Detik-detik Johny Indo Meninggal Dunia, Sempat Alami Hal Ini

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Minggu, 26 Januari 2020 15:44
Detik-detik Johny Indo Meninggal Dunia, Sempat Alami Hal Ini
Aktor legendaris itu menutup usia pagi dini hari.

Dream - Kepergian aktor legendaris Johny Indo menyisakan duka mendalam bagi keluarga dan jagad perfilman Indonesia. Johny tutup usia pada Minggu, 26 Januari 2020.

Pemain film 'Titisan Si Pitung' itu dikabarkan meninggal dunia di usia 72 tahun. Meski tak pernah menderita penyakit serius, Johny sempat mengalami gangguan pernapasan menjelang ajal. Hal itu diketahui oleh cucunya yang bernama Santa.

" Tadi sempat bangun, napasnya sudah engap-engapan gitu," kata Santa, dikutip dari Liputan6.com.

Hal tersebut sontak mengejutkan keluarga. Tak satu pun dari mengetahui penyebab sesak napas yang dialami Johny.

1 dari 5 halaman

Semua Panik

Pria dengan nama asli Johanes Hubertus Eijkenboom itu juga membuat keluarganya panik lantaran berhenti bernapas.

" Kita kan enggak ada yang ngeh ya. Mau diurutin takutnya masuk angin atau apa. Lagi mau dielapin. Pas engap-engapan itu sempat (napas) berhenti. Pada panik semuanya," ungkap Santa.

2 dari 5 halaman

Menderita Hernia

Menurut penuturan Santa, Johny Indo diketahui pernah mengidap penyakit hernia atau yang dikenal dengan turun berok. Ia juga sudah menjalani operasi beberapa waktu lalu.

" Dia sakitnya cuma hernia sama jatuh. Abis operasi hernia itu kurang lebih sebulan," tuturnya.

3 dari 5 halaman

Sempat Jatuh

Selain sesak napas, pria asal Garut itu juga sempat jatuh di rumah beberapa waktu lalu. Peristiwa itu membuat kondisinya semakin memburuk.

" Karena anak-anaknya kerja, dia mungkin di rumah mau ambil apa, terus jatuh. Mulai dari situ nggak bisa bangun, sakit," pungkas Santa.

4 dari 5 halaman

Aktor Legendaris Johny Indo Tutup Usia

Dream - Kabar duka datang dari jagad perfilman Tanah Air. Aktor senior Johny Indo tutup usia pada Minggu, 26 Januari 2020 dini hari tadi.

Mantan penghuni Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan itu meninggal dunia di usia 72 tahun. Kabar duka datang dari sang cucu yang bernama Santa.

Ia mengatakan Johny Indo tak menderita penyakit serius semasa hidupnya.

" Sebenarnya kan karena sudah usia juga," kata Santa, dikutip dari Liputan6.com.

Aktor bernama lengkap Johanes Hubertus Eijkenboom itu pernah membintangi 14 judul film di masa kejayaannya. Ia kerap mencuri perhatian lewat kemampuan aktingnya.

5 dari 5 halaman

Pernah Jadi Narapidana

Johny Indo terjun ke dunia perfilman pada 1978 silam di sebuah biografi yang mengangkat kisah dirinya.

Di sisi lain, pria asal Garut tersebut dikenal sebagai perampok kelas kakap di era 70-an. Ia dan kelompok Pachinko (Pasukan China Kota) kerap menyerbu toko emas di Jakarta dan sekitarnya.

Salah satu aksi yang paling terkenal adalah perampokan toko emas di Cikini, Jakarta Pusat, pada 1979 silam. Ia diringkus di Sukabumi setelah gerombolan Pachinko lebih dahulu tertangkap.

  Johny Indo© Foto: KapanLagi.com

Johny dijatuhi hukuman penjara 14 tahun. Tetapi baru tiga tahun mendekam di penjara Nusakambangan, ia kabur bersama 34 tahanan. Upaya kabur akhirnya gagal setelah hanya mampu bertahan selama 12 hari.

Setelah bebas, ia memulai debut lewat film biografi berjudul 'Johny Indo' yang dibintangi oleh sejumlah artis papan atas seperti Mathias Muchus, Minati Atmanegara dan Sigit Hardadi. Film itu tercatat sebagai film terlaris kelima di DKI Jakarta pada 1987.

Beri Komentar
Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya