Rumah Mungil di Semarang dengan Mezzanine, Mungil nan Estetik

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 6 Oktober 2022 08:12
Rumah Mungil di Semarang dengan Mezzanine, Mungil nan Estetik
Lihat interiornya yang menarik, yuk!

Dream -  Rumah dengan ukuran mungil, dengan penataan ruang serta fungsional, dilengkapi dengan mezzanine, kini sedang banyak diminati. Mezzanine sendiri merupakan lantai tambahan yang dapat difungsikan sebagai ruang ekstra dalam rumah tanpa perlu menambah lantai bangunan.

Seperti rumah tumbuh di Semarang dengan LT (luas tanah) 5x20m dan LB (luas bangunan) 3x9 m. Rumah ini berdesain minimalis, dengan dilengkapi mezzanine dengan luas 3x5 m.

Fasad rumah Kediaman NolanVilan© Instagram @kediaman.nv

Foto: Instagram @kediaman.nv

Bagian depan rumah dibuat dengan simpel. Dengan pagar material kayu dan besi yang dicat putih, dan dinding putih susu, membuat rumah ini jadi tampak modern. Area teras dilengkapi dengan lantai lebih tinggi, dan desain kaca yang lebar.

Teras kediaman.nv© Instagram @kediaman.nv

Foto: Instagram @kediaman.nv

 

 

1 dari 5 halaman

Ruang Keluarga

Ruang keluarga kediaman.nv© Instagram @kediaman.nv

Foto: Instagram @kediaman.nv

Untuk area living room, dibuat dengan open concept. Dari teras langsung masuk ke ruang keluarga, yang dilengkapi dengan sofa nyaman dan televisi.

Tangga© Instagram @kediaman.nv

Foto: Instagram @kediaman.nv

Terdapat sekat berupa besi hitam berjaring sebagai penanda batas fungsi tiap ruangan. Hal ini membuat ruangan tetap berkesan sesuai fungsinya, tanpa sekat yang kaku.

2 dari 5 halaman

Area Lain

Dapur© Instagram @kediaman.nv

Foto: Instagram @kediaman.nv

Di lantai satu, terdapat dapur mungil dengan nuansa kayu dan cat putih. Terdapat juga taman mungil di area samping yang membuat rumah ini jadi lebih terang.

Sudut kerja© Instagram @kediaman.nv

Foto: Instagram @kediaman.nv

Untuk di area mezzanine, digunakan untuk kamar tidur dan ruang kerja. Jendela di area ini juga dibuat besar. Desain yang cukup menarik.

3 dari 5 halaman

Lihat videonya

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kediaman NolanVilan (@kediaman.nv)

4 dari 5 halaman

Kunci Rumah Open Concept Terlihat Rapi dan Estetik

Dream - Umumnya ruangan di dalam rumah dibatasi dengan sekat untuk membedakan fungsi. Sekat yang dibangun bisa berupa tembok, partisi kayu atau pembatas lainnya.

Adanya sekat memang bisa membuat rumah terlihat rapi karena ruangan yang berantakan bisa tertutup dengan baik. Sayangnya, efek yang muncul adalah suasana rumah jadi cenderung terasa lebih sempit.

Untuk menyiasati hal ini, ada yang bisa dilakukan, yaitu menerapkan open concept. Penataan rumah open concept ini adalah dengan tidak membangun sekat tegas untuk membedakan fungsi tiap ruangan. Seperti yang diterapkan pemilik akun Instagram @enoughomey.

Rumah open concept© Instagram @enoughomey

Foto: Instagram @enoughomey.

Ia menata rumahnya dengan open concept dan lay out yang sangat menarik. Beberapa trik dibagikannya agar tampilan open concept jadi lebih menarik. Hal pertama adalah memilih furnitur yang tepat.

" Penataan furnitur jadi kekuatan visual untuk menegaskan tiap zona atau ruangan," ungkapnya.

5 dari 5 halaman

Minimalis dan Warna Netral

Kedua, terapkan konsep minimalis agar rumah tak terlalu berantakan. Tumpukan barang di satu satu juga berdampak pada keseluruhan suasana ruangan.

" Seleksi memilih dan menempatkan barang serta rutin decluttering," tulisnya.

Rumah open concept© Instagram @enoughomey

Foto Instagram @enoughomey.

Ketiga, pilihlah warna-warna netral untuk dekorasi rumah. Warna yang tepat yang membuat kesan lebih lapang.

" Pemilihan warna netral seperti putih dan cokelat yang dominan akan menciptakan ilusi ruangan yang terkesan luas," pesannya.

Beri Komentar