Kasasi Ditolak, Ahmad Dhani Terbukti Lakukan Ujaran Kebencian SARA

Reporter : Maulana Kautsar
Kamis, 29 Agustus 2019 14:12
Kasasi Ditolak, Ahmad Dhani Terbukti Lakukan Ujaran Kebencian SARA
MA juga menolak kasasi yang diajukan jaksa penuntut umum.

Dream - Mahkamah Agung menolak kasasi Ahmad Dhani dan Jaksa Penuntut Umum terkait kasus ujaran kebencian di media sosial. Mahkamah Agung menguatkan vonis tingkat banding yang menghukum Ahmad Dhani selama satu setengah tahun.

" Mahkamah Agung (MA) dalam putusannya pada Rabu, 28 Agustus 2019 telah menolak permohonan kasasi yang diajukan oleh Jaksa/Penuntut Umum dan terdakwa Ahmad Dhani Prasetyo," kata Juru Bicara Mahkamah Agung, Andi Samsan Nganro, kepada Dream, Kamis 29 Agustus 2019.

Dalam kasus ini, Ahmad Dhani divonis bersalah terkait ujaran kebencian melalui Twitter. Dia dinyatakan terbukti melakukan ujaran kebencian terkait unggahan tentang pendukung penista agama, yang menurut dia pantas diludahi.

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menghukum Ahmad Dhani dengan penjara selama satu setengaha tahun. Vonis itu lebih rendah daripada tuntutan, yang meminta Ahmad Dhani dihukum dua tahun penjara.

Ahmad Dhani kemudian mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Hasilnya, banding diterima. Hukuman Ahmad Dhani disunat dari satu setengah tahun menjadi satu tahun saja.

Atas putusan ini, Dhani dan Jaksa pun mengajukan kasasi. Namun, Mahkamah Agung menolak kasasi tersebut. Menurut Mahkamah Agung, alasan-alasan kasasi yang diajukan Ahmad Dhani dan Jaksa tidak dapat dibenarkan. Judex facti tidak salah dalam menerapkan hukum. 

1 dari 6 halaman

Sudah Tepat

Andi menambahkan, putusan majelis hakim Pengadilan Tinggi Jakarta yang mengurangi vonis 1,5 tahun penjara dari majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjadi setahun kurungan telah sesuai pertimbangan hukum.

Menurut Andi, keputusan hakim yang menyatakan Ahmad Dhani terbukti menebar informasi dengan kebencian suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), sudah tepat. Putusan tersebut telah didasarkan pada pertimbangan hukum yang cukup dan penerapan hukum yang benar.

" Atas dasar pertimbangan tersebut MA menyatakan menolak permohonan kasasi yang diajukan oleh penuntut umum dan terdakwa," ucap dia.

2 dari 6 halaman

Ahmad Dhani Divonis 1 Tahun Penjara Dalam Kasus Ujaran Kebencian

Dream - Ahmad Dhani Prasetyo divonis penjara seama setahun oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Surabaya, Jawa Timur. Hakim memutuskan pentolan grup band Dewa itu bersalah dalam kasus ujaran kebencian.

" Menjatuhkan pidana kepada terdakwa Dhani Ahmad Prasetyo dengan pidana penjara selama satu tahun," ujar Ketua Majelis Hakim, R. Anton Widyopriono saat membacakan amar putusan di Pengadilan Negeri Kota Surabaya, Selasa, 11 Juni 2019.

Dhani diketahui dilaporkan polisi setelah dianggap membuat ujaran kebencian dengan mengunggah video ucapan idiot. Video itu diambil ketika Dhani berada di Hotel Majapahit dan hendak menghadiri deklarasi di Surabaya.

Dalam putusan tersebut, Majelis Hakim mempertimbangkan hal-hal yang memberatkan dan meringankan terdakwa.

" Hal-hal yang memberatkan, terdakwa tidak menyesali perbuatannya karena tidak merasa bersalah," kata Hakim Anton.

Sementara hal yang meringankan, Hakim Anton menyebut Dhani bersikap sopan selama menjalani persidangan. " Terdakwa kooperatif menjalani persidangan," kata dia.

Terkait putusan ini, Dhani menyatakan akan mengajukan banding. Namun Jaksa menyatakan masih pikir-pikir.

Vonis yang diterima Dhani lebih ringan dari tuntutan jaksa. Sebelumnya, Jaksa menuntut Majelis Hakim menjatuhkan vonis kepada Dhani berupa penjara selama 1 tahun 6 bulan.

3 dari 6 halaman

Lihat Ahmad Dhani Ngamuk Usai Sidang, Al Ghazali: Ayah Dulu Bandel

Dream - Al Ghazali turut merasa kesal saat melihat rekaman yang memperlihatkan ayahnya, Ahmad Dhani, diperlakukan tak baik usai menghadiri sidang di Pengadilan Negeri Surabaya, Jawa Timur, pada Kamis 11 April 2019 lalu. 

Meski kesal, Al melihat tindakan yang dilakukan sang ayah saat memberontak saat dilarang berbicara ke awak media sebagai hal normal dan sudah biasa diperlihatkannya. 

" Sudah lihat (videonya) pastinya kesel. Tapi biasa saja karena ayah dulu emang bertarung sih. Ayah dulu suka bertarung di jalanan, bandel," ujar Al Ghazali ditemui di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan, Rabu 24 April 20219.

Al Ghazali Foto Bareng Shafea, Maia Estianty Malah Jadi Perbincangan© MEN

Foto : Kapanlagi.com

Al menceritakan Ahmad Dhani kerap menceritakan masa mudanya saat masih menjadi pelajar SMA. Dari cerita sang ayah, lanjut Al, Ahmad Dhani mengaku pernah dipukuli 15 orang. 

" Kita kaya biasallah. Ayah dulu pernah cerita ayah dulu pernah dipukul 15 orang. Biasalah," tuturnya.

Bagi Al, sikap yang diperlihatkan ayahnya terhadap Jaksa Penuntut Umum menunjukan jika Ahmad Dhani tidak pernah takut dengan siapapun.

" Ya itulah jiwa ayah sebenarnya. Ayah itu tidak pernah takut apapun. Jadi ayah tuh diibaratkan singa. Singa masuk kandang keluar jadi singa," imbuhnya.(Sah)

4 dari 6 halaman

Berikut Isi Surat Dhani

Berikut petikan surat yang dibuat Ahmad Dhani.

Siap Jenderal, lapor

Saya divonis hakim PN, pengujar kebencian berdasarkan SARA.

Saya divonis Anti Cina Saya divonis Anti Kristen

Kakanda Jenderal pasti tidak percaya bahwa saya Anti Cina dan Anti Kristen. Apalagi Saudara saya yang nasrani, dan partner bisnis saya yang kebanyakan dari Tionghoa. Tapi kenyataannya saya divonis begitu.

Kakanda Jenderal adalah saksi hidup bagaimana darah NKRI saya bergelora. Saat Kakanda adalah Kepala Staf AD pada tahun 2003. Kakanda perintahkan band Dewa 19 untuk memberi semangat warga Aceh untuk tetap setia kepada NKRI.

Di atas tank, kami keliling Kota Aceh untuk meneriakkan NKRI harga mati. Bisa saja GAM waktu itu menembaki kami, banyak kelompok separatis yang bisa saja mendekat dan menembak kami.

Namun saat ini situasi negara aneh. Saat saya mengajukan banding atas vonis hakim, saya malah ditahan dengan dua surat ketetapan. Salah satunya atas perkara yang seharusnya saya tidak ditahan.

Jangan salah paham jenderal, saya tidak sedang bercerita soal keadaan saya, tapi saya sedang melaporkan tentang situasi politik negara kita.

Apakah saya korban perang total seperti yang dikabarkan Jenderal Moeldoko, mudah-mudahan bukan. Tapi di penjara, saya merasakan tekanan yang luar biasa.

Demikianlah Kakanda Jenderal, saya melaporkan dari Sel Penjara Politik.

Tertanda Ahmad Dhani Kangen SOP Buntut buatan Nyonya Ryamizard Ryacudu

Rutan Medaeng 26 Februari 2019

Laporan: Liputan6.com/Dian Kurniawan

5 dari 6 halaman

Mulan: Ahmad Dhani Tidak Bersalah, Dia Sedang Berjuang

Dream - Ditahannya Ahmad Dhani atas kasus dugaan ujaran kebencian membuat sang istri, Mulan Jameela terpukul. Mulan menitikkan air mata atas apa yang dialami suaminya.

Mulan pun menceritakan kondisi yang terjadi pada Dhani jelang putusan. Dia utarakan hal itu saat menjadi salah satu pembicara dalam talkshow Indonesia Lawyer Club yang dipandu Karni Ilyas.

" Jadi saat hari-hari sebelum sidang itu, Mas Dhani nggak ada kekhawatiran Bang. Sama sekali nggak ada. Sangat santai sekali. Dia benar-benar yakin bahwa nggak mungkin gitu vonisnya memberatkan dia," kata Mulan.

Berbeda dengan Dhani, Mulan justru merasa sangat khawatir. Dia pun sempat ditenangkan oleh sang suami.

" Nggaklah, tenang-tenang. Nggak mungkin, aku kan nggak ngapa-ngapain. Nggak nyebutin nama, nggak menyebutkan nama sesuatu siapa, gitu," kata Mulan menirukan ucapan Dhani.

6 dari 6 halaman

Syok dengan Vonis Hakim

Saat sidang putusan, Mulan memutuskan hadir. Padahal, dia tidak pernah datang di sidang-sidang sebelumnya.

Mulan mengaku syok begitu Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memvonis Dhani dengan penjara 1,5 tahun. Ia sampai tak sanggup melihat wajah Dhani dan langsung keluar ruangan.

Dia juga sama sekali tak mengira Dhani langsung dibawa ke LP Cipinang. " Nggak terpikir sedikitpun bakal langsung diangkut gitu," kata Mulan sambil menangis.

Lebih lanjut, Mulan merasakan kesedihan dan kekecewaan atas apa yang menimpa Dhani. Dia tetap yakin sang suami tidak bersalah.

" Pasti sedih, saya kecewa (juga) iya. Karena suami saya, saya rasa juga nggak salah. Dia sedang berjuang Insya Allah. Nggak akan sia-sia perjuangan dia," tutur Mulan.

" Mudah-mudahan ini juga jalan Mas Dhani semoga semakin mendekatkan diri sama Allah, semakin istiqomah," kata dia melanjutkan.

Beri Komentar