CONNECT WITH US!

Soal Yerusalem, Dubes AS Klaim Konsultasi dengan Indonesia

Reporter : Maulana Kautsar | Kamis, 7 Desember 2017 19:02
Mentei Luar Negeri Retno L Marsudi (Foto: Kementerian Luar Negeri)
Menlu Retno membantah keras.

Dream - Duta Besar Amerika Serikat (AS) Joseph Donovan mengklaim telah berkonsultasi dengan Indonesia sebelum mengumumkan pengakuan Yerusalem sebagai ibukota Israel.

" Kami telah berkonsultasi dengan para teman, mitra, dan sekutu kami, termasuk Indonesia, sebelum Presiden Trump mengeluarkan keputusannya," kata Joseph dalam keterangan resmi di laman Kedubes AS untuk Indonesia, Kamis, 7 Desember 2017.

Menteri Luar Negeri Retno L Marsudi membantah anggapan telah berkonsultasi mengenai kebijakan yang diumumkan Presiden AS Donald Trump tersebut.

" Dalam konteks konsultasi, saya khawatir ini disalah persepsikan. Bahwa saya berkomunikasi, iya. Dan itu atas inisiatif Indonesia," ucap Retno.

Retno mengatakan pertemuan dengan Joseph sekaligus menyampaikan posisi Indonesia. Selain Joseph, mantan duta besar Indonesia untuk Belanda itu juga menghubungi Menlu AS Rex Tillerson.

" Saya sampaikan kepada Rex Tillerson apakah ada kemungkinan lain. Karena saya tahu keputusan itu pasti tidak dapat diterima dunia internasional," ucap Retno.

(Sah)

Punya asam lambung? Hindari 10 makanan & minuman ini