Bekas Operasi Caesar Terasa Gatal, Coba Redakan dengan Ice Gel

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 10 Agustus 2022 16:48
Bekas Operasi Caesar Terasa Gatal, Coba Redakan dengan Ice Gel
Dokter mengungkap rasa gatal muncul karena adanya kerusakan serabut saraf di area luka.

Dream - Bagi para ibu yang melahirkan dengan operasi caesar, ada proses penting setelahnya, yaitu penyembuhan luka operasi. Setelah pulang ke rumah, tiga hari setelahnya penting untuk melakukan kontrol ke dokter untuk tahu proses penyembuhannya.

Luka bekas operasi caesar memiliki risiko infeksi, untuk itu pemeriksaan sangat penting dilakukan. Selama proses penyembuhan luka operasi, salah satu keluhan yang kerap terjadi adalah rasa gatal hebat.

Muhammad Ilham Aldika Akbar, dokter spesialis kandungan, lewat akun Instagramnya @dr_aldi_obgyn, memberi penjelasan soal keluhan gatal di bekas operasi tersebut.memberi penjelasan soal keluhan gatal di bekas operasi tersebut. Ia mengungkap rasa gatal muncul karena adanya kerusakan serabut saraf di area luka.

" Ketika operasi caesar maka akan dilakukan insisi (sayatan), di daerah perut. Ini biasanya akan merusak serabut saraf di daerah kulit tersebut sehingga ketika terjadi penyembuhan luka, maka ini bisa menimbulkan rasa gatal," kata dr. Aldi dalam video yang diunggahnya.

 

1 dari 4 halaman

Pakai Ice Gel

Rasa gatal juga akan muncul ketika area bekas operasi mulai ditumbuhi rambut. Menurut dr. Aldi biasanya rasa gatal tak berlangsung lama, ketika penyembuhan sudah optimal, maka akan mereda.

ibu hamil© Shutterstock

" Umumnya tidak berlangsung lama ya, namun jika masih terasa gatal ada beberapa hal yang bisa dikerjakan. Pertama, tentu saja mempertahankan nutrisi yang sehat dengan banyak minum air dan menjaga kebersihan di area kulit," pesan dr. Aldi.

Ia juga mengingatkan untuk menghindari pakaian yang bisa mengiritasi luka operasi. Seperti pakaian yang terbuat dari bahan nylon atau polyester. Bila memang sangat gatal, hindari menggaruknya dengann kencang.

Menurut dr. Aldi, lebih baik gunakan ice gel dan tempelkan di area yang gatal selama beberapa menit. Jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter jika luka bekas operasi caesar mengalami keluhan lain dan sangat menggangu. 

2 dari 4 halaman

Berapa Kali Maksimum Operasi Caesar Bisa Dilakukan?

Dream - Banyak ibu hamil berharap bisa menjalani persalinan per vaginam atau normal, tapi ada faktor lain yang tak bisa dikontrol. Selama persalinan, ibu dan bayi bisa saja mengalami komplikasi serius yang bisa mengancam nyawa.

Dokter pun memiliki penilaian medis, mana persalinan yang berisiko dan mana yang tidak. Bila kondisi ibu dan janin sangat berisiko, operasi caesar bisa jadi solusi yang efektif.

Hal itu karena dokter cenderung bisa membuat perencanaan lebih baik untuk mengurangi risiko medis saat persalinan melalui operasi caesar. Mungkin para ibu yang sudah menjalani operasi caesar penasaran berapa kali maksimum operasi ini bisa dilakukan.

Berapa Kali Maksimum Operasi Caesar Bisa Dilakukan?© MEN

Terutama para orangtua yang masih ingin memiliki dua atau empat anak lagi. Pasalnya, selalu ada risiko medis pada operasi caesar.

Risiko tersebut bakal lebih besar di operasi selanjutnya, baik kedua dan ketiga.  Untuk menjawab pertanyaan berapa kali maksimum operasi caesar bisa dilakukan, ada banyak faktor-faktor penentunya.

 

3 dari 4 halaman

Ungkapkan Riwayat Medis

Kondisi tiap ibu dan riwayat medisnya berbeda sehingga tak bisa disamaratakan. Dokter biasanya akan melihat faktor risiko seperti riwayat komplikasi, proses pemulihan, kondisi rahim, kesehatan janin, termasuk apakah ada riwayat melahirkan normal setelah operasi caesar/ vaginal birth after caesarian (VBAC).

Setelah operasi caesar, ada ibu yang bisa melahirkan anak berikutnya melalui vagina, ini disebut VBAC. Jika ibu memiliki kehamilan berisiko rendah, prosedur ini memiliki tingkat keberhasilan 60 hingga 80 persen

Namun sebagian besar komunitas medis tidak merekomendasikan VBAC untuk ibu yang pernah menjalani dua atau lebih operasi caesar. Itu karena risiko ruptur uteri — robeknya bekas luka operasi caesar atau otot uterus yang dapat mengancam nyawa ibu dan bayi.

 

4 dari 4 halaman

Sangat Bergantung Pada Kondisi Ibu

Juga tidak ada aturan pasti tentang jumlah maksimal C-section yang dapat dilakukan pada seorang ibu. " Saya telah melakukan operasi caesar keenam pada seorang ibu tanpa komplikasi atau kesulitan, dan saya juga pernah melakukan operasi caesar kedua kali pada seorang ibu dengan banyak perlengketan dan potensi komplikasi," kata Jason S. James, MD, ketua Departemen Kebidanan dan Ginekologi di Baptist Rumah Sakit Miami.

Untuk membantu mencegah komplikasi, direkomendasikan menunggu setidaknya 6 bulan setelah operasi caesar sebelum hamil lagi. Dokter lain juga menyarankan setidaknya menunggu 18 sampai 24 bulan.

Pastikan konsultasi dengan dokter jika ingin hamil lagi setelah menjalani operasi caesar beberapa kali. Jika sudah hamil, pastikan pemeriksaan dilakukan secara detail agar kehamilan berjalan baik, ibu dalam kondisi sehat dan bayi lahir selamat.

Sumber: Parents

Beri Komentar