Viral! Botol Susu Melesat Bak Peluru, Plafon Sampai Bolong

Reporter : Maulana Kautsar
Senin, 19 Agustus 2019 07:12
Viral! Botol Susu Melesat Bak Peluru, Plafon Sampai Bolong
Apa penyebabnya?

Dream - Media sosial di China dikejutkan dengan video botol susu yang meluncur bak peluru. Peristiwa itu terjadi di Hubei, China.

Dilaporkan Siakapkeli, peristiwa itu terjadi saat seorang pria bermaksud meletakkan botol susu di meja. Tetapi, posisi berdiri yang tak tepat membuat botol susu jatuh.

Uniknya, sebelum susu dalam botol tumpah, botol itu meluncur ke atap. Setelah botol jatuh, air susu berceceran di lantai.

Letupan botol itu membuat plafon rumah itu rusak. Jadi bisa dibayangkan betapa kencangnya kecepatan botol tersebut.

1 dari 5 halaman

Penjelasan Ilmiah

Menurut seorang pengguna Quora, Kevin Finch, menyebut, botol susu yang meledak disebabkan karena bakteri yang berkembang akibat suhu panas.

" Bakteri tersebut berkembang di sekitar suhu tubuh manusia, sekitar 37 derajat Celcius," kata Kevin.

Sementara itu, tumbuh kembang bakteri itu eksponensial karena media susu kaya gula dan protein. Dua bahan ini menjadi nutrisi bagi bakteri.

" Hasil akhir dari proses metabolisme ini adalah pelepasan gas. Pada akhirnya, tekanan di dalam wadah bisa menjadi besar, pada titik tertentu dapat meledak," kata dia.

2 dari 5 halaman

Susu Bubuk atau Cair, Mana yang Baik untuk Anak?

Dream - Jumlah anak yang terkena gizi buruk terus bertambah. Pemicunya bisa disebabkan oleh banyak faktor. Namun semuanya biasanya bermuara pada perawatan tumbuh kembang anak yang tak optimal.

Selain olahraga, orang tua juga harus memberikan perhatian pada asupan yang masuk dalam tubuh seorang anak. Salah satunya adalah susu.

Seperti diketahui, belum lama ini marak informasi tentang kabar susu kental manis (SKM) yang kandungan vitaminnya diragukan. Kepala BPOM Penny Lukito pernah menyatakan susu kental manis termasuk kategori susu namun tak disarankan untuk pemenuhan asupan pada balita. 

" Susu kental manis hanya mengandung gula dan sedikit rasa susu. Jadi, nutrisinya sangat sedikit," ungkap Matthew Lantz Blaylock, Ilmuwan Nutrisi dalam acara Peluncuran Susu UHT Greenfields Kemasan Kecil di Kidzania, Jakarta Pusat, Jumat 14 September 2018.

Selain SKM, produk susu lain di pasaran hadir dalam bentuk cair dan bubuk. Kedua produk ini juga banyak menjadi pilihan sejumlah orang tua.

 

3 dari 5 halaman

Suhu Normal

Matthew menyatakan, susu bubuk memiliki nutrisi yang sangat sedikit. " Susu bubuk melewati proses yang lebih panjang daripada jenis lainnya, sehingga banyak nutrisi hilang. Selain itu, susu bubuk juga mengandung bahan kimia," tuturnya.

Untuk memilih produk susu, Matthew menyarankan agar mengonsumsi susu cair yang hanya bisa tahan 3-4 hari di suhu normal. Selain lebih segar dan sehat, kandungan dan nutrisi susu cair dikliam lebih terjaga.

" Fresh milk (susu segar) merupakan pilihan tepat jika ingin mendapatkan banyak nutrisi. Full milk dan skimmed milk juga baik dikonsumsi," imbuhnya.

Untuk mendapatkan nutrisi yang lebih banyak, dia juga menyarankan memilih susu segar tanpa kandungan tambahan. Caranya dengan melihat label di kemasan.

Jika tulisannya 'made with milk', berarti susu bukan merupakan kandungan utamanya. Sedangkan 'made from milk' menunjukkan kalau susu menjadi bahan utamanya.(Sah)

4 dari 5 halaman

Heboh Susu UHT Mengandung Bakteri, Ini Kata Ultrajaya

Dream - Beberapa hari lalu viral di media sosial foto surat keterangan yang dikeluarkan oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sinjai, Sulawesi Selatan. Dalam surat tersebut diketahui ada sampel produk susu UHT yang mengandung bakteri Streptococcus sp.

Diketahui sampelnya merupakan susu UHT Full Cream Ultra Milk 250 ml di Toko Indomaret Jl Jenderal Sudirman Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Terkait hal ini pihak PT Ultrajaya memberi penjelasan.

Menurut Muh. Muhthasawwar, General Manager Public Relations PT Ultrajaya dalam keterangan resminya, pihak Ultrajaya sudah melakukan penelusuran lebih lanjut. Produk susu itu ternyata sudah rusak dan terasa pahit.

Sayangnya kemasan susu tersebut tidak disimpan untuk memeriksa kode produksinya.

“ Kami menyayangkan kemasan yang dikeluhkan tidak disimpan untuk memastikan produk dan
kode produksinya serta menguji kualitas kemasannya,” kata Muh. Muhthasawwar, dikutip dari rilis yang diterima Dream.

5 dari 5 halaman

Saat Minum Susu, Ini Doa yang Dibaca Rasulullah

Dream - Susu merupakan minuman yang sangat bermanfaat. Minuman dari hewan ternak, kebanyakan dari sapi, ini sudah dikenal sejak peradaban kuno hingga saat ini.

Minum susu terutama ketika sarapan bahkan sudah menjadi tradisi bagi sebagian besar manusia di seluruh dunia. Susu menjadi bahan pangan pelengkap sumber nutrisi.

Di masa Rasulullah Muhammad SAW, susu merupakan minuman lezat dan bermanfaat. Dalam sejumlah riwayat disebutkan Rasulullah kerap minum susu baik sendiri maupun bersama para sahabat.

Salah satunya riwayat Baihaqi dari Ibnu Abbas RA.

" Aku bersama Rasulullah SAW dan Khalid binWalid masuk ke rumah Maimunah. Maimunah menyuguhkan kepada kami satu wadah berisi susu. Rasulullah SAW lantas meminumnya. Aku berada di sebelah kanan Rasulullah sedangkan Khalid ada di sebelah kiri Rasulullah."

Rasulullah juga mengajarkan sebuah doa yang dibaca ketika minum susu. Berikut doa tersebut.

Doa minum susu

  Doa minum susu

Allahumma barik lana fihi wa zidna minhu wa qina adzaban nar.

Artinya:

" Ya Allah, berkahilah minuman kami dan tambahkanlah darinya (rezeki) pada kami. Dan lindungilah kami dari api neraka."

Beri Komentar
Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi