PNS Kementan Tetap Berkerja, Gedung C Ditutup Cuma Buat Disinfeksi

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 25 Agustus 2020 12:30
PNS Kementan Tetap Berkerja, Gedung C Ditutup Cuma Buat Disinfeksi
Sebanyak 17 pegawai Kementan yang diketahui positif Covid-19 telah ditangani dan jalani isolasi mandiri.

Dream - Kementerian Pertanian memutuskan aktivitas bekerja para pegawai tidak dihentikan setelah ditemukan 17 orang yang dinyatakan positif Covid-19. Penutupan sementara gedung C hanya dijalankan untuk dilakukan disinfeksi total oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

" Kita perlu waktu untuk tindakan pencegahan dan antisipasi penularan lanjutan. Yang terdeteksi pun saat ini sudah ditangani dan isolasi mandiri," ujar Kepala Humas dan Informasi Publik Kementan, Kuntoro Boga Andri, dikutip dari Liputan6.com.

Kuntoro mengatakan pihaknya memberlakukan bekerja dari rumah selama gedung masih menjalani proses disinfeksi. Diprediksi proses disinfeksi hanya berjalan dalam beberapa hari ke depan.

 

1 dari 2 halaman

Satgas Covid-19 Kementan Gerak Cepat

Selanjutnya, Kuntoro mengatakan sejak awal pandemi Covid-19, Kementan sudah membentuk satgas melibatkan dokter dan tenaga medis. Satgas ini bertugas melakukan pelacakan kontak dan isolasi untuk menekan perluasan penyebaran virus.

" Kami mengapresiasi gerak cepat tim satgas sehingga pegawai yang berpotensi terpapar virus Covid-19 bisa cepat terdeteksi," kata dia.

Kementan sudah menerapkan secara rutin prosedur tes cepat (rapid test) bagi pegawai yang bertugas di kantor maupun lapangan. Jika ditemukan hasil reaktif, satgas segera menjalankan tes usap (swab test) lanjutan.

 

2 dari 2 halaman

Kemudian, satgas juga melakukan pelacakan dan memperketat deteksi. Ini karena sebagian besar pegawai Kementan masih aktif bekerja di lapangan.

" Kami tetap ke lapangan, melayani petani, peternak, dan masyarakat yang butuh dukungan Kementan meski saat ini masih pandemi. Yang pasti setiap ke lapangan kami dites secara rutin," kata Kuntoro.

Kuntoro juga menegaskan pembangunan pertanian tidak boleh berhenti. Apalagi, sektor pertanian diketahui sebagai penopang perekonomian nasional.

" Terbukti saat ini pertanian bertumbuh positif, berkontribusi tertinggi bagi PDB. Karena petani masih bekerja dan tugas kami memastikan mereka tetap bekerja. Pangan tidak bisa berhenti," ucap Kuntoro.

Sumber: Liputan6.com/Maulandy Rizky Bayu Kencana

Beri Komentar