Buah Hati Terlalu Dimanjakan? Psikolog Beri Tahu Tandanya

Reporter : Mutia Nugraheni
Rabu, 23 November 2022 17:48
Buah Hati Terlalu Dimanjakan? Psikolog Beri Tahu Tandanya
Denrich Suryadi, seorang psikolog remaja, dewasa dan keluarga memberi penjelasan.

Dream - Melihat anak-anak mengalami kesulitan dalam hal apa pun, orangtua seringkali tak tega. Selalu memberi bantuan, mempermudah anak untuk menyelesaikan tugasnya, atau selalu melindunginya.

Penting bagi ayah bunda untuk membiarkan anak berhadapan dengan masalah dan merasa kesulitan. Hal ini akan melatih kemampuannya menyelesaikan masalah (problem solving) dan membentuk mentalnya agar tak manja. Tanpa disadari, sikap kita terhadap anak membuatnya jadi begitu manja.

Penasaran apa tandanya saat anak terlalu dimanjakan? Denrich Suryadi, seorang psikolog remaja, dewasa dan keluarga memberi penjelasan.

" Ketika dia mulai banyak meminta bantuan ya, si anak sudah merasa menyerah dulu sebelum dia mencoba melakukannya. Nah ini biasanya akan terlihat ketika anak-anak sudah mulai aktif secara fisik," kata Denrich, dikutip dari akun Instagram @tanam_benih.

 

1 dari 5 halaman

Balita

Ia mencontohkan pada masa balita/ toddler ketika anak sudah bisa bermain sendiri. Saat anak mulai punya kegiatan yang lebih banyak saat itulah anak akan terlihat apakah akan mencoba untuk melakukannya sendiri atau langsung meminta bantuan.

ibu anak© Shutterstock

" Jadi kayaknya kalau tidak ditemani, tidak didampingi, tidak dibantu, anak jadi moody, anak jadi rewel ya. Contoh juga kalau dari anak SD, ketika mereka juga mendapatkan tugas sekolah itu akan jauh lebih terlihat lagi. Biasanya anak-anak SD yang manja, yang sudah terbiasa dimanjakan, dia akan menjadi kebingungan," ujar Denrich.

2 dari 5 halaman

Anak SD

Anak yang terlalu dimanjakan, ketika harus mengerjakan sesuatu hal yang baru atau menantang, menurut Denrich, cenderung langsung mudah menyerah. Langsung cepat-cepat meminta bantuan.

" Sangat mengandalkan bantuan dari orang-orang di sekitarnya," ungkapnya.

Untuk menghindari hal tersebut, coba latih anak berhadapan dengan masalah kecil. Misalnya, menyiapkan pakaian, buku dan keperluannya sendiri. Saat anak mengalami kesulitan, tanyakan padanya apa yang harus dilakukan untuk melatih pemikiran kritisnya dalam menyelesaikan masalah.

3 dari 5 halaman

3 Balita Paling Kaya di Instagram, Tarif Postingannya Bikin Kaget

Dream - Media sosial jadi tempat bagi orangtua untuk mengabadikan momen-momen manis buah hatinya. Tren saat ini, postingan orangtua seputar anak-anaknya bisa jadi 'magnet' bagi brand untuk memasang iklan atau endorsement.

Tarif yang dipasang pun cukup beragam tergantung jumlah follower dan engagement. Beberapa orangtua akhirnya membuat akun dan tarif khusus di akun media sosial yang berisi keseharian putra-putrinya.

Beberapa akun diketahui memiliki tarif per posting yang cukup tinggi. Menurut analisis Babysensemonitors, dengan memperhitungkan tarif postingan mereka, ada tiga balita yang diketahui memiliki penghasilan tertinggi di Instagram.

Siapa saja?

1. Noah Tavares – @euamono

 

Noah© Instagram @euamono

Bocah lucu asal Brasil ini telah eksis di Instagram sejak dia baru lahir. Saat ini usianya sudah tiga tahun. Noah memiliki lebih dari satu juta follower. Menurut analisis Babysensemonitor, postingannya mendapatkan rata-rata 44,7 ribu 'like' dan dia memiliki potensi penghasilan US $4.809 atau sekitar Rp69 juta per postingan, yang menempatkannya di peringkat pertama balita dengan penghasilan tertinggi di Instagram.

 

4 dari 5 halaman

2. Marleigh Grant – @theyeetbaby

Marleigh© @theyeetbaby

Video Marleigh yang berusia 2 tahun kerap direkam oleh pamannya, Chris Rooney, yang mengelola akunnya. Video lucu mereka biasanya berakhir dalam kekacauan yang menyenangkan, sangat menghibur. Follower @theyeetbaby juga mencapai satu juta. Marleigh biasanya mendapat 151 ribu like dalam tiap postingan. Diperkirakan potensi penghasilannya per posting mencapai US $4.655 atau sekitar Rp67 juta.

 

5 dari 5 halaman

3. Halston Blake Fisher – @halston.blake

Halston© @halston.blake

Follower Halston yang masih berusia dua tahun belum mencapai angka satu juta. Angka follower  @halston.blake baru 610 ribu pengikut. Anak perempuan bermata indah ini memang sangat menggemaskan. Ia juga kerap mengenakan gaun-gaun manis dan pita, seperti fashion icon cilik. Potensi penghasilan per postingnya berada di angka US $3.060 atau sekitar Rp43 juta.

Sumber: TodaysParent

Beri Komentar