CONNECT WITH US!

Inilah Kaum yang Pernah Dikutuk Jadi Kera

Reporter : Puri Yuanita | Jumat, 6 Januari 2017 09:01
Ilustrasi

Dream - Pernahkah mendengar tentang kisah manusia yang dikutuk menjadi kera? Ternyata kisah tentang kutukan tidak hanya isapan jempol belaka. Namun benar-benar bisa terjadi atas izin-Nya. Seperti kisah kaum yang pernah dikutuk menjadi kera berikut ini.

Bukan sebuah kisah karangan yang kemudian menjadi buah bibir masyarakat. Namun tertulis dalam Alquran yang tidak ada keraguan di dalamnya. Kutukan ini terjadi karena mereka terlalu sombong atas segala yang diperintahkan Allah SWT.

Kisah ini diceritakan dalam surat Al-A'raf ayat 166. Bahwa mereka dikutuk menjadi kera yang hina. Persitiwa tersebut terjadi sebelum kehidupan Nabi Muhammad SAW. Lantas, bagaimanakah nasib kaum ini? Berikut ulasannya.

Manusia yang dikutuk menjadi kera seperti dikisahkan dalam Alquran ternyata adalah bangsa Bani Israil. Menurut para mufassir ternyata manusia yang dikutuk tersebut ialah kaum dari bangsa Yahudi. Mereka hidup pada masa jauh sebelum lahirnya Nabi Muhammad SAW.

Meski demikian, tidak semua dari kaum itu dikutuk menjadi kera. Mereka yang dikutuk tersebut karena memiliki sifat sombong atas segala perintah yang diberikan oleh Allah SWT dan juga mereka yang melanggar perjanjian. Allah Ta'ala berfirman:

" Maka tatkala mereka bersikap sombong terhadap apa yang dilarang mereka mengerjakannya, Kami katakan kepadanya: 'Jadilah kamu kera yang hina'." (QS. Al-A'raf ayat 166)

Ulasan selengkapnya baca di sini.   (Ism) 

Kirimkan kisah nyata inspiratif di sekitarmu atau yang kamu temui ke komunitas@dream.co.id dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi 



Rekam Jejak Korupsi Setya Novanto