Backdrop TV Sekaligus Jadi Sekat, Rumah Jadi Rapi dan Fungsional

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 20 Maret 2023 11:48
Backdrop TV Sekaligus Jadi Sekat, Rumah Jadi Rapi dan Fungsional
Bisa jadi inpirasi bagi Sahabat Dream untuk membuat sekat fungsional.

Dream -  Sekat pada rumah seringkali tak dipikirkan secara detail, padahal efeknya begitu signifikan pada suasana rumah. Bila memasang sekat tembok, sementara ruangan tak terlalu luas, maka akan terasa sempit.

Bila tanpa sekat, privasi tak terlindungi dengan baik. Salah satu cara untuk menyiasatinya adalah dengan membuat sekat fungsional. Seperti yang dilakukan pemilik akun Instagram @rumahsemak, pada huniannya.

Ia membagikan ide di Instagramnya, membuat backdrop televisi sekaligus sekat untuk membatasi pandangan pintu kamar dan kamar mandi. 

Sekat sekaligus backdrop© Instagram @rumahsemak

Hasilnya suasana rumah jadi tampak fresh dan estetik. Backdrop yang dipilih juga berwarna kayu terang. Kabel-kabel televisi disembunyikan di balik backdrop sehingga terlihat rapi.

1 dari 5 halaman

Sekat Bisa Dibuka

Sekat© Instagram @rumahsemak

Untuk sekatnya bisa dibuka tutup sesuai kebutuhan, tapi hanya di area paling kanan. Dibuat seperti pintu berengsel, sangat praktis.

Privasi terlindungi, sekat pun sangat fungsional Cocok untuk rumah mungil yang tak mau membuat sekat tembok karena terlalu kaku dan bikin sempit.

Sekat© Instagram @rumahsemak

Ide bagus ya, Sahabat Dream.

2 dari 5 halaman

Sekat Ruangan Model Jendela, Suasana Jadi Tak Kaku

Dream - Sekat dalam sebuah sebuah rumah sangat dibutuhkan untuk privasi dan membedakan fungsi tiap area. Tanpa sekat, rumah memang cenderung terbuka dan berkesan berantakan. Untuk rumah mungil, biasanya sekat dihindari karena akan memberi kesan sempit.

Ada juga yang memilih menggunakan partisi kayu yang bisa dibuka dan dilipat sesuai kebutuhan. Satu lagi yang bisa dipertimbangkan jika Sahabat Dream ingin membuat sekat di rumah, yaitu model jendela, seperti pada rumah pemilik akun Instagram @gubuk_asa.

Ia membuat sekat antara ruang keluarga dan dapur dengan tembok yang tidak penuh. Bagian yang paling luar dipasang list kayu seperti model jendela.

Sekat ruangan© Instagram @gubuk_asa

Bagian dapur berupa lemari dan kompor tertutup tembok, sementara sisinya masih terlihat dari sekat kayu. Hal ini membuat ruangan jadi tak kaku dan terang. Pasalnya, sinar bisa menyebar dari depan dan belakang ke tiap ruangan lebih maksimal.

3 dari 5 halaman

Tone Warna yang Sama

sekat© Instagram @gubuk_asa

Warna yang dipilih juga memiliki perpaduan yang sama, yaitu kayu, putih dan light grey. Membuat ruangan tetap menyatu dan tampak fresh.

Sekat© Instagram @gubuk_asa

Untuk tampilan dari dapur, juga ditata dengan apik dengan warna yang masih senada. Sekat list kayu model jendela ini bukan hanya mempermanis ruang tamu, tapi juga pemandangan dari dapur. 

Ide seru yang bisa diterapkan di rumah, Sahabat Dream.

4 dari 5 halaman

Cakep Banget, Ruang Tamu Mungil dengan Sekat Akuarium

Dream - Ruang tamu dalam sebuah rumah jadi area yang penting. Tentunya kita ingin menerima tamu dengan nyaman dan sopan. Biasanya yang jadi kendalan adalah keterbatasan lahan.

Termasuk membuat sekat untuk melindungi privasi. Bagi Sahabat Dream yang ingin menata ruang tamu mungil dengan apik bisa meniru rumah pemilik akun Instagram @dhouse_dzds.

Instagram @dhouse_dzds.© Instagram @dhouse_dzds.

 

Foto : Instagram @dhouse_dzds.

5 dari 5 halaman

Ukuran ruang tamunya sekitar 3 m x 2 m. Furniturnya dibuat costumized dengan dilengkapi penyimpanan di bagian bawahnya. Mejanya juga disesuaikan dengan kebutuhan dengan lapisan di bawahnya yang bisa ditarik.

Instagram @dhouse_dzds.© Instagram @dhouse_dzds.

Foto:  Instagram @dhouse_dzds.

Untuk sekatnya yang memisahkan dengan area lain, dibuat lemari laci-laci berukuran sedang. Ruangan semakin manis dengan ditempatkannya aquarium yang juga sebagai pembatas sekaligus dekorasi.

Ruang tamu memang cukup mungil tapi bisa menampung 3 hingga 4 orang dengan cukup nyaman. Penataannya pun cukup manis dan fungsional dengan nuansa industrial. Bisa jadi inspirasi untuk menata ruang tamu mungil.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More