Ajarkan Buah Hati Melakukan Amalan Penting Saat Maulid Nabi

Reporter : Mutia Nugraheni
Minggu, 2 Oktober 2022 18:01
Ajarkan Buah Hati Melakukan Amalan Penting Saat Maulid Nabi
Untuk membuat buah hati lebih mengenal dan dekat Rasulullah ada banyak amalan yang bisa dilakukan.

Dream - Hari lahir Nabi Muhammad SAW selalu dinanti oleh seluruh umat muslim di dunia. Di Indonesia, pada 12 Rabiul Awal biasanya banyak digelar pengajian, gelaran salawat bersama, juga perayaan yang melibatkan anak-anak agar lebih mengenal Rasul-Nya.

Pada 2022 ini, Maulid Nabi Muhammad jatuh pada 8 Oktober 2022. Untuk membuat buah hati lebih mengenal dan dekat Rasulullah ada banyak amalan yang bisa dilakukan. Antara lain memperbanyak membaca salawat, membacakan cerita-cerita Nabi pada si kecil dan juga mengajaknya bersedekah seperti yang dicontohkan Rasul

Dikutip dari BincangSyariah.com, bisa juga dengan khataman Alquran bersama-sama, atau mengadakan santunan anak yatim piatu dan dhuafa. Imam Suyuthi di dalam kitabnya Husnul Muqshid Fi Amalil Maulid mengutip pendapat imam Ibnu Hajar terkait perayaan kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Husnul Muqshid Fi Amalil Maulid© Bincang Syariah


Artinya: Adapun amalan yang dapat dilakukan di dalam maulid Nabi SAW maka disunnahkan melakukan sebatas amalan yang dapat dipahami sebagai rasa syukur kepada Allah swt. Seperti contohnya sebagaimana telah disebutkan yakni membaca Al-Qur’an, memberikan makanan, shadaqah, dan menyanyikan pujian-pujian tentang kenabian dan kezuhudan yang dapat menggerakkan hati untuk melakukan kebaikan dan amalan untuk akhirat.

 

1 dari 5 halaman

Lebih lanjut, Imam Suyuthi juga memberikan keterangannya bahwa Imam Al-Baihaqi meriwayatkan hadis dari Anas bin Malik. Yaitu Nabi Muhammad mengakikahi dirinya sendiri setelah masa kenabian, padahal beliau telah diakikahi oleh kakeknya di hari ketujuh setelah kelahirannya.

Hal ini menunjukkan bahwa apa yang dilakukan oleh Nabi SAW tersebut sebagai wujud ekspresi syukur beliau kepada Allah yang telah menjadikannya sebagai rahmat bagi seluruh alam.

Oleh karena itu, menurut Imam Suyuthi disunnahkan juga bagi umat Islam untuk menampakkan rasa syukur atas kelahiran Nabi Muhammad dengan berkumpul bersama, memberikan makanan pada kerabat muslim serta aktivitas yang mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Penjelasan selengkapnya baca di sini.

2 dari 5 halaman

Doa Sebelum Belajar di Sekolah beserta Adabnya Menurut Islam

Dream – Tiada hari tanpa belajar, inilah pepatah yang semestinya menjadi jargon para siswa. Tak hanya untuk yang masih bersekolah di lembaga formal, orang yang sudah selesai sekolah pun masih perlu belajar hingga akhir hayatnya.

Khusus para siswa di sekolah, belajar adalah hal yang wajib dilaksanakan. Biasanya sekolah memiliki sistem pembelajaran yang bertujuan mengembangkan bakat dan minat siswanya. Selain mencetak generasi yang cerdas secara akademik, lembaga pendidikan juga harus mencetak generasi muda yang berakhlak mulia.

Inilah mengapa para siswa perlu diajarkan betapa pentingnya berdoa. Membiasakan para siswa untuk berdoa setiap akan belajar adalah hal yang perlu dilakukan. Maka dari itu, lafal doa sebelum belajar di sekolah penting diketahui oleh para guru dan murid. Hal ini penting agar guru bisa mengajarkan kepada siswanya tentang doa sebelum belajar di sekolah.

3 dari 5 halaman

Agar ilmu yang dipelajari menjadi cahaya bagi kehidupan, para siswa dianjurkan membaca doa sebelum belajar di sekolah. Doa sebelum belajar di sekolah ini dipanjatkan dengan tujuan meminta kemudahan kepada Allah agar mampu memahami materi yang akan dipelajari.

