Termasuk Klenteng Petak Sembilan, Ini Titik Banjir di Jakarta

Reporter : Maulana Kautsar
Jumat, 24 Januari 2020 17:30
Termasuk Klenteng Petak Sembilan, Ini Titik Banjir di Jakarta
Banjir terpantau disejumlah titik.

Dream - Sejumlah wilayah di Jakarta terendam banjir. Salah satu wilayah yang tergenang adalah kawasan VIhara Dharma Bhakti, Petak Sembilan, Jakarta Barat.

Menurut Liputan6.com, Jumat 24 Januari 2020, hujan di kawasan ikonik yang juga dikenal dengan Klenteng Petak Sembilan itu mulai reda sekitar pukul 12.55 WIB.

Halaman vihara tergenang air dengan ketinggian sekitar sebetis orang dewasa. Meski demikian, banjir itu tak menyurutkan para peminta-minta yang menanti sedekah dalam rangka Tahun Baru Imlek 2571.

Tak hanya kawasan Petak Sembilan, sejumlah wilayah di Jakarta juga terendam genangan. Di media sosial, warganet membagikan titik banjir di ibu koota.

Banjir juga terpantau di Cempaka Putik, Jakarta Pusat, hingga Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Menurut informasi Twitter TMC Polda Metro Jaya, banjir terpantau setinggi trotoar terjadi di Cempaka Putih. Sementara itu, banjir sampai lutut orang dewasa terjadi Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Banjir juga terpantau terjadi di Kawasan 1000 Ruko Taman Palem, Cengkareng, Jakarta Barat.

Dilaporkan TMC Polda Metro Jaya, genangan air juga terjadi di Jalan Baru Ancol, depan Pengadilan Negeri Jakarta Utara, arah Servitia. Genangan air terjadi setinggi 50 hingga 55 centimeter.

" Tidak bisa roda dua dan roda empat, agar pengendara mencari alternatif jalan lain," kata TMC Polda Metro Jaya.

" 14.20 #Banjir 40 cm di KBN Cakung , saat ini tidak bisa dilintasi kendaraan," tulis TMC Polda Metro.

" 14:57 #Banjir 30-60 cm di wilayah Pluit Jakarta Utara.

Selain itu, genangan juga terjadi di depan SMA 37 Tebet, Jakarta Selatan, jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat. Namun di tempat-tempat itu dikabarkan sudah surut.

1 dari 4 halaman

Hujan Sejak Pagi, Sejumlah Ruas Jalan di Jakarta Tergenang

Dream - Hujan yang mengguyur Jakarta sejak pagi membuat sejumlah ruas jalan di ibu kota tergenang.

Menurut informasi yang dirilis akun Twitter TMC Polda Metro Jaya, @TMCPoldaMetro, sejak pukul 10.01 WIB dilaporkan terjadi genangan di Jalan Agung Karya 6, Sunter, Jakarta Utara.

" Ada genangan air sekitar 25 centimeter. Agar pengendara mencari alternatif jalan lain," tulis TMC Polda Metro Jaya.

Selain lokasi tersebut, TMC Polda Metro Jaya juga membagikan kondisi genangan air di Pintu Air Mangga Besar Gunung Sahari. Di lokasi tersebut ada genangan sekitar 10 hingga 20 sentimeter di sisi jalan dan masih bisa dilintasi pengendara.

Sementara itu, Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat, terpantau genangan air sekitar 15 sentimeter dan masih bisa dilintasi pengendara.

Laporan genangan air di pemukiman warga juga terlihat melalui laman petabencana.id. Seorang pengguna melaporkan adanya genangan di Jalan Cempaka Putih Tengah XV, Jakarta Pusat. Selain itu ada laporan genangan di Jalan Bahari I, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

 Peta Bencana© Istimewa

Sejumlah warganet juga membagikan kondisi dan situasi lalu lintas di sekitar wilayahnya di Instagram.

      View this post on Instagram

Jumat (24/01) Pantauan sejumlah wilayah menjelang siang hari ini. Harap lebih berhati-hati berkendara disaat hujan. - via @darisarch @anjarprasetyo23 @ananda.pj @fitraaarifbudiman @onat_dolby @hendriisulaiman @rinaaftrn @gemasaputera @santho95_ @zulfiputraji #jktinfo

A post shared by JAKARTA INFO (@jktinfo) on

2 dari 4 halaman

BMKG

Laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyebut hujan dengan intensitas sedang-lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang akan terjadi sejak pukul 10.40 di sejumlah wilayah di Jabobedatek.

Wilayah yang terdampak diantaranya, Kemayoran, Cempaka Putih, Kalideres, Benda, Pulo Gadung, Menteng, Senen, Johar Baru, Sawah Besar, Gambir, Tambora, Tamansari, Grogol Petamburan, Cengkareng, Kembangan, Kebon Jeruk, Palmerah, Tanah Abang, Setiabudi, Tebet, Kelapa Gading, Tanjung Priok, Pademangan, Penjaringan, Koja, Cilingcing, Cakung, Tangerang, Jati Uwung, Cipondoh, Batuceper, Cikupa, Curug, Pasarkemis, Tarumajaya, Babelan, Matraman, Muaragembong, Cabangbungin, Tambelang, Cilandak, Pondok Aren, Ciledug, Pesanggrahan, Duren Sawit, Jatinegara, Kebayoran Lama, Kebayoran Baru, Mampang Prapatan, Pancoran, Kramat Jati, Makasar, Bekasi Barat, Teluknaga, Kosambi, Sepatan, Pakuhaji, Balaraja, Serpong, Legok, Ciputat, dan sekitarnya.

Dan dapat meluas ke wilayah Pasar Minggu, Parungpanjang, Bekasi Utara, Bekasi Selatan, Bekasi Timur, Jatiasih, Pondok Gede, Cipayung, Ciracas, Pasar Rebo, Jaga Karsa, Limo, Beji, Rajeg, Tambun, Pebayuran, Sukatani, Cikarang, Cibitung, Lemahabang, Kedung Waringin, Serang, Setu, Bantargebang, Gunung Sindur, Sawangan, Pancoranmas, Sukmajaya, Cimanggis, Gunung Putri, Mauk, Rumpin, Parung, Bojonggede, Cibinong, Cileungsi, Cisoka, Tigaraksa, Kresek, Kronjo, Pamulang, Tenjo, dan sekitarnya.

Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pkl.13:00 WIB.

3 dari 4 halaman

Cerita Yuni Shara Cari Celana Sedapatnya Sebelum Foto Banjir Viral

Dream - Foto Yuni Shara yang tetap kece di tengah banjir di dalam rumahnya sempat viral saat tahun baru lalu. Yuni yang terlihat mengenakan koas biru dipadu celana pendek dan boots dengan merek terkenal, sempat menjadi perbincangan.

Kenapa? Karena ia tetap tampil stylish di saat rumahnya terendam. Tapi, apa kata Yuni soal fotonya yang viral ketika kebanjiran itu?

" Saya ngambil celana sedapatnya. Kondisinya udah naik airnya, nyari baju sedapatnya. Nyari celana pendek, karena enggak mungkin pake celana panjang karena basah," kata Yuni Shara di kawasan Grogol, Jakarta Barat, Rabu, 15 Janusri 2020.

Padahal menurut Yuni, foto itu tidak terlihat bagus. Malah ia mengaku belum siap difoto. Karena kondisi rambutnya tidak disisir.

" Daripada badan lengket saya mandi, saya keramas dan itupun belum nyisir.  Terus mengenai sepatu itu sepatu yang sudah 10 tahun, itu sepatu khusus hujan atau banjir," ucap Yuni.

Menurut Yuni, sepatu boots bermerk Burberry yang sempat dibicarakan warganet sudah dimiliki sejak lama. Dan memang digunakan khusus saat banjir.

" Biasanya sepatu itu saya pake kalau saya turun bantuin orang-orang yang lagi terkena musibah banjir,. Biasanya saya nolongin mereka tapi tahun ini saya nolongin diri sendiri," ungkap dia.

Lalu, apa rasanya viral? 

" Ya Allah saya ngga ngerti ternyata viral tuh kayak gitu. Maksudnya dibicarakan tapi dengan kondisi yang tidak siap, yang ngga bakalan tahu kalau foto itu bakal diomongin," ujar mantan kekasih Raffi Ahmad ini. 

4 dari 4 halaman

Rumah Kebanjiran, Pose Yuni Shara Bikin Salfok

Dream - Sejumlah wilayah Jakarta mengalami banjir akibat hujan yang turun sejak dini hari tadi. Sejumlah pemukiman pun terendam air.

Demikian pula dengan rumah artis Yuni Shara. Air sampai masuk ke lantai satu kediaman penyanyi yang juga kakak kandung Krisdayanti tersebut.

Yuni pun mengunggah foto ketika rumahnya kebanjiran. Air yang masuk ke rumah Yuni memiliki ketinggian muka di atas mata kaki.

" Alhamdulillah.. Thank you 2019. Welcome 2020,"  tulis Yuni di akun Instagramnya, @yunishara36.

  Yuni Shara© Instagram

Yuni Shara (Foto: Instagram @yunishara36.

Unggahan tersebut mendapat komentar dari netizen. Tetapi, sebagian justru memberikan tanggapan seputar pose Yuni.

Yuni tampak mengenakan celana pendek denim dipadu kaos bergaris warna biru dan putih. Sedangkan kakinya berbalut sepatu ukuran betis.

" Kerenn mba Yuni banjir msh ayu sy banjir dah puanikkk,"  tulis @ane.dianesae.

" MasyaAllah.. turut prihatin,"  tulis @memes605.

" Kebanjiran tetap kece mbak,"  tulis @rachmawatty_

Beri Komentar
Video Kondisi Terkini WNI dari Wuhan di Natuna