Begini Kondisi Anak Bungsu Dede Sunandar yang Idap Penyakit Langka

Reporter : Nur Ulfa
Kamis, 15 Agustus 2019 07:32
Begini Kondisi Anak Bungsu Dede Sunandar yang Idap Penyakit Langka
Simak penuturan Dede

Dream - Dede Sunandar mengaku tidak mengetahui gejala William syndrom, penyakit langka yang diidap oleh anak ke duanya. Menurut dia, penyakit itu diketahui saat anaknya berusia tiga bulan.

" Kalau gejalanya bagaimana, enggak tahu juga, karena pasa usia satu bulan, dua bulan, kita periksa enggak ada apa-apa. Pas tiga bulan baru ada yang bocor paru-parunya," ujar Dede di Jakarta, Rabu 14 Agustus 2019.

Penyakit itu membuat perkembangan anak Dede lamban. Anak berusia 16 bulan tersebut tidak seperti anak sesuianya.

" Dia susah nafas dan perkembamgannya agak lambat. Tapi disamping itu dia cepat beradaptasi sama orang lain," tutur Dede.

Menurut Dede, pertumbuhan gigi anaknya juga lambat, sebab, setelah tumbuh langsung terkikis.

" Emang gejala William syndrom seperti itu, perkembangan tubuhnya lama. Tapi sekarang alhamdulillah sudah bisa berdiri tapi masih dipegangin," ungkap Dede.

1 dari 5 halaman

Prihatin, Putra Bungsu Komedian Dede Sunandar Idap Penyakit Langka

Dream - Komedian Dede Sunandar mengungkapkan putra bungsunya, Ladzan Syafiq Sunandar, divonis mengidap penyakit langka. Dede menceritakan penyakit itu menyerang bagian jantung, paru-paru sampai ke lambung dari buah hatinya.

" Dia punya sakit yang berbeda dari semua orang. Nama penyakitnya Williams Syndrome, jadi kayak jantung, paru-paru, lambung ada masalah," kata Dede Suandar dikutip Dream dari OK Bos Trans7, Jumat 9 Agustus 2019.

Dede menceritakan putranya harus menjalani beberapa kali operasi untuk bisa sembuh dari penyakit langka tersebut. Proses penyembuhan bahkan harus dilakukan sampai sang anak berusia 23 tahun. 

 Dede Sunandar

" Mau tidak mau harus operasi. Ada empat tahapan yaitu umur 1 sampai 3 tahun, 7 tahun, 13 tahun, 23 tahun," kata dia.

2 dari 5 halaman

Pakai BPJS

Sejak mengetahui anaknya mengidap penyakit langka, Dede runtin mengajak putranya tersebut berobat ke dokter. Setiap bulan Dede rutin membawa Ladzan untuk pemeriksaan dokter. 

Selain pemeriksaan dokter, Dede juga harus membeli sebuah susu khusus untuk penyembuhan jantung putranya. Harga susu tersebut mencapai Rp300 ribu-400 ribu yang biasanya habis antara 1-2 hari. 

" Dede pakai asuransi BPJS harus nunggu, Dede pasien ke berapa akhir Agustus (operasi)," ucapnya.

 Dede Sunandar

 

3 dari 5 halaman

Dapat tawaran pengobatan ke Amerika

Pria 28 tahun ini mengaku pernah mendapatkan penawaran untuk memeriksakan putranya berobat ke Amerika Serikat. Orang yang dikenal istrinya dari akun Instagramnya itu mengaku bersedia membiayai seluruh pengobatan anaknya.

Tapi tawaran tersebut terpaksa ditolak Dede karena dia bingung akan tinggal di mana selama anaknya menjalani pengibatan

" Reren (Istri) bikin postingan, tiba-tiba orang Amerika follow Reren. Diajak ke Amerika, pengobatan dan biaya seluruhnya dari sana. Yang masalahnya disana tinggal disiapa," ucapnya.

 Dede Sunandar

Dede akhirnya memutuskan tetap menjalani pengobatan untuk putranya di Indonesia. Dia menganggap sakit yang dialami putranya itu sebagai ujian dalam hidupnya dan akan terus berjuang menyembuhkan putranya itu.

" Kalau emang Allah kasih ujian buat Dede, kalau memang Dede mampu sampai kapan pun, sampai tidak ada, sampai Dede jual organ Dede buat anak Dede tidak masalah. Dede mau ihtiyar di Jakarta," tuturnya.

(Sah, Sumber : youtube.com/Trans7 Official)

4 dari 5 halaman

Sempat Jadi Asisten, Dede Sunandar Ungkap Perangai Sule

Dream - Tak banyak yang tahu kalau Dede Sunandar pernah jadi asisten dari Sule. Pekerjaan tersebut dilakoninya selama 2 tahun. Sebelumnya, Dede merupakan seorang office boy di salah satu stasiun televisi swasta.

Tapi setelah bertemu Sule, Dede pun kerap diajak tampil. Dede juga menceritakan keseharian Sule maupun istrinya, Lina, saat ia masih bekerja menjadi asisten. Dede bahkan menyebut Sule dan Lina dengan sebutan " bapak-ibu" .

" Kalau Bapak itu orangnya baik dan ada waktu juga buat keluarga. Kalau sama Ibu juga kenal, Ibu emang baik juga, perhatian sama yang ikut sama Bapak, sama yang di rumah juga baik. Kayak misalnya semua dikasih rokok, dikasih THR," ungkap Dede dalam Vlog Melaney Ricardo.

Ia juga mengakui, selama dua tahun ia ikut dengan keluarga Sule, dirinya merasa nyaman. Bahkan saat ia ulang tahun pun sempat dirayakan oleh Lina.

" Waktu itu handphone Dede dikasih sama ibu tuh BB Gemini zaman dulu. Dede pas ulang tahun dirayain sama Ibu, waktu rumahnya masih di Pejaten," kata dia.

Di akhir video bersama Melaney Ricardo ini, Dede Sunandar juga menyampaikan doa dan harapannya untuk keluarga Sule.

" Mudah-mudahan Bapak panjang umur sehat selalu murah rezekinya. Sayang sama keluarga semuanya, pokoknya makin sayang deh sama semuanya," ujar Dede Sunandar.

Sumber: Ine Yulita Sari/ Liputan6.com

 

5 dari 5 halaman

Hampir Cerai, Komedian Dede Sunandar: Kita Kurang Bersyukur

Dream - Dede Sunandar mengaku rumah tangganya dengan Karen Hertatum membaik. Dikatakan Dede, persoalan besar yang pernah muncul hingga hampir berujung pada perceraian membuatnya makin belajar untuk mengerti keinginan sang istri.

" Kurang komunikasi saja kemarin, tapi sekarang sudah baik-baik saja. Dede ikutin yang dimau istri, dia minta liburan. Ya sudah akhirnya kemarin liburan," kata Dede, Selasa 18 Oktober 2016.

  Dede Sunandar dan istri

Tak hanya Dede yang berubah, istrinya yang akrab disapa Reren juga sudah berusaha memahami pekerjaan sang suami.

" Dia ikut nngbrol sama Management juga, jadi Reren ngertiin (kerjaan) Dede. Kalau ada apa-apa Reren langsung ngomong," tambahnya.

  Keluarga Dede Sunandar

Ayah satu anak itu pun menyadari konflik yang terjadi beberapa waktu lalu terjadi karena kurangnya rasa syukur kepda Yang Maha Esa.

" Intinya kita berdua kurang bersyukur, kebanyakaran rezeki kurang bersyukur. Kurang rezekj kita minta banyak. Intinya lebih banyak bersyukur,," pungkasnya.(Sah)

Beri Komentar
Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'