Benarkah Matahari Mengelilingi Bumi Menurut Alquran?

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 31 Januari 2018 19:01
Benarkah Matahari Mengelilingi Bumi Menurut Alquran?
Banyak umat Islam yang meyakini teori matahari mengelilingi bumi.

Dream - Teori tentang bumi dan matahari sudah menjadi perdebatan sejak lama. Satu teori menyebut matahari mengelilingi bumi sempat menguatkan, lalu terbantahkan oleh teori yang menyatakan bumi berputar mengelilingi matahari.

Perdebatan ini terjadi tidak hanya di komunitas ilmiah. Para ulama Islam pun juga terlibat dalam perdebatan ini.

Belakangan, teori matahari mengelilingi bumi kembali menguat. Sebagian umat Islam mendukung teori ini dengan mengambil dasar pada beberapa ayat Alquran.

Lalu, benarkah Alquran menyatakan matahari mengelilingi bumi?

Dikutip dari laman rumah fiqih Indonesia, Ustaz Ahmad Sarwat Lc., membenarkan ada golongan ulama yang menyatakan matahari mengelilingi bumi berdasarkan keterangan Alquran. Salah satu adalah Syeikh Al Utsaimin.

Kemampuan dan keluasan pengetahuan Ibnu Utsaimin memang tidak diragukan. Meski begitu, bukan berarti pendapat-pendapat Ibnu Utsaimin selalu benar.

Apa yang disampaikan Ibnu Utsaimin merupakan persoalan umum terkait dengan fenomena alam yang dibahas dalam Alquran melalui isyarat. Artinya, penjelasan yang tercantum dalam Alquran bersifat eksplisit.

Jika diteliti lebih mendalam, sebenarnya tidak ada satupun ayat Alquran yang secara tegas menyatakan matahari mengelilingi bumi. Hanya ada penjelasan matahari bergerak, beredar, terbit, terbenam, condong, pergi, datang, dan sejenisnya.

Contohnya seperti pada Surat Ibrahim ayat 33.

Dan Dia telah menundukkan bagimu matahari dan bulan yang terus menerus beredar; dan telah menundukkan bagimu malam dan siang.

Juga pada Surat Yasin ayat 40.

Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya.

Selengkapnya...

(ism) 

 

Beri Komentar