Keluar dari Penjara, Roro Fitria 'Ditahan' di Rumah

Reporter : Nur Ulfa
Jumat, 3 April 2020 06:24
Keluar dari Penjara, Roro Fitria 'Ditahan' di Rumah
Roro terkena ketentuan wajib lapor.

Dream - Roro Fitria akhirnya bisa menghirup udara bebas setelah dua tahun mendekam di Rumah Tahanan (Rutan) Pondok Bambu. Roro bebas lebih cepat dari masa hukumannya selama 4 tahun yang telah dijalaninya sejak Oktober 2018.

Pembebasan Roro ini merupakan bagian dari program Kementerian Hukum dan HAM yang memberikan kebebasan lebih dini bagi 300 narapidana dewasa dan anak-anak untuk mencegah penyebaran virus covid-19. 

" Sesuai dengan dari Permen Nomor 10 tahun 2020 bahwa yang sudah menjalani setengah masa pidana dan dua pertiganya sampai dengan 31 Desember, untuk diberikan asimilasi di rumah," ungkap Plt Kepala Rutan Pondok Bambu, Ema Puspita, saat dihubungi, Kamis, 2 April 2020.

Menurut Ema , Roro bisa keluar hari ini karena syarat-syarat Roro terpenuhi sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) Kementerian Hukum dan HAM Nomor 10 Tahun 2020. Tentang Pengeluaran dan Pembebasan Narapidana dan Anak Melalui Asimilasi dan Integrasi dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19 untuk membebaskan 30.000 narapidana dewasa dan anak.

" Dia seharusnya bebas bersyarat bulan Agustus, pokoknya sudah dihitung. Jadi sudah dihitung," katanya. 

Dari perhitungan pengelola Rutan, masa dua pertiga tahanan Roro akan bisa dipenuhi setelah dia mendapat subsider selama 3 bulan. Dari semula masa penahanan sampai Agustus 2020, Roro telah memenuhi ketentuan tersebut pada Mei 2020.

" Oleh karena itu dia memenuhi syarat untuk kami keluarkan," ungkapnya lagi.

Meski tak lagi ditahan, Roro tetap dikenakan wajib lapor hingga bulan Agustus 2020 karena berstatus bebas bersyarat. Roro juga masih terus diawasi dan dilarang untuk keluar dari rumah.

" Selama ada pencegahan Corona ini, jadi lapornya melalui video call dengan Bapas. karena tidak boleh keluar dan harus di rumah. nanti diawasi oleh pihak Bapas," imbuh dia.

Diketahui sebelumya Roro Fitria dipenjara selama empat tahun terkiat kasus narkoba. Ia dianggap sebagai pengedar narkoba. Roro ditangkap februari 2018 dan sidang putusan pada oktober 2018.(Sah)

1 dari 3 halaman

Beda Nasib dengan Roro Fitria, Saipul Jamil Tetap Ditahan

Dream - Saiful Jamil harus bersabar menjalani masa tahanan dan tak bisa mengikuti Roro Fitria yang telah dinyatakan bebas sebelum masa tahanan. Bang Ipul, sapaan tenarnya, masih harus mendekam di Lapas Cipinang untuk menyelesaikan masa penahanannya. 

" Enggak, enggak ada, Saipul Jamil enggak ikut," kata Kalapas Cipinang Hendra Eka, saat dihubungi, Kamis, 2 April 2020.

Menurut Hendra, Saipul belum memenuhi syarat untuk mendapat pembebasan dini dalam rangka mencegah penularan virus corona di lingkungan rumah tahanan dan lapas. Saipul Jamil dilaporkan masih kurang dari syarat dua pertiga masa penahanan.

 Saipul Jamil di tahanan© KLY

" Tapi dia enggak memenuhi syarat, belum masanya," ujarnya.

Diakui Hendra, Saipul Jamil memang sudah ikut mendaftar program pembebasan dini engan memenuni segala persyaratan yang dibutuhkan. Namun pihak pengelola Lapas tak bisa memasukkkan namanya di antara 3000 Narapidana yang bebas dini karena tak lolos persyaratan.

" Iya mengajukan, cuma belum sesuai kriteria mau gimana. Jadi dia belum bisa bebas," imbuhnya.

Diketahui sebelumnya Saipul Jamil dinyatakan bersalah dalam kasus pencabulan anak di bawah umur dan divonis 6 tahun penjara pada 14 Juni 2016. Masa penahanan Bang Ipul ditambah 3 tahun setelah pengajuan bandingnya ditolak pengadilan.(Sah)

2 dari 3 halaman

Roro Fitria Sudah Bebas Sejak Kemarin

Dream - Roro Fitria menjadi satu dari 30.000 narapidana yang diberikan pembebasan bersyarat dari pemerintah sebagai bagian dari upaya mengurangi penyebaran virus corona Covid-19. Jika tak ada halangan, Roro akan keluar dari Rumah Tahanan Pondok Bambu pada siang ini, Kamis, 2 April 2020.

" Iya benar hari ini bebas. Beberapa narapida narkotika juga bebas," kata Asgar Sjarfie kuasa hukum Roro saat dihubungi, Kamis, 2 April 2020.

Menurut Asgar, Roro menjadi satu narapidana yang masuk dalam program pembebasan bersyarat dari pemerintah karena sudah menjalani dua pertiga masa tahanan. 

" Iya ini keputusan dari pak Menteri kan untuk pencegahan corona," ungkap dia lagi.

Namun masa kebebasan Roro kemungkinan harus dijalani dalam masa prihatin. Roro akan keluar dari Rutan tanpa didampingi Asgar yang sedang dinar di luar kota.

" Saya tidak bisa banyak berkomentar, karena saya saat ini sedang diluar kota dan pihak lapas juga menyampaikan jangan banyak memberi keterangan," imbuhnya.

Sebelumnya Roro Fitrinya dinyatakan bersalah oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan karena dianggap sebagai pengedar narkoba. Roro divonis hukuman penjara 4 tahun.

3 dari 3 halaman

Curhat Pilu Roro Fitria: Saya Sudah Tak Kuat Hidup di Penjara

Dream - Roro Fitria telah mendekam di dalam penjara selama satu tahun delapan bulan. Wanita yang akrab disapa Nyai itu mengaku merasa sakit saat tinggal di hotel prodeo.

" Begitu sakitnya saya di penjara dan tempo hari mendapatkan musibah mama saya meninggal, amat sangat berat dan saya sudah tidak kuat hidup di penjara," kata Roro di Jakarta, Kamis 5 September 2019.

Roro divonis hukuman empat tahun penjara karena terjerat kasus narkoba. Baru-baru ini, Roro mengajukan Peninjauan Kembali (PK) kepada pengadilan agar hukumannya diringankan.

" Jadinya saya meminta kebijaksanaan yang mulia pihak MA untuk bisa meninjau kembali kasus hukum saya. Saya sudah sangat berat hidup di penjara, satu tahun delapan bulan. Hidup di penjara bukan waktu yang sebentar bagi saya, jadi sakit-sakit sekali," ucap dia.

Selama dipenjara, Roro mengikuti aturan yang berlaku. Mulai dari aktivitas olah raga, sosial, hingga keagamaan pun dilakukannya tanpa banyak protes.

Dia mengaku telah banyak berubah. " Tingkat kedewasaan, kredibilitas diri saya (berubah) dan saya menganggap ini adalah takdir Allah yang telah ditetapkan kepada saya. Saya hanya bisa sabar dan berikhtiar dengan bersama kuasa hukum, saya mengajukan PK," kata dia.

Beri Komentar