Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cemas Tinggalkan Bayi untuk Bekerja? Tenangkan Diri dengan Cara Ini

Cemas Tinggalkan Bayi untuk Bekerja? Tenangkan Diri dengan Cara Ini Shutterstock

Dream - Berpisah dari anak memang menjadi tantangan bagi setiap ibu, terutama setelah cuti melahirkan cukup lama. Biasanya, ada satu pertanyaan yang muncul  'apakah koneksi dengan bayi akan berkurang?'.

Jika Sahabat Dream kerap berpikir demikian, jangan khawatir. Hal itu tak berlebihan, karena urvei menunjukkan bahwa sebagian besar orang tua yang menghabiskan waktu jauh dari bayi mereka mengalami kecemasan perpisahan, terus-menerus khawatir apakah bayi mereka akan melupakan mereka.

Lalu bagaimana mengatasi hal tersebut? Berikut tips untuk mengurangi kecemasan perpisahan dengan si kecil saat harus bekerja.

 

Yakin Si Kecil Baik-baik Saja

Shutterstock

Pertahankan sikap tenang dan yakinkan diri kalau si kecil baik-baik saja. Penting untuk menitipkannya pada orang yang terpercaya. Pikiran tenang kita juga akan membuat bayi tidak rewel.

Anak dengan ibu bekerja cenderung lebih mandiri dan mengerti dengan keadaan. Tenang, ibu tak akan kehilangan koneksi dengan anaknya sendiri, sejauh bisa memaksimalkan quality time.

Ungkapkan Cinta Setiap Saat

Shutterstock

Manfaatkan teknologi, bisa pasang CCTV di kamar si kecil yang bisa diakses dari kantor. Kita bisa melihat buah hati kapan pun.

Jangan lupa video call, untuk tetap berkomunikasi dengannya. Bayi pasti akan langsung mengenali suara ibunya. Saat di rumah hujani si kecil dengan pelukan dan ciuman hangat.

 

Jalan Pagi Bareng Bayi Ternyata Berikan Stimulasi Maksimal

Dream - Bayi biasanya terbangun pagi hari mengikuti kebiasaan orangtuanya. Bila si kecil sudah terbangun dan matahari sudah mengintip, segera bawa anak untuk berjalan-jalan sekitar rumah.

Jalan pagi terdengar sebagai aktivitas yang sangat sederhana dan tak perlu banyak usaha, tapi siapa sangka efeknya sangat bagus pagi ibu dan bayi. Hal ini dijelaskan oleh dr. Frieda Handayani, Sp.A(K).

Jalan Pagi Bareng Bayi Ternyata Berikan Stimulasi Maksimal

"Berjalan-jalan di pagi hari akan membuat bayi mendapat tambahan vitamin D, dari paparan sinar matahari pagi, yang membantu pertumbuhan tulang bayi. Bayi mendapat udara yang masih segar yang juga baik bagi perkembangan fungsi-fungsi tubuhnya," ungkap dr. Frieda, dalam akun Instagramnya @frieda.handayani.

Untuk itu sangat disarankan melakukan jalan pagi bersama bayi secara rutin. Bisa dengan digendong atau ditaruh stroller. Bila si kecil duduk di stroller, buka saja penutupnya agar ia mendapat paparan udara segar dan sinar matahari dengan maksimal.

 

Bermanfaat Juga Bagi Ibu yang Baru Melahirkan

Dokter Frieda juga mengungkap dengan jalan pagi, bayi akan bertemu dengan banyak orang, terutama tetangga di sekitar rumah. Mereka akan belajar berinteraksi dan jadi tak takut ketika menghadapi orang lain.

Bayi

"Jangan lupa untuk mulai memperkenalkan pada bayi, siapa yang kita jumpai selama kita jalan pagi,meskipun dia belum memahami, tapi ia akan mulai merekam kata-kata ketika kita memperkenalkannya. Bayi akan mulai terlatih untuk berani menghadapi orang yang baru ia jumpai, membuatnya terlatih untuk bersosialisasi," pesan dr. Frieda.

Ia juga mengingatkan para ibu yang baru saja melahirkan dan di masa pemulihan, jalan-jalan pagi bersama si kecil ini membantu tubuh cepat kembali fit. Aktivitas simpel ini ternyata banyak sekali manfaatnya.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Sebelum Pakaikan Perhiasan untuk Bayi, Ketahui Risikonya

Sebelum Pakaikan Perhiasan untuk Bayi, Ketahui Risikonya

Jangan sampai perhiasan yang dikenakannya malah membahayakan.

Baca Selengkapnya
3 Tips Menghindari Saraf Terjepit di Usia Muda

3 Tips Menghindari Saraf Terjepit di Usia Muda

Saraf terjepit bisa terjadi di usia muda dan menghambat kegiatan sehari-hari. Ada beberapa cara untuk mencegah dan mengatasinya.

Baca Selengkapnya
Ingin Wajah Cerah dan Mulus Saat Lebaran? Coba Lakukan 5 Perawatan Rahasia Ini Yuk!

Ingin Wajah Cerah dan Mulus Saat Lebaran? Coba Lakukan 5 Perawatan Rahasia Ini Yuk!

Pancarkan cantikmu di momen Lebaran dengan rekomendasi perawatan ini.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
BUNGKUS! Game Pakai Wadah Bekas Minuman, Awas Bikin Geregetan

BUNGKUS! Game Pakai Wadah Bekas Minuman, Awas Bikin Geregetan

Lagi iseng karena tugas sudah selesai, daripada manyun coba ajak temen kamu main game ini. Awalnya sih biasa-biasa saja, tapi kok jadi penasaran

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! `Icip-Icip` Jajanan Viral Cookie Bomb

BUNGKUS! `Icip-Icip` Jajanan Viral Cookie Bomb

Sahabat Dream kalian sudah coba belum makanan yang lagi viral satu ini? kalau belum, kalian wajib coba sih

Baca Selengkapnya