Setelah Ngurah Rai Bali, Bandara Lain Dibuka Bertahap Buat Penerbangan Internasional

Reporter : Ahmad Baiquni
Senin, 25 Oktober 2021 17:01
Setelah Ngurah Rai Bali, Bandara Lain Dibuka Bertahap Buat Penerbangan Internasional
Presiden Joko Widodo mendorong agar dibentuk kebijakan bersama di kawasan untuk memfasilitasi mobilitas masyarakat sudah divaksin.

Dream - Pemerintah telah membuka Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali untuk penerbangan internasional sejak 14 Oktober 2021. Pembukaan Bali dilakukan setelah capaian vaksinasi dinilai memadai mencapai 84,8 persen.

" Indonesia telah membuka secara bertahap Bali untuk safe tourism dengan protokol kesehatan yang ketat," ujar Jokowi dalam sambutannya pada ASEAN Business and Invesment Summit, disiarkan Sekretariat Presiden.

Bali menjadi kawasan uji coba untuk pembukaan kembali penerbangan internasional. Setelah Bali, penerbangan internasional di beberapa kota lain juga akan dibuka.

" Indonesia akan membuka secara bertahap wilayah yang lain, yang tingkat vaksinasi penuhnya melebihi 70 persen," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga mendorong percepatan reaktivasi perjalanan di kawasan untuk pemulihan ekonomi ASEAN, terutama pada sektor pariwisata. Dia menilai ASEAN Travel Corridor Arrangement yang digagas Indonesia setahun lalu perlu segera diimplementasikan.

" Pengakuan sertifikat vaksin di kawasan, termasuk interoperabilitas harus segera dilakukan," kata Jokowi.

1 dari 4 halaman

Pengetatan Mobilitas ASEAN Tertinggi di Dunia

Jokowi mengungkapkan berdasarkan catatan UN-WTO, pembatasan pelancong di negara-negara Asia Tenggara merupakan yang tertinggi di dunia, mencapai 82 persen. Karena situasi pandemi yang terkendali, pembatasan tersebut secara perlahan mulai dikurangi.

" Mobilitas bisa dikurangkan, tetapi bisa menjamin aman dari risiko pandemi," kata dia.

Lebih lanjut, Jokowi juga mendorong negara-negara ASEAN membuat aturan bersama bagi masyarakat yang sudah divaksinasi dan sehat agar dapat bepergian maupun wisata secara aman. Hal ini diyakini dapat mendorong peningkatan mobilitas masyarakat di kawasan regional secara terkontrol dan aman.

" Pengaturan travel bagi masyarakat yang telah divaksinasi dan sehat, negatif Covid harus dibuat, vaccinated travel lane di kawasan," ungkap Jokowi.

2 dari 4 halaman

Jokowi Dorong Indonesia Jadi Pemain Utama Ekonomi Syariah Global

Dream – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menyampaikan tekadnnya mendorong Indonesia menjadi pemain utama ekonomi syariah dan industri halal dunia. Presiden juga berharap Indonesia menjadi pusat gravitasi ekonomi syariah global setelah menunjukan pertumbuhan menjanjikan.

Mengutip data The State of Global Islamic Economy Indicator Report, sektor ekonomi syariah Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang berarti. Tahun 2018, ekonomi syariah Indonesia berada di peringkat 10 besar dunia. Kemudian di tahun 2019, naik menjadi peringkat 15. Kini, ekonomi syariah di Indonesia berada di peringkat empat dunia.

“ Naik, naik, naik terus,” kata Jokowi saat memberikan sambutan Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021 dan Peluncuran Logo Baru Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), di Istana Negara, Jakarta, dikutip dari laman setkab.go.id, Jumat 22 Oktober 2021,.

Meskipun perkembangannya cukup pesat, Jokowi mengingatkan semua kepentingan untuk tidak berpuas diri. Dia juga menekankan upaya yang sinergis antar pemangku kepentingan agar ekonomi syariah di Tanah Air dapat tumbuh lebih pesat lagi.

Karena itulah, MES perlu memainkan peran penting itu. Jokowi mengharapkan MES bisa menjadi jembatan bagi semua pemangku kepentingan ekonomi syariah.

“ Untuk membangun ekosistem syariah di negara kita Indonesia, untuk membangun ekonomi inklusif yang memberdayakan dan mampu bertahan menghadapi berbagai macam krisis,” kata dia.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu juga mendorong MES untuk menjadi lokomotif perkembangan ekonomi syariah di Indonesia. Dengan begitu, akan lahir para wirausaha baru dari kalangan santri dan bisa menggerakkan perekonomian yang inklusif.

3 dari 4 halaman

MES Ajak Milenial Ikut GAMES untuk Kembangkan Ekonomi Syariah

Dream – Anak muda diyakini memiliki potensi besar dan berperan penting dalam mengembangkan ekonomi syariah. Menyadari kelebihan tersebut, Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) mendorong peran generasi milenial dalam mengembangkan ekonomi syariah.

Dikutip dari keterangan tertulis MES, Kamis 29 April 2021, MES meluncurkan Gerakan Anak Muda untuk Ekonomi Syariah (GAMES). Program ini merupakan kolaborasi anak muda lintas organisasi di Indonesia.

Ketua Komite Pemberdayaan dan Pembinaan Pelajar, Mahasiswa, dan Kepemudaan PP MES, Arief Rosyid Hasan, mengatakan MES berkomitmen melibatkan generasi muda dan semua lapisan masyarakat untuk membangun kemajuan ekonomi syariah di Indonesia. Ini termasuk dengan meningkatkan literasi dan inklusi keuangan dan ekonomi syariah.

“ Semua ini dipertemukan karena ada satu garis yaitu ekonomi. Kalau soal politik, teman-teman ini berbeda-beda, tapi alhamdulillah ketika bicara ekonomi syariah, semua bersatu dengan semangat yang sama, yaitu untuk mendukung pertumbuhan ekonomi syariah di Tanah Air,” kata Arief.

4 dari 4 halaman

Peran Anak Muda Tak Bisa Ditawar

Ketua 2 PP MES, Asrorun Ni’am Sholeh, mengatakan ekonomi syariah merupakan jalan hidup untuk mencari rida Allah SWT. Dia juga sepakat bahwa peran milenial dalam pengembangan ekonomi syariah sudah tidak bisa ditawar.

Anak muda perlu hadir sebagai pemberi kesadaran untuk masyarakat melalui konten-konten kreatif dan menjangkau masyarakat di kota-kota kecil serta pedesaan.

© MEN

“ Kita harus menjadi aktor dalam perkembangan ekonomi syariah, bukan sekedar penonton saja. Hari ini saya lihat bahwa ada peluang besar bagi santri milenial, apalagi dengan berkembangnya industri halal di Indonesia,” kata dia.

Beri Komentar