Kumpulan Doa Sebelum Belajar di Sekolah

1. Rodlittu billahi robba, wabil islaamidiinaa, wabimuhammadin nabiyyaa warasuula, robbi zidnii ilmaan warzuqnii fahmaan.

Artinya:

" Kami rida bahwa Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, serta Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah terhadapku ilmu serta berikanlah aku pengertian yang baik."

 

2. Allahumma akhrijnaa min dzulumaatilwahmi wa akrimnaa binuuril fahmi waftah ’alainaa bima’rifatika wasahhil lanaa abwaaba fadl-lika ya arhamar raahimiin.

Artinya:

" Ya Allah, bebaskanlah kami dari segala kegelapan prasangka, muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu kepada kami serta bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Zat Yang Maha Penyayang."

4 dari 5 halaman

3. Robbi zidnii ‘ilman warzuqnii fahmaa, waj’alnii minash-shaalihiin.

Artinya:

" Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu serta berilah aku kemampuan untuk memahaminya, serta jadikanlah aku termasuk golongan dari hamba-Mu yang saleh."

 

4. Rabbanaa aatinaa milladunka rohmatan, wahayyi’ lanaa min amrinaa rosyadaa.

Artinya:

“ Ya Tuhanku, berikanlah kepada kami rahmat-Mu, dan sempurnakan atas kami petunjuk yang benar dalam urusan kami."

 

5. Rabbish-rohli shodrii, wa yassir-lii amri, wahlul 'uqdatammin-lisaani, yafqahu qauli.

Artinya:

“ Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku."

5 dari 5 halaman

Belajar merupakan kewajiban setiap manusia, termasuk orang Mukmin. Selain membaca doa sebelum belajar di sekolah, kaum Muslim juga perlu memerhatikan adabnya.

Adab belajar di sekolah penting diketahui dan diamalkan oleh setiap siswa yang menginginkan keberkahan ilmunya. Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya untuk beradab dalam mencari ilmu di sekolah. Sebagaimana hadis riwayat Thabrani:

“ Belajarlah kamu semua, dan mengajarlah kamu semua, dan hormatilah gurugurumu, serta berlaku baiklah terhadap orang yang mengajarkanmu.” (HR. Tabrani)

Secara umum, adab belajar di sekolah menurut Islam adalah sebagai berikut:

  • Memperbaiki niat ikhlas belajar untuk ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  • Membiasakan diri membaca doa sebelum belajar di sekolah agar dimudahkan oleh Allah dalam memahami materi pelajarn.
  • Mendengarkan dengan sungguh-sungguh penjelasan guru.
  • Tidakk memotong penjelasan guru kecuali diizinkan terlebih dahulu.
  • Apabila ingin keluar kelas saat waktu pelajarn berlangsung, hendaknya meminta izin kepada guru yang mengajar.
  • Senantiasa menjaga ketenangan dan kebersihan lingkungan kelas agar belajar mengajar berlangsung nyaman.
  • Apabila mata pelajaran telah usai, periksa buku dan alat tulis agar tidak tertukar maupun tertinggal di kelas.
  • Jangan sampai membawa pulang barang milik orang lain, kecuali sudah mendapatkan izin pemiliknya.
  • Memerhatikan nasehat guru dan mengamalkan nasehat yang positif.
  • Senantiasa menghormati dan menghargai pengorbanan guru.
  • Bersikap sopan dan santun saat berbicara kepada guru.
  • Mematuhi nasehat guru.
  • Selalu disiplin saat belajar di kelas maupun luar kelas.
  • Belajar dengan tekun dan istiqamah.
  • Tidak tergoda aktivitas lain yang mengganggu kegiatan belajar.
  • Tidak mudah menyerah dalam memahami materi pelajaran.
  • Memanjatkan doa setelah belajar.

Itulah kumpulan bacaan doa sebelum belajar di sekolah beserta adab belajar menurut Islam. Sahabat Dream harus memerhatikan adabnya, agar ilmu yang didapat di sekolah bisa memberikan keberkahan dalam kehidupan. Sehingga kamu bisa menguasai materi pelajaran tanpa mengabaikan adab-adab dalam belajar dan adab kepada guru. Itulah salah satu manfaat dari membaca doa sebelum belajar di sekolah.

Beri Komentar