Tata Cara Itikaf Menurut Ustadz Abdul Somad

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila
Jumat, 15 Mei 2020 08:00
Tata Cara Itikaf Menurut Ustadz Abdul Somad
Itikaf biasa dilakukan di 10 hari terakhir Ramadhan

Dream - Tak terasa Ramadhan sudah memasuki 10 hari terakhir. Umat Islam di seluruh dunia mulai menyiapkan berbagai keperluan menyambut Idul Fitri yang tinggal menghitung hari. Namun, harus diingat bahwa pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan, bisa kamu gunakan untuk itikaf.

Sebagai salah satu sunnah nabi Muhammad, itikaf biasanya dilakukan pada 10 malam terakhir dengan memperbanyak ibadah. Itikaf bermakna berdiam diri di dalam masjid untuk beribadah kepada Allah yang dilakukan dengan tata cara tertentu.

Dari Aisyah RA, beliau mengatakan, “ Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam beri’tikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan hingga beliau wafat, kemudian para istri beliau beri’tikaf sepeninggal beliau.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Di tengah pandemi corona saat ini, itikaf sebaiknya dilakukan di rumah saja. Ustadz Abdul Somad, melalui akun Instagram @ustadzabdulsomad_official, menyatakan ada beberapa tata cara itikaf yang bisa dilakukan oleh umat islam.

Berikut tata caranya: 

1 dari 2 halaman

Tata Cara Itikaf Menurut Ustadz Abdul Somad

Kalimat Zikir Ini Melebihi Berat 7 Lapis Langit dan Bumi© MEN

Ada beberapa tujuan-tujuan yang dicapai ketika seseorang melakukan itikaf di sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan, yakni:

  1. Mensucikan hati
  2. Merasakan pengawasan Allah
  3. Fokus ibadah
  4. Melepaskan diri dari keduniawian
  5. Berserah diri pd Allah

Menurut ustadz Abdul Somad, untuk melakukan itikaf minimal kamu harus melakukan ruku' lebih lama dari biasanya, dan maksimal itikaf adalah seperti yang dilakukan Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad SAW pernah melakukan itikaf selama 20 hari tanpa keluar dari masjid.

Ada beberapa tempat yang bisa dijadikan tempat untuk beritikaf pada bulan Ramadhan, yakni:

  1. Masjid jami' (Masjid besar yang mengadakan sholat jumat)
  2. Musholla atau surau
  3. Mushalla al-bait yang bermakna tempat sholat di dalam rumah.

Di masa pandemi saat ini, untuk menjaga keamanan dan kenyamana ibadah, diperbolehkan untuk melaksanakan itikaf di rumah.

2 dari 2 halaman

Amalan saat Itikaf

Panduan Sholat Tarawih Lengkap di Rumah© MEN

Beberapa amalan yang dapat dilakukan selama itikaf antara lain:

  1. Shalat wajib dan sunnah
  2. Membaca Al Quran
  3. Berdzikir sebanyak - banyaknya
  4. Bertafakkur
  5. Membaca buku

Untuk pelaksanaanya, itikaf bisa dilaksanakan dalam beberapa waktu, yakni:

  • Pada waktu sholat subuh. Seseorang bisa melakukan itikaf dengan berdzikir sampai matahari terbit. Kemudian melaksanakan sholat sunnah Isyraq. Waktunya Sekitar 90 menit.
  • Selepas Sholat isya, yaitu dengan melaksanakan ibadah sholat tarawih, witir, membaca Al Quran, dan berdzikir. Waktu sekitar 90 menit.
  • Selepas bangun di sepertiga malam. Seseorang yang hendak beritikaf bisa melaksanakan beberapa sholat sunnah seperti sholat sunnah wudhu', sholat sunnah taubat, sholat sunnah hajat, sholat tahajjud, membaca Al Quran, dan berdzikir.  Untuk waktunya bisa sekitar 90 menit.
Beri Komentar