Viral Video Warga Wuhan Berjatuhan di Jalan kena Virus Corona, Mirip Kota Zombie

Reporter : Eko Huda S
Sabtu, 25 Januari 2020 12:30
Viral Video Warga Wuhan Berjatuhan di Jalan kena Virus Corona, Mirip Kota Zombie
Banyak orang di Wuhan berjatuhan di jalanan. Wuhan kini dijuluki sebagai 'kota zombie'

Dream - Di tengah kekhawatiran merebaknya virus Corona baru di Wuhan, China, beredar video yang bikin geger jagat maya. Dalam video itu terlihat sejumlah orang berjatuhan karena diduga terjangkit virus Corona.

Belum ada konfirmasi resmi apakah foto dan video yang viral di media sosial itu benar-benar terjadi di Wuhan, kota yang kini tengah diisolasi katena virus Corona.

Namun yang jelas, beberapa unggahan itu menyertakan Wuhan sebagai lokasi unggahan. Kini, sebagaimana dilaporkan laman Daily Star, Wuhan dijuluki " kota zombie" .

Tak hanya orang-orang yang tergeletak tak berdaya, pada video yang beredar itu juga menunjukkan petugas medis yang berpatroli mengenakan jas Hazmat dan masker. Mereka sibuk memberikan pertolongan.

Pada sebuah unggahan menunjukkan seorang pria tergeletak di lantai tidak sadarkan diri. Banyak orang di sekitarnya memperhatikan pria yang tergeletak tersebut.

1 dari 6 halaman

Pria yang pingsan itu diduga sedang antre mengurus dokumen. Dia juga terlihat mengenakan masker pelindung. Petugas medis yang berpakaian serba putih kemudian datang untuk menolong pria tersebut.

Menurut Daily Star, peristiwa itu disaksikan setidaknya oleh enam orang. Video lain tentang peristiwa tersebut juga diunggah oleh netizen lain.

2 dari 6 halaman

Akun @badiucao mengunggah video tak kalah memprihatinkan. Pada video itu terlihat seorang pria yang tergeletak di atas jalan. Sebuah ambulans terlihat datang.

Beberapa petugas medis yang berjaket dan masker serba putih keluar dan segera memberi pertolongan kepada pria yang tengkurap tak berdaya di atas aspal tersebut.

3 dari 6 halaman

Pada video lain yang diunggah ke Twitter @bosstandswithhk menunjukkan seorang pria yang tergeletak di lantai kereta. Akun itu menyebut peristiwa itu terjadi di dalam kereta di Wuhan.

Dalam kereta itu, sejumlah orang, yang mengambil jarak dari pria tergeletak itu, terlihat panik. Mereka berusaha menjauhi pria yang meringkuk di atas lantai tersebut.

4 dari 6 halaman

Geger Pengakuan Gadis Wuhan Lolos Pemindai Suhu di Bandara Demi Travel ke Paris

Dream - Coronavirus atau yang dikenal sebagai virus corona menjadi momok bagi sejumlah negara saat ini. Bahkan bisa dikatakan virus Corona yang menjadi wabah di Tiongkok ini menjadi isu persoalan kesehatan global di awal tahun 2020.

Virus Corona dikabarkan pertama kali terdeteksi di sebuah kota di China bernama Wuhan. Sejak Kamis, 23 Januari 2020, kota Wuhan yang berpenduduk 11 juta jiwa telah diisolasi oleh otoritas China.

Pihak berwenang di Wuhan menangguhkan semua perjalanan bus dan kereta bawah tanah ke kota tersebut. Tak ada warga yang boleh datang atau meninggalkan kota tanpa alasan kuat.

Namun seketat apapun penjagaan yang dibuat, tetap saja ada celah yang ditembus mereka yang punya 1000 akal. 

5 dari 6 halaman

Seorang Gadis Bandel

Ya, seorang gadis asal Wuhan baru-baru ini mengegerkan jagat media sosial.

 Gadis WuhanGadis Wuhan © dream.co.id

Melalui sebuah postingan, Gadis bermarga Yan itu dengan bangganya mengakui bahwa ia berhasil mengelabuhi alat pemeriksa kesehatan di bandara.

 WuhanWuhan © dream.co.id

Padahal saat itu dirinya tengah berada dalam kondisi tak 100 persen sehat. Ia dikabarkan tengah mengalami demam dan batuk.

Berdasarkan laporan World Of Buzz, Yan memposting beberapa foto di aplikasi WeChat dan menulis bahwa dirinya sudah mengkonsumsi beberapa obat penurun demam sebelum terbang.

Hal itu membuat suhu tubuhnya menurun sehingga ia bisa terbebas dari mesin pemindai suhu tubuh.

6 dari 6 halaman

Berlibur ke Paris

Gadis Wuhan ini dikabarkan terbang untuk berlibur ke Paris dan Lyon, Perancis.

" Aku berhasil, akhirnya aku bisa makan makanan enak di sini. Rasanya aku sudah kelaparan selama dua hari. Kota ini penuh dengan makanan enak... Sebelum aku meninggalkan rumah (Wuhan) aku demam dan batuk, jadi aku takut tidak bisa naik pesawat. Aku segera minum obat dan terus mengukur suhu tubuhku sampai aku berhasil melewati migrasi," tulisnya.

Pengakuannya sontak membuat banyak warganet di China terkejut. Beberapa orang memarahinya dan menudingnya bisa menciptakan  pandemi di negara orang lain jika benar-benar terinfeksi virus corona.

Kedutaan China di Perancis pun tahu tentang hal ini dari orang-orang yang mengirimkan keluhan. Mereka langsung menghubunginya.

Pada Rabu 22 Januari malam, pihak kedutaan langsung menghubungi Yan dan memerintahkannya untuk memeriksakan diri di rumah sakit terdekat di Perancis.

Waduh bandel banget ya, semoga enggak terjadi apa-apa.

Beri Komentar
Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair