Viral Foto Jenazah Enam Laskar FPI, Cek Faktanya!

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Selasa, 8 Desember 2020 13:46
Viral Foto Jenazah Enam Laskar FPI, Cek Faktanya!
Beredar foto jenazah enam laskar FPI di sosial media. Ini fakta sebenarnya.

Dream - Setelah terjadi sebuah insiden baku tembak antara anggota kepolisian dengan anggota FPI yang mengakibatkan, enam anggota FPI mati tertembak oleh polisi.

Dari kejadian tersebut, kini beredar sebuah narasi di media sosial yang menyebutkan bahwa enam jenazah anggota FPI yang ditembak mati oleh polisi, berlumuran darah dan wajah penuh luka lebam.

Narasi tersebut, disematkan dalam sebuah foto yang tengah memperlihatkan dua orang pria yang terbaring di salah satu tempat yang diduga ruangan penyimpanan jenazah.

 

1 dari 3 halaman

Cek Fakta

Berdasarkan hasil pemeriksaan fakta dari Turn Back Hoax, Selasa 8 Desember 2020, klaim yang menyebutkan enam jenazah anggota FPI yang ditembak mati dan berlumur darah, serta wajah penuh dengan luka lebam, adalah keliru atau salah.

Narasi tersebut beredar dan dimuat di situs introdutions[dot]xyz pada Senin, 7 Desember 2020. Adapun isi kutipan artikel tersebut sebagai berikut:

" Pasca insiden penyerangan anggota polri di Tol Jakarta- Cikampek KM 50 yang mengakibatkan 6 anggota laskar FPI tewas ditembak anggota kepolisian. Beredar luas foto-foto 6 anggota laskar di media sosial. Dalam foto itu terlihat 6 orang pria terkapar dengan kondisi pakaian lengkap. Jenazah mereka dijejer di salah satu tempat yang diduga merupakan ruang penyimpanan jenazah."

2 dari 3 halaman

Menurut penelusuran, foto jenazah tersebut merupakan foto dua pelaku perampokan bersenjata api di toko emas Cahaya Murni di Sungai Lilin Muba, Sumatera Selatan yang ditembak mati oleh petugas, saat penangkapan berlangsung, Sabtu, 28 Maret 2020.

Berita Hoaks© CekFakta.com

Foto sama dimuat juga di artikel berjudul l " Dua Perampok Toko Emas Cahaya Muri Ditembak Mati, Satu Pelaku lainnya Dilumpuhkan" yang tayang di situs vivasumsel.com, 28 Maret 2020.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumsel, Kombes Pol Hisar Siallagan didampingi Kasubnit III Jatanras, Kompol Suryadi mengatakan, kedua pelaku yang ditembak mati yakni Pendi dan Mail sedangkan Nasir mengalami luka tembak di kakinya.

3 dari 3 halaman

Sementara itu berdasarkan keterangan kepolisian, saat ini enam jenazah Laskar FPI berada di Rumah Sakit Bhayangkara Polri Kramat Jati, Jakarta Timur.

Polisi tengah melakukan pemeriksaan terhadap jenazah tersebut untuk mengindentifikasi keenam jasad tersebut. Namun, pihak kepolisian tidak memberitahu secara detail terkait kondisi jasad itu.

 

 

 

Beri Komentar