Film 'Uang Panai Maha(R)L' Buat Bangga Jubir Wapres

Reporter : Maulana Kautsar
Minggu, 28 Agustus 2016 11:35
Film 'Uang Panai Maha(R)L' Buat Bangga Jubir Wapres
Film ini disebut-sebut menjadi box office di Makassar.

Dream - Barangkali tak ada yang mendengar kemunculan film berjudul Uang Panai Maha(R)L. Film indie buatan putra asli Makassar tersebut kini sedang menjadi buah bibir masyarakat Makasar lantaran tiket yang dijajakan terjual habis.

Penasaran dengan fenomena itu, juru bicara Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), Husain Abdullah menyempatkan menonton film tersebut. Meski awalnya merasa bingung, dia akhirnya ketagihan ingin menonton kembali film tersebut.

" Saya kaget nonton film ini karena alurnya mengalir, tidak kampungan, dan ceritanya mengangkat budaya lkal. Awalnya saya bingung, tapi setelah itu pengen nonton lagi," kata pria yang akrab disapa Uceng ini kepada Dream, Sabtu, 27 Agustus 2016.

 

 

 

1 dari 3 halaman

Film Daerah dengan Potensi Nasional

Menurut dia, film yang digarap dan dibintangi para putera daerah itu cukup apik. Bahkan dia menyebut, film tersebut potensial untuk 'dijual' secara nasional.

" Meski cerita yang mereka angkat adalah fenomena lokal tapi kemasannya secara hiburan menarik. Itu layak jual secara nasional. Selain itu, film buatan yang berkisah budaya lokal itu dapat membantu mengenalkan adat istiadat suatu daerah ke daerah yang lain," ucap dia.

Untuk itu, dia berharap industri bioskop nasional harus didorong untuk mengupayakan penayangan film-film buatan putra-putra daerah. Sebab, kata dia, bukan tidak mungkin anak-anak daerah dapat membuat film dengan kualitas bermutu.

" Kita jangan terjebak tema-tema film opera sabun saja. Jangan semua dicekoki pangsa pasar Jakarta. Kita harus melirik industri kreativitas anak-anak daerah juga dong," ucap dia.

2 dari 3 halaman

JK Akan Menonton?

Lantas, apakah nantinya film ini juga akan ditonton JK? Mengenai itu, Uceng telah meminta manajemen untuk mengajukan surat permohonan kepada JK.

" Manajemen film ini sudah mengajukan surat permohonan ke Pak Wapres. Ya awalnya, mereka ragu, apa pantas nih, tapi saya bilang coba aja," kata dia.

 

3 dari 3 halaman

Ini Sinopsis Film Uang Panai Maha(L)R

Film berjudul Uang Panai bercerita mengenai permasalahan yang dirasakan seorang pemuda Bugis-Makasar bernama Anca (Ikram Noer) yang hendak mempersunting Risna (Nur Fadhillah).

Tetapi, niat tulus Anca untuk menyunting Risna terkendala uang mahar atau panai yang nilainya cukup fantastis. Tak ingin harga dirinya sebagai putra Bugis-Makasar terkoyak, dia mencari ide untuk mengumpulkan uang panai.

Di tengah pencarian biaya itu, dia harus mendapati kenyataan Risna ditawari untuk menikah dengan seorang pria mapan bernama Farhan (Cahya Ary Nagara).

Film bergenre drama komedi itu telah tayang sejak tanggal 25 Agustus 2016. Film ini digarap oleh rumah produksi Makkita Cinema Production.

 

Beri Komentar