Sunan Kalijaga Tak Henti Berdoa Salmafina Kembali Peluk Islam

Reporter : Nur Ulfa
Rabu, 22 Januari 2020 11:24
Sunan Kalijaga Tak Henti Berdoa Salmafina Kembali Peluk Islam
Sunan Kalijaga berharap pria bule muslim yang diperkenalkannya kepada Salmafina bisa mewujudkan harapan itu.

Dream - Sunan Kalijaga mengharapkan Salmafina Khairunnisa bisa segera menemukan pendamping hidup yang baru. Pengacara kondang itu menganggap status sebagai istri akan lebih baik bagi putrinya tersebut.

Seperti diketahui Sunan baru saja memperkenalkan seorang pemuda berkebangsaan Amerika Serikat kepada Salmafina. Namun Sunan menolak jika upayanya itu disebut menjodohkan.

Selain mencarikan pendamping hidup untuk putrinya, Sunan juga selalu berharap agar Salmafina bisa kembali memeluk Islam. 

" Insyaallah kita doanya aja. Sama-sama doain yang terbaik. Saya nggak berhenti doain tiap hari," tutur Sunan di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Selasa, 21 Januari 2020.

Menurut Sunan, upaya untuk mengenalkan Salmafina dengan seorang pemuda dilakukan karena dia tak ingin kembali melihat putrinya mengalami kegagalan membina rumah tangga. Selain itu, status sebagai seorang istri akan membuat kehidupannya lebih baik. 

" Kan lebih baik ini (menikah), daripada kemana-mana sendirian," ujar Sunan Kalijaga 

1 dari 5 halaman

Tak Mau Kecolongan Lagi

Berkaca dari pernikahan sebelumnya, Sunan mengakui jika dia kurang melakukan pendekatan dengan pria yang akan menikahi putrinya. 

Kala itu, Sunan mengaku hanya dua pekan mengenal sosok suami pertama Salmafina.  

" Tentunya saya nggak mau kecolongan yang kedua kalinya. Saya bilang kecolongan karena yang awal itu hanya waktu tempo dua minggu saya mengenal mantanya itu. Dua minggu itu juga nggak intens," ucap Sunan.


2 dari 5 halaman

Terbang ke AS, Sunan Kalijaga `Comblangi` Salmafina dan Pria Bule

Dream - Sunan Kalijaga memperkenalkan seorang pria berkewarganegaraan asing kepada putrinya, Salmafina Khairunnisa. Perkenalan itu dilakukan disaat Sunan dan keluarganya berlibur ke Amerika Serikat. 

" Jadi kemarin sebenarnya sih saya bawa dia itu dibilang ngejodohin sih bukan ya, cuma memperkenalkan," ujar Sunan Kalijaga di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Selasa, 21 Januari 2020.

Menurut Sunan pria bule tersebut adalah anak dari salah satu kenalannya yang tinggal di Amerika Serikat. Berusia 27 tahun, pemuda yang diperkenalkan kepada Salmafina dikenal sebaga sosok yang baik.

" Kalau dilihat dari kehidupannya sudah cukup matang untuk bisa berumah tangga," kata Sunan.

Pemuda yang diperkenalkan tersebut diketahui bernama Muhammad Shaw. Memiliki ayah berkewarganegaraan Amerika dan ibu orang Indonesia, Shaw berprofesi sebagai pengacara dan memiliki bisnis di bidang hukum.

 

3 dari 5 halaman

Ditolak atau Diterima Salma?

Selama berada di Amerika, Sunan melihat putrinya nyaman berhubungan dengan Shaw. Keyakinan itu muncul karena Salma beberapa kali menerima ajakan hangout dari pengacara muda itu.

" Saya bilang ya coba berteman dulu lah, siapa tau jodoh kita nggak tahu," ungkap Sunan.

Meski rela terbang ke Amerika hanya untuk memperkenalkan Salma, pengacara kondang ini tetap menghargai putrinya dalam mengambil keputusan terkait hubungannya dengan pria yang diperkenalkannya.

" Saya simpel kok, siapapun yang lagi dekat sama anak saya dan punya itikad baik seharusnya dia sebagai laki-laki datang ke saya," ungkap Sunan.(Sah)

4 dari 5 halaman

Sejak Lama Carikan Jodoh untuk Salma

Dream - Sunan Kalijaga akhir tahun ini mengajak Salmafina berlibur ke Amerika Serikat. Tak hanya berlibur, Sunan Kalijaga juga berniat mencari jodoh buat putrinya tersenbut.

" Justru saya bawa Salma ke Amerika, dia bisa lihat kalau di Amerika banyak yang ganteng, kita keliling kota tuh Las Vegas, San Fransisco, California New York," kata Sunan Kalijaga dalam tayangan Cumicumi.

Sunan berharap, dengan kepergian ke Amerika, Salma bisa move on dari mantan pasangannya. Dia meminta Salmafina tidak lagi memikirkan sang mantan.

" Sudahlah Salma enggak usah mikirin mantannya dulu, di Amerika banyak yang ganteng. Silakan kalau ada yang nyangkut kamu mau tinggal di Amerika atau yang di Amerika bawa pulang," imbuh dia.

Jika Salmafina sudah memiliki kekasih, Sunan berharap putrinya itu bisa berubah menjadi lebih baik lagi. " Bukan sekarang enggak baik, cuma menjadi lebih baik karena dalam proses kehidupan kita masih belajar," ungkap Sunan.

Sumber: YouTube Cumicumi

5 dari 5 halaman

Meski Beda Keyakinan, Sunan Kalijaga Tak Akan Buang Salmafina

Dream - Sunan Kalijaga tampaknya sudah bisa menerima keputusan Salmafina Sunan untuk berpindah agama. Hubungan ayah dan anak ini sebelumnya sempat renggang lantaran Sunan tidak terima dengan langkah Salma menjadi non-Muslim.

Bagi Sunan, rasa sayangnya kepada Salma tidak berubah. Meski saat ini Salma sudah berbeda keyakinan dengannya.

" Mau bagaimana Salmafina tetap darah daging saya, saya tidak mungkin hanya karena suatu persoalan, saya harus membuang dia. Itu nggak ada dalam kamus kehidupan saya sebagai seorang ayah," ujar Sunan dalam tayangan di channel YouTube Cumicumi.

Sunan menghormati keputusan yang diambil anaknya. Lagipula, bagi dia, Salma masih dalam masa pencarian jati diri sehingga membutuhkan dukungan dari orangtua.

" Salma sedang dalam proses pertumbuhan. Saya dan istri saya selalu mendoakan, semoga yang terbaik untuk dia dan dia menemukan jalan yang terbaik untuknya," ungkap dia

Namun demikian, pria yang berprofesi sebagai advokat ini menyatakan akan tetap mengawasi Salma dalam beraktivitas. Ini semata dijalankan agar Salma tidak lagi melewati batas.

" Berikan kebebasan dia mencari jalan hidupnya sendiri tapi tetap kita pandu, kita doakan, kita awasi," katanya.

Beri Komentar
Video Kondisi Terkini WNI dari Wuhan di Natuna