Subhanallah, Jasad Korban Diduga Pasien Corona Begitu Dimuliakan di Madinah

Reporter : Sugiono
Rabu, 15 April 2020 11:12
Subhanallah, Jasad Korban Diduga Pasien Corona Begitu Dimuliakan di Madinah
Jasad tersebut dimakamkan di Baqi, Madinah. Areal pemakaman paling diimpikan setiap muslim karena berdekatan dengan para sahabat Rasulullah.

Dream - Wabah virus corona penyebab Covid-19 tidak hanya menyusahkan orang-orang yang masih hidup. Mereka yang telah meninggal akibat terinfeksi virus corona juga merasakan akibatnya.

Dalam beberapa pekan terakhir, warga di sebagian daerah di Indonesia ramai-ramai menolak jenazah pasien Covid-19. Meski kesadaran masyarakat mulai perlahan pulih setelah gencarnya sosialisasi tentang pemulasaran jasad pasien Covid-19.

Mereka yang masih menolak umumnya tidak mau mengurus bahkan memakamkan para jenazah itu di pemakaman kampung. Mereka beralasan takut tertular virus corona.

Kurangnya pengetahuan dan penolakan yang semakin meningkat membuat seorang netizen dengan akun @gepreksapi tergerak untuk membantu.

1 dari 5 halaman

Perlakuan Warga Madinah

Melalui cuitan di Twitter, gepreksapi mengunggah foto-foto warga Madinah yang tengah mengurus dan memakamkan jenazah korban Covid-19.

Dia mengunggah foto-foto pemakaman jenazah korban Covid-19 yang dibagikan oleh salah satu temannya yang tinggal di Madinah.

" Guyss dibaca yaa. Ini story temanku yang tinggal di Madinah," klaim pemilik akun tersebut dalam cuitannya.

© Dream
2 dari 5 halaman

Jenazah Korban Covid-19 Dimuliakan

Menurut foto-foto tersebut, pasien Covid-19 yang meninggal di Madinah dimuliakan. Bukan saja diurus seperti selayaknya jenazah Muslim, mereka juga dikuburkan di pemakaman Baqi'.

Bagi yang belum tahu, pemakaman Baqi' terletak di samping Masjid Nabawi merupakan makam keluarga dan sahabat Nabi Muhammad SAW. Jenazah korban Covid-19 ini dikebumikan di samping keluarga dan sahabat Rasulullah SAW.

Tak semua warga di luar Madinah bisa dimakamkan di areal pemakaman tersebut. Konon muslim dari luar Madinah, di luar jemaah haji atau umrah, harus mendapat persetujuan dari otoritas setempat untuk dimakamkan di Baqee.  

3 dari 5 halaman

Bisa Jadi Mati Syahid

Akun ini bukan satu-satunya yang membagikan tangkapan layar foto tersebut. Akun Instagram dakwah_tauhid juga turut mengunggah foto-foto yang sama.

Menurut tangkapan layar itu, umat Muslim yang meninggal karena virus corona, bisa jadi dosa-dosanya telah diampuni oleh Allah SWT.

Jenazah Covid-19 bisa jadi mati syahid di sisi Allah SWT.© Twitter @gepreksapi

" ...bahkan bisa jadi mereka telah diterima sebagai syahid di sisi-Nya," bunyi tulisan di tangkapan layar tersebut.

© Dream
4 dari 5 halaman

Sindir Warga yang Tolak Jenazah

Tulisan tersebut juga menyindir warga yang menolak jenazah saudara-saudaranya yang Muslim.

Yang menolak jenazah pasien Covid-19 dianggap dzalim.© Twitter @gepreksapi

" Di saat kita semua saling respect berbagi, dan memberi empati, sebagian orang di 'planet lain' itu justru mengotori suasana ini dengan kedzaliman, menolak jenazah saudara-saudaranya

" Kita yang dijauhkan oleh Allah dari kejahilan tersebut, banyak-banyaklah bersyukur kepada Allah."

Cuitan gepreksapi itu menjadi viral setelah di-retweet lebih dari 20 ribu kali dan mendapat 35 ribu lebih Likes dari netizen.

(Sah, Sumber: Lobak Merah)

5 dari 5 halaman

Foto Lama

Dari penelusuran Dream menggunakan fitur pencarian foto yang disediakan Google, foto pemakaman jasad tersebut pertama kali diunggah akun Twitter @haramainInfo pada 5 April 2020 lalu.

Akun tersebut menuliskan jika sejumlah warga menawarkan diri untuk mensholatkan dan memakamkan jenazah yang meninggal dunia diduga karena tertular Covid-19.

Disebutkan juga jika lokasi pemakaman tersebut berada di areal pemakaman Baqi, Madinah.

Akun itu juga menjelaskan jika foto tersebut didapat dari seorang pemilik akun @YasserAyt.

Pemakaman di Baqi, Madinah© Twitter @haramaininfo

(Sumber: Twitter @haramaininfo)

 

© Dream
Beri Komentar