Harta Karun Islam Dijual, Termasuk Kiswah 100 Tahun, Harganya?

Reporter : Eko Huda S
Jumat, 24 Juni 2016 15:18
Harta Karun Islam Dijual, Termasuk Kiswah 100 Tahun, Harganya?
Selain potongan kain penutup Kabah berusia 100 tahun, ada pula Alquran dari abad ke17 dan 19.

Dream - Sejumlah “ harta karun” umat Islam dilelang untuk menggalang dana bagi pengungsi anak-anak. Hasil lelang di Dubai, Uni Emirat Arab tersebut berhasil mengumpulkan uang US$ 11 juta atau sekitar Rp 148 miliar.

Salah satu benda yang dilelang adalah Kiswa, penutup Kabah yang berusia 100 tahun. Kain bersulam tulisan Arab dengan benang emas dan perak tersebut laku US$ 572 ribu atau sekitar Rp 7,7 miliar.

Kiswa tua itu merupakan koleksi pribadi pemimpin Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum. Saban tahun, penutup Kabah memang diganti. Nah, Kiswa yang lama itu sebagian diberikan oleh Raja Saudi kepada para pemimpin dunia.

Selain Kiswa, benda yang turut dilelang pada Selasa lalu adalah Alquran yang dibuat pada awal abad ke-19 peninggalan masa Mogul-India. Selain itu, ada pula Alquran tulisan tangan yang dibuat pada abad ke-17.

Masing-masing manuskrip tua itu laku US$ 68 ribu atau sekitar Rp 916 juta. Sementara, lima pelat mobil unik Dubai laku terjual US$ 7 juta atau sekitar Rp 94 miliar.

Lelang ini merupakan bagian dari kampanye The Reading Nation Ramadan, yang diorganisir oleh Dubai selama Ramadan. Kampanye ini akan menyumbangkan 7,3 juta buku dan membangun 2000 sekolah di negara-negara Arab dan kamp pengungsian. (Sumber: Al Arabiya)

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie