Warga Pamulang Digegerkan Orang Minta Ginjal ke Siswa SD

Reporter : Maulana Kautsar
Senin, 11 November 2019 18:00
Warga Pamulang Digegerkan Orang Minta Ginjal ke Siswa SD
Polisi belum menerima laporan resmi.

Dream - Wali murid Sekolah Dasar (SD) di Pamulang, Tangerang Selatan, Banten geger karena kehadiran orang tak dikenal (OTK) yang meminta ginjal ke para siswa. Salah satu sekolah yang mendapat sasaran teror yaitu SDN 02 Bambu Apus Pamulang.

Berdasarkan keterangan orang tua siswa, kejadian itu dialami para siswa beberapa pekan terakhir. Salah seorang wali murid, Ita, mengatakan, putranya sempat didatangi orang tidak dikenal usai pulang sekolah pada Jumat, 8 November 2019 lalu.

" Ternyata anak saya juga didatangi OTK jumat kemarin, selepas pulang sekolah jam 11.00 WIB. Saya tahu setelah dia sampai rumah dalam wajah ketakutan," ucap Ita, dilaporkan Merdeka.com, Senin, 11 November 2019.

Dari pengakuan putranya, orang yang meminta ginjal itu menggunakan sepeda motor. Pelaku menggunakan helm dan penutup wajah.

" Kata anak saya, dia kira orang itu mau menanyakan alamat, tapi malah orang itu mengancam mau mengambil ginjal dan anak saya lari ketakutan," ujar dia.

1 dari 7 halaman

Polisi Belum Menerima Laporan Resmi

Kepala SDN Bambu Apus 02, Ube Zubaedah mengatakan telah menerima laporan mengenai ancaman pengambilan ginjal tersebut.

" Kita sudah menerima laporan. Langkah awal kita minta orang tua untuk menjemput anaknya saat pulang sekolah. Kita dari pihak sekolah juga sudah memperketat," ucap Ube.

Polsek Pamulang yang dikonfirmasi mengaku baru akan menelusuri informasi itu. Saat ini, jajaran Kepolisian masih mengorek keterangan, terkait kebenaran informasi tersebut.

Kapolsek Pamulang Kompol Hadi menerangkan, jajarannya belum menerima laporan resmi atas adanya informasi tersebut.

" Belum ada laporan resmi ke Polsek, sedang dicek ke sekolahan sama anggota," ucap Hadi.

" Masih pengecekan sejauh mana kebenaran informasi tersebut. Kami pastikan kebenaran informasinya dan kejadian sebenarnya seperti apa," ujar dia.

Sumber:

2 dari 7 halaman

Anak Juga Bisa Alami Masalah Ginjal, Yuk Bunda Kenali Gejalanya

Dream - Ginjal adalah salah satu organ paling penting dalam tubuh manusia, selain jantung, otak dan hati. Fungsinya adalah menyaring darah dan penghasil hormon. Saat ginjal bermasalah, tentu saja akan berdampak pada kerja seluruh organ.

Masalah ginjal ini bukan hanya terjadi orang dewasa tapi juga anak-anak. Biasanya, pada anak masalah ginjal terjadi karena bawaan lahir yaitu gangguan ginjal akut dan dan gangguan ginjal kronik.

" Gangguan ginjal akut adalah gangguan ginjal yang terjadi secara tiba-tiba sedangkan gangguan ginjal kronik adalah gangguan di mana terjadi penurunan fungsi ginjal anak secara perlahan selama kurun waktu 3 bulan atau lebih," ujar dr. Eka Laksmi Hidayati, spesialis anak di Jakarta, Selasa 13 November.

Gangguan ginjal akut terjadi akibat penyumbatan sistem penyaringan ginjal oleh sel darah merah yang hancur, trauma luka bakar, dehidrasi, pendarahan, cidera atau operasi.

Anak-anak yang memiliki gangguan ginjal kronik akan mengalami penurunan fungsi penyaringan kotoran, kontrol jumlah air dalam tubuh, serta kadar garam dan kalsiun dalam darah.

Akibatnya zat-zat metabolisme yang tidak berguna akan tetap tinggal dan mengendap pada tubuh anak sehingga semakin lama akan membahayakan kondisi kesehatan.

3 dari 7 halaman

Gejala Masalah Ginjal Pada Anak

Apa saja gejala adanya masalah ginjal pada anak? Gangguan ginjal umumnya memiliki tanda dan gejala diantaranya yaitu keram otot dan kejang otot, gangguan tidur, kulit gatal, menurunnya ketajaman mental, tekanan darah tinggi yang sulit di kontrol, nyeri pada dada, pembengkakkan, mual dan muntah.

 Hikmah Tak Mencela Sakit Demam pada Anak

Disertai hilangnya nafsu makan, lemah dan lesu, sesak nafas, sakit perut, masalah mulut, frekuensi buang air kecil yang meningkat, mati rasa, dan kesemutan.

Gangguan ginjal juga akan membaut penyakit dan kondisi kesehatan lain terganggu salah satunya yaitu hipertensi. " Hipertensi, pendarahan pada ginjal, gangguan pada saluran kemih, diabetes, infeksi ginjal berulang bisa terjadi akibat gangguan pada ginjal," ujar dr . Eka Laksmi Hidayati

Penting untuk segera memeriksakan anak, jika mengalami gejala-gejala demikian. Hal ini agar tindakan medis dan pengobatan jadi lebih efektif.


Laporan Ava Haprin

4 dari 7 halaman

3 Cara Mencegah Batu Ginjal yang Alami dan Mudah Diterapkan

Dream - Batu ginjal menjadi salah satu penyakit ginjal yang umum terjadi. Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan mineral dalam ginjal yang mengganggu kinerja ginjal dan menyebabkan rasa sakit pada saat Buang Air Kecil (BAK).

Gejala batu ginjal tidak langsung tampak begitu terkena penyakit ini. Bahkan penyakit ini tidak menunjukkan gejala pada beberapa tahun pertama.  Gejala justru muncul setelah batu ginjal menjadi lebih parah.

Rasa sakit pada bagian samping perut dan punggung menjadi tanda yang paling umum terjadi akibat penyakit yang satu ini. Selain itu, rasa sakit seperti terbakar saat kencing juga menjadi gejala batu ginjal dalam tahap yang lebih serius.

Untuk mencegah batu ginjal, bisa dimulai dengan menerapkan pola hidup sehat dan melakukan perawatan tubuh secara alami. Seperti 3 cara mencegah batu ginjal berikut ini.

5 dari 7 halaman

Cara Mencegah Batu Ginjal dengan Cairan yang Cukup

 Air Mineral

Cairan yang cukup dalam tubuh menjadi kunci utama untuk mencegah batu ginjal. Hal ini disebabkan karena cairan yang cukup akan membuat produksi urine dalam ginjal menjadi normal dan sistem ekskresi bisa melakukan pembuangan zat-zat tak penting dalam tubuh secara lancar.

Zat-zat tak penting dalam ginjal akan dibuang bersama urine, oleh sebab itu tubuh membutuhkan banyak air untuk memperlancar eksresi, sehingga tidak ada yang tertinggal dan mengendap dalam ginjal. Kurangnya produksi urin akan mempengaruhi konsentrasi garam dalam urin dan menyebabkan penumpukan mineral dalam ginjal.

Setidaknya minum 8 gelas air dalam satu hari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Tidak hanya untuk kesehatan ginjal dan mencegah batu ginjal saja, cairan yang cukup akan memperlancar peredaran darah dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

6 dari 7 halaman

Cara Mencegah Batu Ginjal dengan Konsumsi Kalsium

 Susu Rendah Lemak

Cara mencegah batu ginjal selanjutnya ialah dengan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung kalsium. Sebagian orang berpikir untuk menjaga kesehatan ginjal, harus menghindari makanan berkalsium karena batu ginjal disebabkan oleh penumpukan kalsium.

Faktanya, kekurangan kalsium justru dapat menyebabkan risiko batu ginjal semakin meningkat, tidak hanya itu risiko osteoporosis juga akan meningkat. Dan, perlu diketahui pula, kelebihan kalsium juga tidak baik untuk kesehatan.

Oleh sebab itu, konsumsi kalsium harus cukup sesuai dengan kebutuhan nutrisi harian tubuh. Dan untuk mendapatkan asupan kalsium yang cukup, Sahabat Dream bisa mengonsumsi makanan seperti susu rendah lemak, keju rendah lemak dan yogurt rendah lemak.

7 dari 7 halaman

Cara Mencegah Batu Ginjal dengan Obat Herbal

 Tumbuhan Herbal

Cara mencegah batu ginjal yang terakhir ialah mengonsumsi obat dan produk herbal yang aman. Salah satu tumbuhan herbal yang bermanfaat untuk mencegah batu ginjal ialah Chanca Piedra yang juga dikenal sebagai tanaman pemecah batu ginjal.

Selain rajin mengonsumsi produk herbal, Sahabat Dream juga dapat mencegah batu ginjal dengan menghindari konsumsi vitamin C yang berlebihan. Suplemen vitamin C yang banyak kita jumpai, dapat meningkatkan risiko batu ginjal, karena dapat mengendap dalam ginjal.

Kunci utama untuk mencegah batu ginjal ialah menerapkan gaya hidup sehat, diikuti dengan pola makan yang sehat dan olahraga yang cukup. Apabila semua cara mencegah batu ginjal di atas dilakukan dengan baik ditambah dengan pola hidup sehat, tentu batu ginjal tidak akan menyerang tubuh kita. (mut)

Sumber: Healthline

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik