Mencekam! Pilot Salah Atur Autopilot, Pesawat Anjlok 152 Meter

Reporter : Maulana Kautsar
Kamis, 8 November 2018 18:01
Mencekam! Pilot Salah Atur Autopilot, Pesawat Anjlok 152 Meter
Bagaimana pilot menyelamatkan pesawat itu?

Dream - Penerbangan Flybe dari Bandara Belfast, Irlandia Utara ke Bandara Glasgow, Skotlandia pada 11 Januari 2018 berlangsung mencekam. Pesawat itu mengalami insiden saat terbang di ketinggian 1.500 kaki atau 487 meter.

Dalam 18 detik, ketinggian pesawat anjlok hingga 500 kaki, atau 152 meter. Sebanyak 40 penumpang dinyatakan selamat dari insiden itu.

Baru-baru ini, investigasi dari Air Accident Investigation Branch (AAIB) menyatakan, insiden itu terjadi karena pengaturan autopilot ketika mencapai ketinggian 411 meter.

Dilaporkan Belfast Telegraph, pesawat akhirnya terus menanjak hingga ketinggian 487 meter, namun 'menekuk ke bawah dan kemudian turun dengan cepat'.

Kondisi itu ternyata muncul karena fasilitas autopilot diatur dengan ketinggian target nol kaki.

Alarm kokpit mengingatkan kapten dan co-pilot mengenai kondisi yang terjadi. Mereka kemudian melaporkan adanya 'visual daratan'.

Kapten akhirnya memutus autopilot dan mengembalikan posisi pesawat yang telah turun ke 928 kaki, 282 meter. Keputusan ini menyelamatkan pesawat jatuh ke daratan.

Seorang juru bicara Flybe mengatakan maskapai telah mengambil tindakan serius dengan memecat pilot. " Flybe mempertahankan pendekatan ketat untuk memastikan standar tinggi penerbangan."

Juru bicara itu juga menyebut, Flybe telah menerapkan perbaikan yang disarankan AAIB. " Flybe mengoperasikan lebih dari 158 ribu penerbangan per tahun dan keselamatan penumpang dan awak kami menjadi prioritas," kata juru bicara itu.

2 dari 4 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Prabowo Menyapa Jemaah Masjid di Tanah Abang