Skenario Jatim Tekan Covid-19 Saat Libur Panjang Imlek

Reporter : Ahmad Baiquni
Minggu, 7 Februari 2021 17:00
Skenario Jatim Tekan Covid-19 Saat Libur Panjang Imlek
Jatim telah melakukan pencermatan mengenai libur panjang Imlek.

Dream - Libur panjang kini menjadi kekhawatiran tersendiri di masa pandemi Covid-19. Beberapa kasus yang telah terjadi, libur panjang memicu lonjakan kasus Covid-19.

Masyarakat biasanya akan memanfaatkan libur panjang untuk bepergian ke sejumlah tempat wisata. Dampaknya, penularan Covid-19 jadi meluas.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestiarto Dardak, telah mencermati adanya libur Imlek yang jatuh pada 12 Februari 2021, akan menjadi long weekend. Tetapi, Emil menyatakan Pemprov Jatim belum bisa menetapkan kebijakan apa yang akan ditempuh untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 akibat libur panjang Imlek.

" Kami sudah mencermati bahwa Imlek ini akan jatuh pada hari Jumat tanggal 12 Febuari jadi setelah itu Sabtu dan Minggu jadi memang akan menimbulkan long weekend dan akan berisiko," ujar Emil dalam diskusi virtual disiarkan channel YouTube FMB9ID_IKP.

Emil mengatakan ada beberapa strategi yang mungkin akan diterapkan di Jatim saat libur panjang Imlek nanti. Di antaranya penerapan rekayasa lalu lintas.

" Beberapa langkah yang akan diambil untuk mengurangi mobilitas di antaranya ada rekayasa lalu lintas, jadi bagaimana jalan-jalan diatur agar tidak menimbulkan dorongan untuk mobilitas tinggi," kata Emil.

1 dari 1 halaman

Strategi lain, ucap Emil, pemberlakuan jam malam. Strategi ini bisa diterapkan untuk mencegah terjadinya kerumunan.

" Yang juga tidak kalah penting juga kadang-kadang juga perlu diterapkan jam malam untuk meminimalisir juga pergerakan," ucap Emil

Namun demikian, Emil kembali menyatakan strategi tersebut masih bersifat tentatif menunggu kejelasan dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tahap 2 yang akan berakhir pada 8 Februari 2021. Pemprov Jatim masih menunggu keputusan Pemerintah Pusat apakah akan memperpanjang PPKM atau tidak.

Laporan: Shania Suha Marwan

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar