanah.

Rumah Susun Runtuh© Twitter @abbaszahid24

3 dari 3 halaman

Runtuhnya bangunan di distrik Raigad Maharashtra ternyata bukanlah kejadian pertama di wilayah tersebut.

Kurang dari satu minggu yang lalu, kejadian serupa juga terjadi di sebuah Gedung kosong dekat Universitas Rizvi di Bandra Mumbai pada 18 Agustus lalu. Bahkan seorang pria berusia 41 tahun tewas tertimbun bangunan.

DI India, banyak kontruksi illegal dan bangunan tua yang akhirnya runtuh karena kondisi cuaca atau karena usia bangunan yang terlampau tua. Sejak tahun 2017, setidaknya ada 1.161 bangunan yang runtuh dan memakan korban lebih dari 1.200 orang.

Sumber Daily Star

Beri Komentar