Benarkah Aladdin yang Asli Berasal dari China?

Reporter : Maulana Kautsar
Senin, 11 November 2019 07:00
Benarkah Aladdin yang Asli Berasal dari China?
Baca penjelasannya.

Dream - Tokoh Aladdin kerap dihubungkan dengan kisah Seribu Satu Malam yang berkembang di Timur Tengah atau India. Sosok Aladdin sebagai kisah dari padang pasir makin melekat ketika Disney membuat kartun dan filmnya.

Tapi, kisah Aladdin konon bukan berasal dari daratan Negeri Tirai Bambu, China. Apa alasannya?

Laman World of Buzz punya sejumlah alasan. Salah satunya yang menyebut bahwa kisah Seribu Satu Malam tidak hanya bersumber dari Timur Tengah.

Kisah itu berasal dari Afrika Utara, Arabia, Turki, Persia, India, dan Asia Timur.

Pada 1712, versi bahasa Arab kisah Seribu satu Malam diterjemahkan ke bahasa Perancis oleh akademisi, Antoine Galland.

 

1 dari 4 halaman

Kisah Berubah Karena Galland

Selama penerjemahan, Galland menambahkan beberapa kisah yang dibagikan seorang warga Suriah bernama Hanna Diyab, yaitu Aladdin dan Lampu Ajaib.

Meski demikian, Diyab dan Galland tak tahu asal muasal kisah tersebut. Paulo Lemos Horta, penulis Marvellous Thieves: Secret Authors of the Arabian Nights pernah menyebut mengenai kisah ini.

" Kita nggak tahu bagaimana Diyab mengembangkan kisah ini apakah mengombinasikan elemen yang dia dengar dari pencerita lain di Aleppo atau selama perjalanan dari Mediteranian ke Paris, atau mungkin dia mendengar seluruh kisah yang bentuk dan tercatat dalam manuskrip atau dia menemukan manuskrip dan diberikan ke Galland," kata Paulo.

Muncul dugaan, Aladdin buatan Galland berlatar geografi di China tapi melakukan praktik dan budaya Arab. Ilmuwan dari Centre of Islamic Studies of the University of Cambridge, Arafat A Razzaque menunjukkan bahwa deskripsi mengenai karakter tanah eksotik di Arab tersebut merupakan China.

Oleh karena itu, dua teks tertulis, terjemahan Prancis dan terjemahan bahasa Inggris Richard Burton 1885, tentang Aladdin dan Lampu Ajaib membuktikan bahwa kisah itu terjadi di China. Tapi, praktik-praktik Islam, seperti sholat malam dan nama-nama karakter Arab dalam cerita itu memberi para pembaca lebih banyak gambaran Timur Tengah.

2 dari 4 halaman

Kesan Arabia Muncul

Ini dapat dibenarkan karena fakta Islam dan praktik-praktiknya diperkenalkan ke China pada 616-618 oleh sahabat Nabi Muhammad.

Dalam cerita Disney, tokoh Aladdin didramatisasi sebagai sosok yatim piatu yang bertahan hidup di jalanan. Tapi, yang sebetulnya, dalam artikel National Geographic, berjudul Top Ten Things You Didn`t Know About Aladdin, disebut bahwa sosok pemilik kera bernama Ali itu punya orang tua.

Meskipun ayahnya meninggal, ibunya, yang adalah seorang janda miskin, masih hidup dan dia adalah orang pertama yang menggosok lampu yang melepaskan jin.

Rupanya, ayah Aladdin meninggal karena dia (Aladdin) tidak ingin belajar perdagangan. Bukan hanya itu tetapi kisah asli Aladdin tidak memiliki satu tetapi dua jin, satu dari lampu ajaib dan satu lagi dari cincin ajaib. Dia bisa membuat lebih dari tiga keinginan.

 

3 dari 4 halaman

Versi Asli?

Berikut delapan hal yang konon menjadi kisah Aladdin versi asli.

1. Ada tiga penjahat dalam cerita itu. Salah satunya, seorang penyihir jahat Afrika yang mengklaim sebagai paman Aladdin, tetapi motif sebenarnya yaitu mencuri lampu ajaib.

2. Dua yang lain yaitu saudara penyihir jahat dan putra wazir yang bertunangan dengan sang putri.

3. Tidak seperti Jasmine, sang putri (Badr al-Budur) sudah bertunangan dengan putra wazir. Tapi, Aladdin masih mengejarnya.

3. Aladdin menghujani Sultan dan puteri dengan hadiah-hadiah mewah. Sementara Sultan menerima hadiah, dia masih menikahkan sang putri dengan putra wazir.

4. Aladdin kemudian menculik pengantin pria dan memenjarakannya selama dua malam.

 

4 dari 4 halaman

Menyimpan Jin

5. Dia menahannya sampai putra wazir memohon agar pernikahannya dibatalkan dan Sultan setuju.

6. Karena sang putri tidak lagi menikah, Aladdin mengejarnya lagi.

7. Aladdin membuat sang putri dan ayahnya terkesan dengan hadiah-hadiah mewas berupa emas, permata, istana, pelayan, prajurit, dan kuda-kuda bagus yang didapat berkat bantuan jin.

8. Dia berhasil menikahi sang putri dan tidak seperti Disney's Aladdin, dia menyimpan jin, sehingga dapat memberinya lebih banyak keinginan.

Beri Komentar
4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian