Masya Allah, Perwira Polri Sigap Gali Liang Lahat dan Makamkan Pasien Covid-19

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Minggu, 24 Mei 2020 13:45
Masya Allah, Perwira Polri Sigap Gali Liang Lahat dan Makamkan Pasien Covid-19
Ustaz Yusuf Mansur megacungi jempol tindakan gesit Kasat Sabhara AKBP Sonny Triyanto.

Dream - AKBP Sonny Triyanto. Kasat Sabhara Polrestabes Palembang itu tengah menjadi topik hangat di media sosial. Banyak warganet yang terkesan dengan aksi sosialnya membantu menggali makam dan menguburkan jenazah pasien Covid-19.

Video Sonny viral di media sosial. Dalam video itu, Sonny dan sejumlah anggota polisi terlihat tengah menggali liang lahat untuk jasad pasien Covid-19. Mereka masih mengenakan seragam dinas. Dua melati tersemat di kerah baju Sonny.

Mereka bergegas menyelesaikan penggalian kuburan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Gandus Hills Pulo Kerto Gandus, Palembang, Sumatera Selatan, itu. Sebab, cuaca sedang mendung.

Guruh di langit terus menggelegar. Awan hitam sudah menggelayut. Sonny dan para polisi itu juga mengenakan hazmat saat hendak memakamkan jenazah pasien Covid-19, Jumat 22 Mei 2020.

1 dari 4 halaman

Menurut Sonny, sebagaimana dikutip dari Liputan6.com, Minggu 24 Mei 2020, awalnya mereka hanya bertugas mengawal pemakaman jenasah pasien Covid-19, yang harus sesuai standar protokol Covid-19 di TPU Gandus Hills Palembang.

Proses penggalian lubang makam itu hampir selesai. Namun kala itu cuaca sangat mendung. Mereka khawatir penggalian belum selesai saat turun hujan.

" Saya langsung bilang ke anggota saya, kita bantu saja petugas makam ini. Lalu kami mengambil Alat Pelindung Diri (APD) dari dalam mobil patroli Sabhara Polrestabes Palembang," kata Sonny.

Dengan menggunakan masker, kacamata, dan sarung tangan, Sonny beserta anak buahnya langsung menggali dua lubang kubur. Sonny dan anggotanya dengan telaten menggali tanah dengan cangkul dan sekop.

" ya Allah sehatkan semuanya aamiin," tulis akun @yulifitriyah33

" Semoga pahala besar untuk anda bapak2...????," tulis akun @totokindras

2 dari 4 halaman

Sonny tak peduli bajunya kotor oleh tanah pemakaman. Yang dia pikirkan hanya menyelesaikan penggalian liang lahat tersebut. Dia hanya menjalankan maklumat dari Presiden Joko Widodo dan Kapolri Jendral Pol Idham Azis, agar anggota polisi turut membantu prosesi pemakaman jenasah pasien Covid-19.

" Apalagi di bulan Ramadan ini, kita harus saling membantu. Melihat petugas sudah kelelahan, tapi lubang harus segera digali, makanya kita bantu," katanya.

Setelah menggali lubang kubur, para personel Sat Sabhara Polrestabes Palembang langsung menggunakan pakaian hazmat lengkap, dan turut serta memasukkan peti jenazah ke dalam liang lahat.

Meski pun lelah terasa di tengah mempertahankan ibadah puasanya, AKBP Sonny Triyanto dan anggotanya terus menggali tanh makam dan menyelesaikan pekerjaannya itu.

3 dari 4 halaman

Video itu membuat banyak warganet salut. Salah satunya Ustaz Yusuf Mansur. Melalui Instagram, ustaz yang karib disapa dengan nama Ustaz YM itu juga mengunggah aksi Sonny dan anak buahnya.

" Salah satu perwira Polri yang berdinas di Polrestabes Palembang sebagai Kasat Sabhara AKBP @sonnytriyanto Patut di acungi jempol," tulis Ustaz YM.

Banyak netizen yang berkomentar pada unggahan Ustaz YM itu. Mereka mendoakan kesehatan bagi para anggota korps bhayangkara tersebut dan berdoa agar virus Corona ini segera usai.

" Subhanallah semoga virus corona segera pergi," tulis akun @trisularsih148.

" Ya Allah sehatkan semuanya aamiin," tulis akun @yulifitriyah33

" Semoga pahala besar untuk anda bapak2...????," tulis akun @totokindras.

Beri Komentar