Kabar Anak Ridwan Kamil Hilang Buka Kembali Trauma Zaskia Mecca Terseret Arus Sungai di Sentul

Reporter : Amrikh Palupi
Sabtu, 28 Mei 2022 13:01
Kabar Anak Ridwan Kamil Hilang Buka Kembali Trauma Zaskia Mecca Terseret Arus Sungai di Sentul
Luka lama Zaskia Adya Mecca kembali terbuka ketika mendengar kabar anak Ridwan Kamil hilang di sungai. Pengalaman dramatis dan penuh perjuangan hidup mati Zaskia yang masih menyisakan trauma.

Dream - Ujian yang tengah dihadapi keluarga Ridwan Kamil dengan hilangnya Emmiril Kahn Mumtaz membuka luka lama yang selama ini dirahasiakan Zaskia Adya Mecca dari publik.

Dengan kesadaran ingin mengingatkan bahaya arus sungai dari ujian yang dihadapi Ridwan Kamil, Zaskia dan keluarga mengaku pernah hampir mengalami musibah serupa saat mengikuti tracking sungai.

" Cerita yang sulit ku buka, bahkan sempat berfikir akan kami simpan sendiri dan lupakan perlahan.. tapi lihat kejadian ini, aku hrs membuka untuk meningkatkan kesadaran sama2 akan bahayanya arus sungai," ucap Zaskia Mecca mengawali cerita dikutip Dream dari akun instagramnya, Jumat 27 Mei 2022.

Mengawali kisahnya, Zaskia menceritakan, pengalaman hampir tersert arus sungai terjadi hampir setahun yang lalu atau pada 2 Juni 2021. Kala itu Zaskia dan lima anggota keluarganya traveling ke sebuah curug di kawasan Sentul Jawa Barat. 

" Lalu di jalan pulang kami hampir hanyut terbawa arus😭💔foto di slide berat bgt ku lihat semenjak kejadian," tulis 

Istri Hanung Bramantyo ini mengatakan trauma yang dialaminya setahun lalu itu kembali membangunkan memori lama yang telah disimpannya selama ini.

" " Melihat berita pagi ini, membuka luka ku yang hampir 1 tahun terlewati..2 juni 2021," tulisnya.

1 dari 5 halaman

Mendadak Air Semata Kaki Berubah Jadi Deras

Menurut ibu lima anak ini dia bersama tiga rekan dan kakaknya, Tasya Nur Medina, sedang melakukan kegiatan tracking di kawasan Sentul, Bogor pada sore hari. Kala itu rombongan hendak menyeberangi sungai dangkal yang hanya setinggi mata kaki.

Tanpa diduga, air sungai yang dilaluinya mendadak menjadi deras dan menyeret Zaskia bersama rombongannya itu. Tiga dari kelima anggota rombongan berhasil menepi sedangkan dua lainnya terbawa arus ke tengah.

" Kami berhasil kepinggir walau udah kebalik2, sayangnya dua terjebak😭 satu ditengah,satunya lagi udah kebawa arus. Alhamdulillah ketangkep tangan & berhasil ketahan di batu besar," ucapnya.

Zaskia mengaku melihat langsung perjuangan romongannya berjuang untuk hidup dengan cara menghindari terseret arus deras sungai. Meski banyak orang yang melintas, kebanyakan mereka tidak bisa menolong karena takut air akan semakin deras dan tinggi.

Pertolongan juga tak bisa diberikan karena tidak ada peralatan penyelamat memadai untuk membantu merek ayang terseret air deras tersebut.

Di tengah perjuangan bertahan hidup, tinggi air sungai lama-lama semakin meninggi dan meluap. Zaskia mengaku salah satu anggota rombongannya yang berada di tengah sungai dan berpegangan pada sebuah batu besar sempat hampir menyerah. 

" Satu yang ditengah udah ampir nyerah lepasin pegangan krn dia hanya berpegang ke satu batu ditengah sungai, air udah sedada," kata Zaskia.

2 dari 5 halaman

Sempat Putus Asa Hingga Pertolongan datang

Mengalami kejadian menegangkan, wanita berusia 34 tahun ini sempat pasrah dengan keadaan rombongannya . Bahkan sempat terlintas jika mereka akan pulang dengan personel yang sudah tidak lengkap lagi.

" Dikepala ku “ kami akan pulang ga lengkap!” 😭," tulisnya.

Bersyukur pertolongan datang menghampiri Zaskia dan rombongannya dari enam orang warga setempat. Mereka berjuang membantu Zaskia dan rombongan keluar dari sungai tersebut.

Menggunakan tali seadanya, para warga yang tiba 30 menit setelah kejadian mengulurkan tambang kepada anggota rombongannya. 

3 dari 5 halaman

Warga Hampir Pingsan Saat Upaya Penyelamatan

Saking derasnya arus sungai, salah satu warga yag mengikatkan tali di badannya bahkan hampir pingsan karena berusaha menyelamatkan mereka.

" akhirnya Warga lokal sampai 6orang setelah 30menit kejadian krn posisi mereka jauh dari lokasi, dengan tambang seadanya.. setelah 45menit yang ditengah berhasil ditolong walau si bapak penolong juga hampir pingsan mengikatkan badannya dengan tali tambang plastik tipis menerjang arus sungai," ucapnya.

Setelah para warga berjuang, Zaskia dan empat rombongan bersamanya akhirnya selamat. Ia berhasil naik ke atas lima menit sebelum gelap.

Cerita Zaskia Adya Mecca© Cerita Zaskia Adya Mecca

" Bukan, bukan tim sar😢 tanpa keahlian juga, si bapak mempertaruhkan dirinya untuk menolong kami. Yang terjebak dibatu kami kumpulkan banyak bambu untuk bikin jembatan.. Alhamdulillah semua selamat 5menit sebelum gelap,"  tuturnya.

4 dari 5 halaman

Syok dan Trauma

Pemain film Hijab ini mengaku mengalami syok dan trauma atas kejadian yang hampir merenggut nyawanya. Ia bahkan berkonsultasi ke psikolog untuk membantunya pulih dari pengalaman traumatis tersebut.

" Trauma, shock, ke psikolog dan banyak yang kami lakukan untuk healing saat itu..Saat ini belum pulih dan tidak akan pernah pulih 100%, tapi satu yang akan aku jadikan pelajaran," kata Zaskia.

Zaskia juga mengingatkan kepada followernya untuk berhati-hati bermain di sungai karena meski sudah waspa bisa saja nyawa terancam.

" Buat mengingatkan semua akan BAHAYA arus sungai yang sangat tidak terduga.. Hati2 bermain dengan sungai,kami sudah waspada pun bisa terancam," ucapnya.

5 dari 5 halaman

Doa Untuk Eril Putra Ridwan Kamil

Di akhir ceritanya, Zaskia juga menuliskan doa untuk Eril agar segera ditemukan dalam kondisi selamat. ia juga memberikan semangat untuk orangtua Eril. Tak lupa Zaskia juga meminta followernya untuk mendoakan Eril dan keluarganya.

" Bismillah semoga Eril ditemukan selamat..
kang @ridwankamil , teteh @ataliapr & keluarga dikuatkan hatinya.. ini saat sulit dan ga mudah untuk mereka😢Jangan lupa diselipkan doa untuk kang emil sekeluarga sekarang yah," tuturnya.

Beri Komentar